SOAL OPEN ENDED OSN PERTAMINA 2016 BIDANG MATEMATIKA

PERTAMINA OLIMPIADE SAINS 2016

SOAL OPEN ENDED BIDANG MATEMATIKA



Tugas anda adalah membuat makalah ilmiah dengan mengambil salah satu dari tiga pilihan topik yang telah disediakan, dengan mengikuti instruksi yang ada pada pilihan topik anda. Sistematika penulisan harus mengikuti format standar penulisan ilmiah yang harus anda ketahui.

TOPIK 1 : Insentif Fiskal Sektor Migas

 Belajar dari Australia dan Malaysia Pemerintah menawarkan berbagai insentif fiskal bagi para investor untuk memacu industri migas. Penting untuk belajar dari insentif yang diberikan Australia dan Malaysia. Pemerintah berencana merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2010 tentang Biaya Operasi yang Dapat Dikembalikan sebagai insentif bagi sektor hulu migas. Selain itu, pemerintah akan menawarkan insentif fiskal tertentu bagi proyek di daerah terpencil yang minim infrastruktur dan laut dalam. Kebijakan ini ditempuh karena produksi minyak di Indonesia serta investasi untuk menemukan cadangan baru menurun.

Data SKK Migas memperlihatkan, setelah harga minyak anjlok di tahun 2014, investasi untuk kegiatan eksplorasi turun 48 persen pada 2015. Pemerintahan Presiden Joko Widodo pun menghadapi tantangan yang sangat berat untuk mendongkrak investasi dalam eksplorasi migas karena secara global investor memutuskan untuk menahan uang mereka.

Harga minyak masih akan tetap rendah untuk jangka panjang. Negara penghasil minyak seperti Indonesia berjuang untuk menarik minat investor. Di waktu yang sama, Indonesia harus menjaga ketersediaan energi demi kelangsungan pertumbuhan ekonominya. Oleh karena itu, pemerintah menawarkan berbagai insentif fiskal bagi para investor, mulai dar tax holiday selama masa eksplorasi, bagi hasil yang lebih tinggi untuk proyek di area terpencil serta laut dalam, dan sebagainya. Saya yakin penting bagi kita untuk melihat contoh insentif fiskal yang diberikan pemerintah negara-negara tetangga Indonesia, yaitu Australia dan Malaysia sebagai acuan. 

 Australia

Sistem pajak migas di Australia menggabungkan royalti, pajak penghasilan perusahaan, serta pajak keuntungan sumber daya migas atau petroleum resource rent tax (PRRT) sebesar 10 - 12,5 persen, 30 persen, dan 40 persen. Australia tidak menerapkan kebijakan pembatasan wilayah kerja atau ring fencing untuk pajak korporasi. Karena tidak mengenal ring fencing pada tahap eksplorasi, pengeluaran perusahaan untuk sejumlah proyek dapat digabung ketika membayar pajak penghasilan perusahaan.

Malaysia

Rezim pajak Malaysia terdiri dari pembayaran royalti (10 persen dari produksi kotor) serta dua jenis kontrak, yaitu Production Sharing Contracts (PSC) dan Risk Service Contracts (RSC). RSC berbeda dari PSC karena hanya diterapkan pada lapangan marjinal, dan kontraktor pun menerima fee dari perusahaan nasional Malaysia, Petronas, bukan bagi hasil. Struktur pajak di Malaysia juga mengenal pajak pengasilan perusahaan sebesar 25 persen dan pajak penghasilan dasar migas sebansyak 38 persen.


Dari Artikel di atas:
1. Konstruksilah model matematika untuk menjelaskan permasalahan di atas.
2. Solusi apa yang dapat anda tawarkan untuk penyelesaian permasalahan di atas.

TOPIK 2 : KAI dan Pertamina uji coba kereta LNG


Yogyakarta (ANTARA News) - PT KAI dan Pertamina Persero melakukan uji coba penggunaan bahan bakar gas alam cair (LNG) untuk kereta pembangkit dengan target pemanfaatan secara komersial pada April 2018. "Dari hasil pengujian yang sudah dilakukan, penggunaan liquified natural gas (LNG) untuk kereta pembangkit menunjukkan hasil yang baik dan lebih efisien dibanding penggunaan solar," kata Executive Vice President Eko Purwanto di Yogyakarta, Selasa. Menurut dia, tingkat efisiensi penggunaan LNG mencapai sekitar 80 persen dibandingkan dengan solar. Bahan bakar yang tertampung di tangki LNG yang berada di kereta pembangkit bisa digunakan untuk menempuh perjalanan Yogyakarta-Surabaya pulang pergi dan kembali ke Surabaya. "Jarak tempuh tersebut setara dengan jarak antara JakartaSurabaya. Tentunya, penggunaan LNG ini sangat efisien," katanya. Ia berharap, penggunaan LNG yang jauh lebih efisien dari solar bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat pengguna kereta. 

Vice President LNG Pertamina Persero Didik Sasongko mengatakan selain lebih efisien, bahan bakar gas juga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan solar. "Ke depan, kami berharap penggunaan LNG tidak hanya terbatas pada kereta pembangkit saja tetapi juga ke lokomotif dan ditargetkan bisa digunakan secara komersial mulai April 2018," katanya. Untuk pemenuhan kebutuhan LNG, Pertamina akan membangun titik-titik distribusi di sejumlah lokasi yang bisa digunakan untuk pengisian LNG kereta. "Saat ini, LNG diambil dari Bontang," kata Didik. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM Kementerian ESDM Sutijastoto mengatakan, penggunaan LNG untuk kereta mendukung konversi bahan bakar minyak ke gas.

Saat ini, konsumsi bahan bakar minyak untuk memenuhi kebutuhan transportasi memiliki porsi cukup besar yaitu mencapai 83 persen. Padahal, pemerintah menargetkan penggunaan BBM untuk transportasi bisa ditekan menjadi 20 persen pada 2025.

Dari Artikel di atas:
1. Konstruksilah model matematika untuk menangkap fenomena yang dijelaskan di atas.
2. Berikan analisis saudara apakah penggunaan bahan bakar LNG seperti yang di usulkan di atas
dapat menjawab isu-isu dan permasalahan yang ada.

TOPIK 3 : Pemerintah Targetkan Tambah 7,9 Juta Jaringan Gas RT


Pemerintah akan memaksimalkan pengembangan energi baru terbarukan dan mengoptimalkan konsumsi gas. Pemerintah menargetkan bisa menambah jumlah jaringan gas (jargas) untuk 7,9 juta rumah tangga yang berpotensi memakai gas dalam lima tahun ke depan. Pembangunan jargas dimaksudkan untuk mengurangi konsumsi minyak tanah di dalam negeri. 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, mengikuti amanat dari Undang Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi, pemerintah bertekad mulai menghemat pemakaian minyak bumi. Sebagai gantinya, pemerintah akan memaksimalkan pengembangan energi baru terbarukan dan mengoptimalkan konsumsi gas. "Dalam lima tahun ke depan, APBN menyediakan dana untuk pembangunan jargas 40 ribu rumah tangga di 10 kota," kata dia seperti dikutip Investor Daily, Senin (27/4).

Untuk mencapai target 7,9 juta sambungan, lanjut dia, pihaknya juga telah menugaskan PT Pertamina Gas (Pertagas) untuk membangun jargas di 28 kota dengan total 81 ribu sambungan dan PT PGN (Persero) di 102 kota yang mencapai 1 juta sambungan. Pembangunan jargas telah dilakukan pemerintah sejak 2009. Sampai saat ini jargas yang telah tersambung mencapai 89.460 sambungan rumah tangga.


Dari artikel di atas :
1. Konstruksilah model matematika untuk menjelaskan permasalahan di atas.
2. Solusi apa yang dapat anda tawarkan untuk penyelesaian permasalahan di atas.


= Baca Juga =

0 Response to "SOAL OPEN ENDED OSN PERTAMINA 2016 BIDANG MATEMATIKA"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik..