Tips dan Trik Lulus Ujian Seleksi Test CPNS dengan Mudah!!

Tips dan Trik Lulus Seleksi Tes CPNS


Lulus tes CPNS itu merupakan impian semua peserta tes yang ikut dalam seleksi CPNS setiap tahunnya namun bagiku itu merupakan impian beberapa tahun lalu karena dalam 2 tahun terakhir aku tak perlu ikut seleksi tes CPNS lagi sebab kelulusan itu sudah didapatkan pada tahun 2015 yang lalu, ya pada saat tes CPNS 2015 untuk formasi umum.

Tentu semua perolehan ini patut disyukuri karena memang selain sulit didapatkan dan harus bersaing dengan banyak peserta tes lain namun bisa lulus murni tanpa sogokan itu saja bisa menjadi kebanggaan tersendiri ditengah kepercayaan masyarakat kini yang minim sekali untuk bisa mempercayai bahwa tes seleksi CPNS itu bisa berlangsung secara transparan, akuntabel dan juga terbuka.


Ya tepatnya semenjak sistem CAT (computer assisted test) diselenggarakan memang semua persepsi mengenai tindak korupsi dalam penyelenggaraan seleksi CPNS mulai mengalami perubahan karena sistem yang demikian menutup kesempatan bagi oknum yang berniat mencari keuntungan pribadi dalam setiap event tahunan tes CPNS ini.

Bagaimana mau manipulasi jika nilai yang diperoleh peserta langsung bisa dilihat beberapa detik saat selesai mengerjakan soal tes CPNS sewaktu pelaksanaan tes seleksi yang diselenggarakan, selanjutnya sudah ada juga passing grade yang menjadi ukuran nilai dalam menentukan siapa saja nantinya yang akan diseleksi kembali melalui perangkingan berdasarkan semua peserta yang lulus dalam ambang batas nilai tersebut.
Dan kini meski belum genap menjadi PNS 100% melainkan masih dalam status Capeg (CPNS) namun kerap kali banyak yang meminta saran serta tips ataupun trik dalam menghadapi soal tes CPNS dan juga lulus dengan nilai masuk dalam passing grade yang ditentukan.

Baiklah semuanya akan kucoba ditulis disini agar bisa bermanfaat bagi yang membacanya nanti yakni mengenai Tips dan Trik Lulus tes CPNS Murni tanpa Sogokan.

Mau Lolos Test  CPNS? Ini Tipsnya!

Pertama :

Untuk bisa lulus dalam tes seleksi CPNS murni tanpa sogokan pastikan mendaftarkan diri hanya pada seleksi CPNS yang menggunakan sistes CAT sebab jika menggunakan metode lama (sistem tes CPNS manual menggunakan LJK) prinsip transparan, akuntabel dan juga terbuka sulit dicapai, tapi untung sejak tahun 2016 dan juga untuk tahun 2017 ini semua daerah baik itu instansi pusat maupun daerah menggunakan sistem CAT CPNS sebagai cara untuk melakukan perekrutan pegawai baru.

Kedua :

Jika poin pertama sudah terpenuhi maka selanjutnya adalah fokus dalam persiapan menghadapi soal tes yang akan ditemui nanti pada saat tes seleksi CPNS berlangsung, yakni dengan memperbanyak materi penguasaan terkait dengan materi-materi soal ujian tes CPNS 2017.

Bagi sebagian orang apalagi mereka yang memang belum pernah dan baru akan ikut tes seleksi CPNS yang pertama kali memang sulit menebak soal tes apa sajakah yang akan keluar dan diujikan dalam tes seleksi yang akan diikuti namun tidak bagi yang pernah ikut tes sebelumnya.

Ya memang materi yang diujikan dalam tes CPNS setiap tahunnya itu hampir sama sehingga semua bisa dipelajari meski tingkat kesulitan yang diujikan itu cukup tinggi, akibatnya selalu ada formasi yang tidak terpenuhi kuota kebutuhan pegawainya di setiap tahun artinya dari sekian banyak peserta yang ikut dalam tes seleksi CPNS pada formasi tertentu terkadang tidak satupun yang masuk atau lulus dalam passing grade.
Kalau begini kejadiannya lalu siapa yang salah? Apakah penetapan passing grade yang terlalu tinggi sehingga sulit dicapai ataukah bobot kesulitan soal yang terlalu ekstrim sehingga tidak ada peserta yang mampu menyelesaikannya dengan baik.

Bila dipandang dari pribadiku sendiri yang soal dan juga ambang batas nilai (passing grade) tidak bisa persalahkan karena untuk menentukan itu semua harus menjalani proses panjang dan juga prosedur yang telah sesuai dengan kaidah penentuan kriteria perekrutan calon pegawai baru negeri sipil (PNS).
Artinya yang perlu ditingkatkan adalah wawasan dan juga pengetahuan umum yang dimiliki oleh peserta sebab tanpa adanya itu soal tes kompetensi dasar (TKD) CPNS 2017 yang terdiri dari wawasan kebangsaan, pengetahuan umum dan juga karakteristik pribadi tidak akan bisa dikerjakan dengan maksimal sehingga perolehan nilaipun masih jauh dari yang seperti diharapkan.

Namun ada jalan keluar atas semua permasalahan tersebut karena pengalaman pribadi saya telah membuktikannya dan perjalan untuk bisa menjadi PNS telah berhasil dicapai sejak tahun 2015 yang lalu, selanjutnya yang saya lakukan adalah belajar dan juga mempelajari pola soal tes CPNS dalam setiap tahunnya.

Anda juga bisa mencoba 10 Tips dibawah ini ketika melakukan tes ujian cpns:)

10 Tips ketika ujian tes cpns



Ke-1. Coba amati animo pelamar. biasanya eiforia calon pelamar CPNS dominan memilih instansi daerah, itu sebabnya jumlah pelamar CPNS instansi pusat jauh lehih sedikit. Itu artinya, peluang lolos CPNS instansi pusat lebih besar, sebab tingkat persaingannya lebih kecil. Peserta nilainya melewati passing grade, akan dirangking dari nilai tertinggi hingga terendah. Semakin sedikit peserta, maka tingkat persaingan dikelompok melewati passing grade tentu semakin sedikit pula.

Ke-2. Gunakan Kesempatan Semaksimal Mungkin. Seperti tahun 2014, pelamar CPNS hanya diberi kesempatan untuk melamar di 3 (tiga) instansi saja. Hal ini untuk menghindari formasi kosong yang ditinggal pelamarnya disebabkan yang bersangkutan memilih dan lulus di lebih dari satu formasi. Setiap calon pelamar seleksi CPNS di beri kesempatan untuk melamar maksimal 3 formasi di satu instansi. Dimana pilihan pertama menjadi prioritas. Jika pilihan pertama tidak lolos, maka peluang bergeser ke formasi kedua dan seterusnya. Gunakan kesempatan untuk memilih 3 formasi ini. Meskipun hanya satu yang sesuai persyaratan latar belakang akademisnya. Pilihan lainnya usahakan juga sesuai dengan latar belakang akademis, jika tidak pilih formasi yang terbuka untuk semua jurusan.

Ke-3. Gunakan waktu semaksimal mungkin saat mengikuti TKD secara online, baik menggunakan CAT UKG maupun CAT BKN. Jangan membuang-buang waktu memikirkan soal dalam waktu lama. Kerjakan yang termudah terlebih dahulu dan tinggalkan soal yang sulit. Kita bisa melihat diindikator nomor soal di sisi kanan (CAT UKG) atau dibawah (CAT BKN) untuk melihat soal-soal mana saja yang belum kita jawab. Jika semua soal yang mudah telah kita jawab, kita dapat kembali kesoal yang sulit yang kita tinggalkan sebelumnya, sehingga kita masih memiliki waktu untuk menjawabnya.

Ke-4. Jawab semua pertanyaan. telah mempersiapkan soal dengan sebaik-baiknya. Namun demikian, apabila terdapat opsi jawaban yang sama (lebih dari satu), dan opsi jawaban itu adalah pilihan jawaban yang benar, maka pilih salah satu. Jangan pernah meninggalkan soal tanpa jawaban. Ada 3 kelompok soal yaitu TKP (Tes Karakteristik Pribadi) dimana nilainya memiliki skala 1-5, TIU (Tes Intelejensia Umum) bernilai 0 jika salah dan bernilai 5 jika benar dan TKW (Tes Kewarganegaraan) bernilai 0 jika salah dan bernilai 5 jika benar. Jika ada soal yang tidak bisa dijawab alias dibiarkan kosong, berarti nilainya 0. Jika kita pilih salah satu jawaban, maka masih ada peluang untuk benar.

Ke-5. Jangan ambil pusing dengan soal. Soal disusun oleh konsorsium perguruan tinggi. Jangan sampai mempermasalahkan soal, sebab panitia tidak akan melayani. Soal dirancang oleh pakarnya, sehingga tidak perlu mempermasalahkan soal atau opsi jawabannya benar atau salah. Lebih baik memanfaatkan waktu yang ada untuk menjawab soal, bukan mempermasalahkan soal.

Ke-6. Jangan bekerja sama. Ruangan CAT BKN telah dirancang sedemikian rupa agar pelaksanaan ujian dapat diikuti dengan tenang. Meskipun nanti barangkali pengawas tidak ada didalam ruangan, jangan terkecoh. Pengawas mengawasi secara langsung dari balik kaca satu arah yang dapat memantau seluruh sudut ruangan. Jangan sampai didiskualifikasi oleh pengawas karena pengawas melihat peserta bekerja sama dengan peserta lain, karena pengawas dapat melihat peserta, sebaliknya peserta tidak bisa melihat pengawas. Lebih baik menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk memikirkan soal yang ditampilkan dilayar komputer sendiri, karena soal yang ditampilkan di layar tiap peserta berbeda satu sama lain, tidak ada yang sama, baik soal maupun pilihan jawabannya.

Ke-7. Jawab TKP terlebih dahulu. Di aplikasi CAT akan diperlihatkan kelompok soal TKP, TIU atau TKW. Sebaiknya jawab TKP terlebih dahulu, sebab semua opsi jawaban TKP memiliki nilai dengan skala 1 s.d 5.
Ke-8 .Membekali diri dengan matei-materi terkait sesuai dengan kisi-kisi soal TKD CPNS.
Ke-9. Mempelajari cara penggunaan aplikasi ujian online, baik cara penggunaan aplikasi CAT UKG, maupun mencoba aplikasi desktop CAT UKG BKN.

Ke-10. Mendaftar CPNS melalui situs panselnas dan website instansi pusat maupun daerah. Karena meskipun pelamar mengetahui semua tips lulus disini, tetapi tidak mendaftar, dijamin yang bersangkutan gak akan lulus sebagai CPNS


Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya.

Dalam ujian seleksi penerimaan CPNS, kemampuan Anda benar-benar diuji karena harus bersaing dengan ribuan pelamar untuk mendapatkan satu kursi PNS. Oleh karena itu, persiapan matang disertai doa kepada Allah SWT menjadi syarat mutlak sebelum Anda “bertanding” mengikuti tes CPNS.  Berikut ini kami berikan tip trik lulus tes CPNS untuk Anda.

A. Tip Lulus Tes CPNS Melalui Persiapan Tepat

1. Persiapan Umum Menghadapi Ujian CPNS.

  1. Jauh hari sebelum bulan-bulan penyelenggaraan ujian CPNS, Anda sudah mempersiapkan kemampuan Anda. Caranya dengan mengetahui jenis-jenis soal yang sering diujikan. Selanjutnya, melatih diri mengerjakan soal CPNS dalam berbagai bentuk. Dengan demikian, Anda akan terbiasa mengerjakan soal dengan tepat dan cepat. Malah, mungkin Anda menemukan trik tertentu untuk menjawab tipe suatu soal.
  2. Ketahui seluk-beluk instansi pemerintah yang mengadakan ujian seleksi. Bisa saja soal-soal yang menyangkut instansi tersebut atau bidang yang Anda tuju ditanyakan, baik dalam ujian tulis maupun wawancara.
  3. Persiapkan kepribadian yang positif, jujur, teliti, dan sederhana. Ini penting, khususnya untuk menghadapi tes wawancara (jika ada) karena gerak-gerik dan sikap Anda dinilai. Selain itu, sikap ini berguna di masa mendatang jika Anda terjun ke masyarakat.
  4. Ikuti berita terkini, baik dengan membaca buku, media visual, maupun tulis. Seringkali, beberapa instansi mengeluarkan soal-soal menyangkut perkembangan terbaru.
    Selain pengayaan materi ujian yang baik,fisik dan mental juga harus dipersiapkan. Kedua-duanya penting untuk menunjang kesuksesan Anda menghadapi ujian CPNS.

2. Persiapan Fisik Menghadapi Tes CPNS

  1. Beristirahatlah yang cukup sebelum menghadapi ujian. Diharapkan satu hari sebelum ujian, Anda sudah tidak lagi berkutat dengan latihan soal. Jadikan hari itu untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Malam harinya, jangan tidur sampai larut. Dengan demikian, esok harinya kondisi badan Anda fresh dan siap menghadapi ujian.
  2. Hindari minum obat menjelang ujian, apalagi obat yang berefek samping, seperti mengantuk, mual, dan jantung deg-degan. Pastinya, hal tersebut akan membuyarkan konsentrasi Anda saat mengerjakan soal.
  3. Bagi Anda yang tidak terbiasa minum kopi, hindari mengonsumsinya di malam menjelang ujian atau esok paginya. Efek sampingnya bisa membuat Anda susah tidur dan jantung berdebar-debar.
  4. Jaga stamina dengan melakukan olahraga rutin dan makan makanan bergizi. Hal ini sangat membantu Anda tampil prima di hari H sehingga konsentrasi Anda untuk mengerjakan soal dengan optimal.
  5. Sarapan pagi menjelang ujian. Hal ini membuat stamina Anda tetap fit dan semakin berkonsentrasi menghadapi ujian.

3. Persiapan Mental Menghadapi Tes CPNS

  1. Pupuk selalu kepercayaan diri Anda menghadapi ujian jika memang Anda telah melakukan persiapan matang. Hilangkan mental minder karena materi ujian yang sudah Anda siapkan menjadi sia-sia.
  2. Singkirkan dahulu masalah-masalah yang sedang Anda hadapi. Fokuskan pikiran dan mental untuk menghadapi ujian. Prioritaskan ujian karena ini menyangkut masa depan Anda.
  3. Hilangkan perasaan cemas dan khawatir. Yakin bahwa dengan persiapan yang matang, sebagian kesuksesan sudah di tangan Anda.
  4. Jika Anda masih belum bisa menguasai perasaan cemas dan khawatir, coba tarik dan buang napas perlahan serta konsentrasikan pikiran Anda. Cara ini membantu pikiran Anda tenang dan rileks.
  5. Sebelum mulai mengerjakan soal, berdoalah kepada Allah SWT agar diberikan kelancaran dan kesuksesan dalam mengerjakan soal. Pasrahkan kepada-Nya sehingga pikiran dan hati Anda tidak terbebani.
  6. Fokuskan pikiran dan hati pada soal-soal ujian. Tetaplah tenang. Jangan terpancing dengan situasi dan kondisi di sekitar Anda karena akan merugikan Anda sendiri.
Setelah Anda mengetahui modal dasar menghadapi ujian CPNS, Anda juga perlu mempersiapkan hal-hal teknis menjelang dan saat ujian. Berikut ini tip-tip yang tidak boleh Anda abaikan.
  • Jika tempat ujian masih asing bagi Anda, lakukan orientasi tempat sehari atau dua hari menjelang ujian untuk memprediksi waktu yang dibutuhkan ke tempat ujian. Jangan sampai Anda terlambat gara-gara mencari tempat ujian terlebih dahulu. Pastinya ini akan membuyarkan konsentrasi Anda dalam mengerjakan soal ujian.
  • Bawa alat tulis yang memadai. Jika penilaian menggunakan sistem komputer, pastikan pensil 2B yang Anda gunakan asli. Bawa juga pensil dan pulpen cadangan. Jika boleh menggunakan kalkulator atau alat tulis lain, pastikan baterainya hidup dan jangan lupa bawa baterai cadangan.
  • Datanglah 30 menit sebelum ujian. Dengan demikian, masih ada waktu bagi Anda untuk mempersiapkan mental dan fisik.
  • Jauhi peserta lain yang masih sibuk belajar karena bisa membuat kepercayaan diri Anda turun dan konsentrasi Anda buyar. Lebih baik Anda duduk santai atau baca bacaan yang menyenangkan agar suasana hati Anda rileks.
  • Jika tempat duduk tidak ditentukan, pilih kursi yang membuat Anda nyaman, mampu berkonsentrasi dengan baik, serta bisa mendengarkan arahan dari pengawas ujian.
  • Baca petunjuk mengerjakan soal dengan teliti. Jangan sampai Anda salah memahami perintah yang bisa berakibat fatal. Jika kurang jelas, bertanyalah kepada pengawas.
  • Baca soal dengan teliti dan tenang. Kerjakan soal yang mudah dahulu, baru ke soal-soal yang kategorinya sulit. Jangan berkutat dengan soal yang sulit karena Anda akan kehabisan waktu. Jika sudah selesai dan masih ada waktu, periksa kembali, utamakan pada jawaban yang ragu-ragu. Jika penilaiannya tidak menggunakan sistem minus maka sebisa mungkin jawablah semua soal. Jangan memberi komentar yang tidak perlu atau tertawa saat ujian sudah dimulai. Hal ini bisa membuat pengawas menilai Anda tidak layak menjadi PNS, disamping mengganggu peserta ujian lain.
  • Jangan berbuat curang dengan mencontek atau bertanya kepada peserta kanan-kiri. Yakin bahwa Anda mampu. Ini juga bisa merugikan Anda sendiri karena Anda bisa dicoret sebagai peserta ujian.
  • Sebelum menyerahkan lembar jawaban ke pangawas, periksa sekali lagi kembali identitas dan jawaban Anda.

B. Trik Lulus Tes CPNS Melalui Strategi Menjawab Soal Tes CPNS Secara Tepat

Karena persaingan memperebutkan posisi PNS saat ini sangat ketat, Anda perlu menguasai trik-trik jitu mengerjakan bentuk-bentuk soal CPNS. Berikut ini trik-trik dan strategi menjawab soal tes CPNS.
  • Untuk mengerjakan soal bahasa Indonesia, ingat selalu penggunaan huruf kapital, penulisan penyingkatan gelar, huruf miring, tanda baca titik (.), koma (,), titik koma (;), titik dua (:), tanda hubung (-), dan tanda tanya (?). Selain itu, Anda perlu tahu kata dasar dan imbuhannya serta kata baku dan serapan.
  • Untuk mengerjakan soal bahasa Inggris, selalu ingat pola-pola dasar tenses, baik untuk present, past, maupun future. Kuasai vocabulary (kosa kata) serta kalimat pasif dan aktif.
  • Gunakan logika untuk menyelesaikan soal-soal logika kuantitatif (penalaran). Gunakan analisis masuk akal atau tidak untuk menyelesaikan setiap pertanyaan dari soal tipe ini. Anda pun dapat membuat sketsa sederhana untuk memudahkan pemahaman.
  • Kerjakan soal-soal aritmatika, logika bilangan, dan logika kuantitatif dari yang mudah dahulu. Jangan berkutat lama-Iama dengan soal yang tingkatannya sulit.
  • Untuk soal-soal pengetahuan umum, seperti Sejarah, Pancasila dan UUD 1945, Tata Negara, dan Kebijakan Pemerintah, perbanyak latihan soal dan membaca buku yang berkaitan dengan hal tersebut. Untuk soal yang berkaitan dengan pengetahuan umum, selalu ikuti berita terkini.

Menjadi PNS adalah salah satu pekerjaan yang banyak digemari dan memiliki jutaan pesaing di Indonesia. Sebab menjadi PNS bisa menjamin penghasilan hingga hari tua nanti. Saat mendaftar tentunya tidak sedikit pesaing sehingga perlu adanya trik khusus agar dapat lulus dari ujian CPNS.

Menjawab soal CPNS serta beragam tes memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab soal yang diberikan tentunya memiliki kategori yang tergolong cukup sulit bagi anda yang kurang memiliki kualitas yang baik.

  10 Tips Cerdas agar Lulus Ujian CPNS  

http://tomatalikuang.blogspot.com

Berikut 10 Tips Cerdas agar Lulus Ujian CPNS

1. Berdoa.
Wajib bagi kita umat beragama dan juga Islam tentunya untuk selalu berdoa bila menginginkan keberhasilan dalam sebuah usaha yang sedang kita rintis dan jalankan. Apalagi doa adalah bagian yang tidak bisa kita pisahkan dalam kehidupan ruhani dana aspek agama ini. Dan ini bagian dari kiat lolos ujian cpns 2013 yang idak boleh kita lupakan dan kesampingkan. Mohon doa restu orang tua juga merupakan suatu keharusan juga alam hal ini.

2. Bersiap Secara Materi Dan Fisik.
Persiapan materi menjelang ujian tulis cpns harus benar-benar matang dan dipersiapkan dengan baik. Mempelajari akan berbagai macam jenis contoh soal CPNS dalam bentuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang meliputi tata negara Indonesia, kebijakan pemerintah, sejarah Indonesia, bahasa Indonesia, bahasa inggris, pengetahuan umum dan juga UUD 1945. Bentuk tes tulis selanjutnya adalah Tes Intelegensi Umum (TIU) yang meliputi tes kemampuan, analisa verbal, analisa numerik, berpikir logis dan analitis. Belajar dari pengalaman tes ujian sebelumnya juga penting.

3. Persiapan Segi Psikis Mental.
Rasa optimis dan percaya diri harus ditanamkan sejak dini. Bila kita sudah pesimis dalam menghadapi dan mengerjakan soal uji tulis cpns maka hal ini akan berpengaruh besar pada kejiwaan kita karena secara tidak langsung akan berdampak pada kesulitan kita ketika mengerjakan tes tersebut. Percaya diri harus diikuti dengan usaha keras dalam belajar banyak mengenai materi-materi yang akan di ujikan dengan baik.

4. Belajar denga tekun
Tips yang satu ini wajib bagi anda, jika ingin lulus tes CPNS tentu anda harus belajar. Jangan mengandalkan SKS (sistem kebut semalam) untuk lulus tes CPNS. Belajarlah minimal seminggu sebelum tes, ya minimal 1 jam per hari. Beli dan pelajari soal-soal tes CPNS yang biasanya banyak dijual di tempat pendaftaran.

5. Survey lokasi tes
Jangan meremehkan hal ini, datanglah ke tempat lokasi tes CPNS sehari sebelum tes diadakan dan memastikan dimana tempat duduk anda. Jangan sampai anda kehabisan waktu di hari H karena bingung mencari lokasi tes CPNS atau bingung mencari tempat duduk.

6. Jangan datang terlambat
Disini tidak berlaku hukum "lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali". Jika anda terlambat, peluanganda untuk lulus tes CPNS sudah jauh berkurang. Waktu yang tersedia sudah berkurang, anda juga tidak bisa konsentrasi untuk menjawab soal dan semua persiapan anda untuk tes CPNS akan sia-sia. Bila perlu, datanglah sejam lebih awal agar anda lebih rileks dan tidak tergesa-gesa ketika mengerjakan soal.

7. Mengikuti perkambangan informasi berita terkini, baik itu dengan membaca buku, melalui media visual, maupun tulis. Kerapkali, beberapa instansi akan mengeluarkan prediksi soal-soal CPNS  yang menyangkut dan berkaitan dengan informasi perkembangan terbaru.


8. Menjaga kesehatan tubuh dan juga stamina dengan melakukan olahraga rutin dan makan makanan bergizi. Serta juga cukup beristirahat. Hal ini sangat membantu kita untuk tampil prima di hari pelaksaan ujian cpns sehingga konsentrasi kita untuk mengerjakan soal bisa dilakukan secara optimal.

9. Kerjakan soal mudah dan Perhatikan petunjuk soal
Mengerjakan soal-soal cpns yang kita dari yang termudah. Kerjakanlah hal tersebut untuk menghemat waktu pengerjaan tes tulis cpns 2013 nantinya karena ada tenggang waktu yang harus ditepati juga.
Perhatikan semua petunjuk soal, seperti cara menjawab, waktu yang tersedia dan hal yang lainnya. Jangan pernah menyepelekan apapun disana. Setelah selesai menjawab soal, jika masih tersedia waktu, gunakan untuk memeriksa kembali jawaban anda. Jangan tersenyum kegirangan ketika anda merasa menjadi orang yang paling dulu selesai menjawab soal. Perhatikan sekali lagi, jangan-jangan anda malah belum menjawab satu sesi soal yang ada.

10. Jangan cepat menyerah
Sangat jarang teman yang saya tahu yang baru ikut sekali tes CPNS dan langsung lulus, saya sendiri bisa lulus setelah mencoba beberapa kali.

Terima kasih telah membaca artikel: Tips dan Trik Lulus Ujian Seleksi Test CPNS dengan Mudah!!. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda. saya doakan anda lulus 100%.


= Baca Juga =

0 Response to "Tips dan Trik Lulus Ujian Seleksi Test CPNS dengan Mudah!!"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik..