Baca juga:

Daftar Pemenang Juara ON MIPA PT Tahun 2017

http://tomatalikuang.blogspot.co.id

https://www.tomatalikuang.comSemarang – Belmawa 17 Mei 2017, Dalam rangka peningkatan kemampuan akademik bidang Matematika dan IPA, dan agar mahasiswa dapat dilatih untuk dapat berpikir kritis, Direktorat Kemahasiswaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiwaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) yang dilaksanakan sejak tanggal 14 Mei hingga tanggal 17 Mei 2017 di Semarang.
Kegiatan yang dilakukan setiap tahun ini menjadi ajang atau sarana promosi dalam rangka meningkatkan daya tarik bidang studi, pelajaran atau mata kuliah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi di masyarakat. Tentu saja maksud dan tujuan yang tidak kalah penting dari setiap penyelenggaraan event tingkat nasional ini juga adalah terjalinnya silaturahmi, jejaring sesama anak bangsa yang diharapkan dapat semakin memperkokoh kesatuan dan persatuan.
Rangkaian kegiatan ON MIPA dimulai dengan seleksi di tingkat Perguruan Tinggi untuk memilih 7 mahasiswa terbaik tiap bidang, kemudian tingkat wilayah yang pada tahun ini diikuti oleh 4.597 mahasiswa dari 14 wilayah yang telah diselenggarakan pada tanggal 22-23 Maret 2017 secara serentak di 17 kota. Yang hadir pada seleksi tingkat nasional saat ini adalah 256 mahasiswa yang telah terpilih dari seleksi tingkat wilayah tersebut.
Hadir menutup acara ON MIPA, Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Rina Indiastuti menyatakan  “Penyelenggaraan ON-MIPA di kalangan mahasiswa diharapkan dapat mendorong peningkatan kemampuan akademik dan wawasan mahasiswa, serta kecintaan mereka terhadap MIPA serta diharapkan memberikan dampak pada peningkatan kualitas dan wawasan staf pengajar, serta memberikan masukan untuk perbaikan mutu pendidikan tinggi khususnya di bidang MIPA”
Selain menjadi indikator daya saing bangsa, Rina menambahkan bahwa kualitas pendidikan MIPA di era global dengan jutaan informasi yang dapat diperoleh dengan cara yang mudah, sangat membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Melalui pembelajaran matematika, kemampuan berpikir kritis dapat dibangun, karena pola berpikir dalam Matematika berdasarkan kepada logika. Selanjutnya, bagaimana kaitan berpikir kritis, logika, dan Sains?. Sains menjadi tidak berguna bagi seseorang jika dipelajari dengan cara yang salah; menghafal rumus tanpa mengerti konsep, menghafal berbagai metode untuk mengerjakan soal, dan sebagainya adalah salah satu contoh bentuk kesalahan dalam mempelajari sains. Proses mempelajari sains dengan benar akan melatih penggunaan prinsip-prinsip logika untuk mengevaluasi apakah informasi yang diperoleh itu benar atau salah. Proses pelatihan inilah yang akan mengasah ketajaman berpikir kritis.
“Jadi melalui MIPA dihasilkan sumber-sumber daya manusia handal yang mempunyai kemampuan berpikir kritis untuk membangun bangsa, Andalah sebagian dari produk-produk tersebut. Semoga Anda kelak pada waktunya yang menjadi pemimpin bangsa ini, yang kritis dan peka terhadap permasalahan dan sanggup mencarikan solusinya” tegas Rina mengakhiri sambutan penutupan.
Kepada para peraih medali emas ON MIPA, Direktorat Kemahasiswaan Ditjen Belmawa telah menyiapkan beasiswa ekstra kurikuler yang akan diberikan pada semester atau tahun berikutnya, dan khusus bagi juara bidang Matematika dan kemudian terpilih mewakili perguruan tinggi Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Matematika di tingkat Internasional pada bulan Agustus 2017 di Bulgaria, juga akan diberikan beasiswa untuk belajar di perguruan tinggi terbaik di seluruh dunia, khususnya bagi peraih Gold dan Silver Medal nantinya.

Related Posts

Punya pertanyaan? Mau request soal, jawaban, atau pembahasan? Silahkan berkomentar ⇛   

0 komentar untuk Daftar Pemenang Juara ON MIPA PT Tahun 2017

Silahkan berkomentar dengan sopan..