Pembahasan Soal ON MIPA Matematika 2017 - Kombinatorika Isian No 2

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau yang biasa disingkat ON MIPA-PT Tahun 2017 telah di selenggarakan dan telah diperoleh pemenang nya. Seleksi ON MIPA Tahun 2017 terdiri dari 4 (empat) bidang yaitu MatematikaFisikaKimia, dan Biologi. Bidang Matematika sendiri juga memiliki 5 macam soal seleksi yaitu, Aljabar LinierAnalisis RealAnalisis KompleksKombinatorika, dan Struktur Aljabar.
http://tomatalikuang.blogspot.co.id/

Pembahasan Soal ON MIPA Matematika 2017 Bidang Kombinatorika 

Soal kombinatorika untuk seleksi onmipa tahun 2017 terdiri dari dua bagian yaitu bagian pertama adalah isian dan bagian kedua uraian. Di postingan ini Blog Tomata Likuang akan membahas salah satu soal dari soal-soal isian tersebut.

Soal Isian Kombinatorika Nomor 2

Sebuah rangkaian digit biner adalah sebuah barisan yang terdiri dari 1 dan 0. Banyaknya rangkaian digit biner yang terdiri atas tepat delapan digit 0 dan tepat sepuluh digit 1 sedemikian sehingga setiap kemunculan digit 0 segera diikuti oleh digit 1 adalah..

Pembahasan Soal Kombinatorika Isian Nomor 2

Dari soal telah diketahui terdapat 8 buah digit 0, 10 buah digit 1, dan digit 0 selalu diikuti oleh digit 1
Hal pertama yang harus anda lakukan  adalah membuat 8 buah digit 0 dan masing-masing digit 0 selalu diikuti oleh satu buah digit 1. Sehingga 8 buah digit 1 sudah terpakai tersisa 10-8=2 buah digit 1.
Untuk membantu menjawab soal diatas, perhatikan gambar berikut,

https://tomatalikuang.blogspot.co.id/

Dari ilustrasi gambar di atas, terdapat 9 buah kotak yang berwarna biru, nah 9 kotak yang berwarna biru tersebut adalah 9 tempat kemungkinan sisa 2 buah digit 1 berada, yang nantinya akan menghasilkan rangkaian digit biner yang dimaksud oleh soal, yaitu sebanyak 9C2=36.

Namun, masih ada kemungkinan lainnya yaitu jika 1 buah digit 1 yang tersisa diikuti oleh 1 buah digit 1 tersisa lainnya, yaitu 11, yang kedua digit ini bisa langsung kiat letakkan di kotak biru gambar diatas  (contoh : 110101010101010101), yaitu sebanyak 9.

Jadi, banyaknya rangkaian digit biner yang terdiri atas tepat delapan digit 0 dan tepat sepuluh digit 1 sedemikian sehingga setiapkemunculan digit 0 segera diikuti oleh digit 1 adalah sebanyak 36+9=45.

= Baca Juga =

0 Response to "Pembahasan Soal ON MIPA Matematika 2017 - Kombinatorika Isian No 2"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik..