5 Kesalahan yang Sering Dilakukaan Saat Berbicara di Depan Umum

5 Kesalahan yang Dilakukan Orang Saat Memberikan Pidato


https://tomatalikuang.com
Untuk menjaga perhatian audiens Anda, hindari lima kesalahan yang dilakukan orang saat memberikan pidato. Tubuh Anda dan cara Anda membawa diri Anda di depan kelompok mengatakan banyak hal tentang Anda seperti kata-kata yang Anda pilih untuk dimasukkan ke dalam pidato Anda.

Jangan biarkan kegugupan menghalangi Anda.


Bahasa tubuh Anda berbicara banyak tentang kepercayaan diri dan keterampilan kepemimpinan Anda.

1. Jangan membaca langsung dari handout Anda.


Menggunakan lokakarya Anda selebaran seminar sebagai naskah untuk pidato Anda adalah buang-buang waktu Anda dan buang-buang waktu audiens Anda. Begitu banyak orang membuat kesalahan ini ketika mereka memberikan pidato karena mereka belum mengambil waktu untuk mempersiapkan dan mempraktekkan materi mereka sebelumnya. Ketika Anda membaca langsung dari selembar kertas yang telah Anda berikan kepada audiens Anda, mereka akan segera kehilangan minat dan mengabaikannya. Mereka bahkan mungkin bertanya-tanya mengapa Anda tidak mengirim mereka selebaran untuk dibaca sendiri daripada menghabiskan waktu mereka

Alasan lain adalah kesalahan besar untuk membaca dari handout Anda adalah bahwa terlalu mudah bagi audiens untuk keluar, atau lebih buruk lagi, tertidur! Jika pemirsa Anda sudah memiliki semua poin penting Anda yang ditulis di depan mereka, tidak ada alasan bagi mereka untuk mendengarkan dengan saksama untuk setiap wawasan yang menarik dan momen "a-ha". Tidak ada cara untuk membangun ketegangan atau menambahkan drama pada pidato Anda karena mereka dapat dengan mudah melompat ke depan dan melihat apa yang akan terjadi. Pembicara terbaik --- orang-orang yang tidak pernah melakukan kesalahan ini --- membuat pemirsa mereka terhibur dan terlibat dengan tidak memberikan semua rahasia mereka dalam selebaran.

Jika Anda menemukan diri Anda dalam situasi di mana Anda perlu membaca dari handout Anda, maka jangan berikan handout kepada audiens di awal pidato Anda. Gunakan handout sebagai garis besar saat Anda menyampaikan pidato Anda, kemudian berikan kepada audiens di akhir sesi sebagai bonus yang diambil.

Jika Anda tidak ingin audiens tertidur selama pidato Anda, jangan membaca langsung dari catatan Anda.

2. Jangan bersandar di podium saat Anda berbicara. 


Jaga jarak yang nyaman dari podium agar Anda dapat bergerak bebas. Bersandar di podium membuat Anda terlihat malas, tidak aman, atau lelah, dan itu merampas Anda dari kesempatan untuk menganimasikan presentasi Anda dengan gerakan tangan dan bahasa tubuh yang tepat. Juga, menyandarkan dan mematikan podium saat Anda berbicara dapat menciptakan suara tapping dan ratting yang mengganggu.

Socks kucing bisa bersandar di podium karena, well, dia kucing. Tapi kamu tidak. Jadi jangan membuat kesalahan ini pada saat Anda memberikan pidato.

3. Jangan meletakkan tangan Anda di saku Anda untuk jangka waktu yang lama. 


Ini cenderung membuat Anda terlihat tidak profesional. Tidak masalah untuk meletakkan satu tangan di saku Anda sebentar, tetapi jangan bermain atau gelisah dengan barang-barang di saku Anda. Menempatkan satu tangan di saku Anda secara longgar dapat menarik perhatian ke tangan Anda yang lebih beranimasi dan membuat Anda terlihat sedikit lebih rileks. Dua tangan di saku Anda dapat membuat Anda terlihat menyendiri dan puas diri.

4. Jika Anda menggunakan penunjuk, jangan lambaian seperti tongkat.


Anda tidak melakukan orkestra sehingga tidak perlu bergantung pada penunjuk saat Anda tidak menggunakannya untuk menarik perhatian pada sesuatu di presentasi Anda. Letakkan dengan lembut ketika Anda tidak menggunakannya.

Kecuali Anda melakukan orkestra saat memberikan pidato Anda, letakkan penunjuk saat Anda tidak menggunakannya.

5. Bicara kepada audiens Anda. 


Jika Anda menggunakan alat bantu visual (flipchart, layar slide), pastikan bahwa mereka diposisikan sehingga setiap orang dapat melihatnya dengan jelas tanpa harus memutar atau menggerakkan leher mereka. Juga, pastikan bahwa Anda selalu memproyeksikan suara Anda keluar ke arah penonton. Jangan berbicara dengan alat bantu visual Anda, berbicaralah dengan audiens Anda. Salah satu cara untuk mengingat untuk menghadapi audiens Anda dan menawarkan banyak kontak mata adalah membayangkan bahwa audiens Anda harus membaca presentasi Anda untuk sepenuhnya memahami itu. Jika mayoritas audiens Anda duduk di satu sisi ruangan dengan hanya beberapa di sisi lain, alamat kedua sisi ruangan sama rata.

Jika menggunakan papan tulis adalah bagian dari pidato Anda, pastikan Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk menghadapi audiens Anda. jika Anda menghadapi dewan terlalu banyak, orang tidak akan dapat mendengar Anda berbicara.

Tanpa terlalu menghakimi, kali berikutnya Anda berada di audiens menonton seseorang memberikan pidato, lihat apakah Anda dapat melihat salah satu kesalahan umum yang tercantum di atas. Apakah Anda menemukan mereka mereka membuat anda terganggu? Apakah kesalahan memengaruhi penerimaan Anda terhadap konten dalam pidato. Dengan secara teratur menghadiri pidato dan seminar dan memperhatikan bagaimana pembicara melakukan sendiri, Anda akan mulai mendapatkan wawasan tentang apa yang memisahkan speaker rata-rata dari pembicara spektakuler!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel