Baca juga:

Cara Belajar Agar Sukses Menghadapi Ujian USBN dan UN


Hallo guys, gimana kabarnya kalian? Semoga saja selalu dalam keadaan sehat selalu. Mendekati ujian nasional dan ujian sekolah berstandar nasional, persiapan apa saja sih yang telah kalian rancang agar bisa lulus UN dan USBN dengan nilai memuaskan?

UN dan USBN adalah hal yang mesti dilalui oleh setiap siswa, jadi butuh persiapan yang matang dan terencana dalam menghadapinya. Berkaca dari pengalaman bahwasanya tidak sedikit siswa yang gagal dalam UN dan USBN karena tidak memiliki persiapan yang mantap, kalian tidak mau bukan mengalami hal yang serupa!

Menghadapi UN dan USBN sekali-kali jangan mengandalkan gaya belajar sistem kebut semalam (SKS) maksudnya ialah pas esoknya mau UN dan USBN baru belajar dimalam harinya. Yakin saja materi kemungkinan akan agak sulit untuk dikuasai sepenuhnya.

Lantas cara belajar yang efektif untuk menghadapi UN dan USBN seperti apa sih? Dalam artikel ini akan dibahas 7 Cara Belajar Efektif Menghadapi USBNdan UN, jadi silahkan anda baca artikel ini sampai selesai agar anda bisa sukses menghadapi UN dan USBN.

1. Ketahui kisi-kisi UN dan USBN


Gimana perasaan kalian ketika akan pergi kesuatu tempat baru namun kalian tidak memiliki peta atau gambaran tentang daerah yang akan kalian tuju? Pastinya hal tersebut akan membuat kita menjadi kebingungan dan berjalan tanpa arah tujuan yang jelas.

Kondisi tersebut sama halnya ketika kita akan belajar tanpa mengetahui bagian-bagian mana yang menjadi kisi-kisi soal yang akan muncul. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk memiliki kisi-kisi soal UN dan USBN, karena kisi-kisi tersebut ibaratkan kompas yang akan menunjukan kemana seharusnya anda melangkah.

2. Buat rangkuman materi


Yang mana kira-kira lebih nyaman anda rasakan, menempatkan suatu barang secara berkelompok dan beraturan atau dengan cara mengumpulkan atau menyimpan barang secara bercampur-baur? Pastinya barang akan lebih mudah ditemukan jika disimpan dan ditata rapi.

Analogi tersebut sama saat anda akan belajar untuk menghadapi UN dan USBN namun materi yang akan anda pelajari masih acak-acakan tidak jelas maka halo tersebut akan membutuhkan waktu lama untuk menguasai materi pelajaran tersebut.

Lain halnya kalau kalian membuat rangkuman materi pelajaran untuk dipelajari, hal tersebut akan membuat waktu anda lebih efisien dan efektif. Ditambah lagi materi pelajaraan untuk UN adalah materi gabungan dari kelas 1, 2 dan 3 (untuk smp dan sma).

Butuh berapa lama kira-kira sampai anda bisa menguasainya? Sehingga akan sangat penting jika anda membuat rangkuman dan mencatat poin-poin penting yang bisa menjadi gmabaran umum dari semua materi yang ada.

3. Fokus pada satu mata pelajaran


Betapapun panasnya sinar matahari dia tidak akan mampu membakar kertas yang kita simpan di bawah teriknya/sinarnya tapi coba anda ambil luv (kaca pembesar) dan arahkan fokus cahanya ke kertas tersebut! Apa yang akan terjadi kira-kira? Kertasnya akan terbakar?

Pastinya akan terbakar karena LUV membuat cahaya matahari fokus pada satu titik. Gambaran tersebut sama halnya dengan cara belajar kita. Jika kalian ingin mempelajari banyak mata pelajaran dalam satu waktu maka pikiran anda tidak bisa fokus.

Maka dari itu fokuslah! Pilih satu mata pelajaran dan fokus untuk mempelajarinya, setelah anda mampu meguasainya baru anda beralih mata pelajaran yang lain.

4. Pilih waktu belajar yang tepat


Setiap siswa memiliki waktu tertentu dimana ia bisa dengan mudah memahami suatu pelajaran dan tidak semua siswa memiliki waktu dimana dia merasa nyaman dan dengan mudah mampu menyerap materi pelajaran.

Sekarang kalian harus memikirkan waktu-waktu dimana kalian anggap, bahwa pada waktu tersebut anda akan dengan mudah memahami pelajaran. Dan jangan pernah berpatokan dengan waktu belajar oranglain. Ada yang suka belajar di waktu subuh hari dan ada pula yang suka belajar diwaktu malam.

5. Ikut bimbingan belajar


Ada sebuah ungkapan yang mengatakan semakin banyak orang yang berpikir maka semakin banyak jalan keluar yang bisa didapatkan. Hal tersebut berarti kalian tidak boleh terlalu mengandalkan diri kalian.

Ilmu dari orang-orang yang sudah berpengalaman seputar UN dan USBN sangat penting untuk diserap karena mereka sudah kaya akan pengalaman,  apalagi para tutor/guru khusus dibimbingan belajar untuk menghadapi UN dan USBN, kemampuan sudah tidak diragukan lagi.

Ikut bimbingan belajar bisa menjadi opsi bagi kalian dalam meghadapi UN. Jika ikut bimbingan belajar yang khusus untuk UN dan USBN, selain bertemu dengan guru hebat kalian juga akan bertemu dengan teman-teman baru yang juga ikut bimbel untuk mepersiapkan diri menghadapi UN dan USBN.

Jika kalian merasa tidak punya waktu atau tidak punya kendaraan untuk pergi ketempat bimbel, maka anda bisa ikut bimbel online. Memangnya ada tempat bimbingan belajar online? Jawabanya sudah pasti ada.

Salah satu situs bimbel online yang sudah terkenal adalah Quipper Video. Di Quipper Video terdapat 7000 lebih video pembelajaran dan bank soal yang sampai 17.000 soal (termasuk soal UN 2010-2016). Berapa biaya mendaftar quipper video?

Biaya mendaftar Quipper video cukup terjangkau, apalagi jika kalian menggunakan kode promosi Quipper Video saat mendaftar maka kalian akan mendapatkan diskon sampai 20%. Lantas bagaimana cara mendaftar Quipper video? Silahkan baca artikel berikut (cara mudah mendaftar Quipper Video)

6. Chalenge self (menantang diri sendiri/kompetisi)


Cara belajar efektif untuk menghadapi UN dan USBN selanjutnya adalah dengan menantang diri anda untuk menyelesaikan dan menguasai soal-soal yang selama ini kalian anggap susah. Atau bisa juga dengan mengajak teman anda berkompetisi menjawab soal dengan jumlah tertentu dan waktu tertentu, terus yang kalah wajib traktir

Cara tersebut cukup bisa memompa motivasi kalian untuk belajar giat dan bersungguh-sungguh dalam rangka menghadapi UN dan USBN. Terus tantang diri kalian agar kalian semakin siap untuk menghadapi UN dan USBN.

7. Kuasai materi UN dan USBN


Jika ada dua nelayan, nelayan pertama menggunakan pancing untuk menangkap ikan dan nelayannyang kedua menggunakan jalan untuk menangkap ikan maka nelayan yang manakah yang berpotensi mendapatkan ikan lebih banyak?Pastinya adalah nelayan yang kedua.

Apa maksud dari gambaran tersebut? Maksudnya adalah jangan hanya banyak menjawab soal-soal (menjawab soal ibaratkan pancingan) namun fokuslah untuk menguasai materinya (materi ibaratkan jala nelayan yang mampu menangkap semua jenis ikan.

Demikianlah Cara Belajar Efektif Menghadapi USBN dan UN, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan bisa pula bermanfaat untuk orang lain maka silahkan anda share artikel ini. Sukses bagi kalian yang akan menghadapi UN dan USBN.

Related Posts

Punya pertanyaan? Mau request soal, jawaban, atau pembahasan? Silahkan berkomentar ⇛   

0 komentar untuk 7 Cara Belajar Yang Benar, Efektif Menghadapi USBN dan UN

Silahkan berkomentar dengan sopan..