Pertama Kali Bicara Di Depan Umum? Ini 5 Tips Public Speaking Untuk Pemula

https://tomatalikuang.com
Sebenarnya, berbicara di depan umum cukup menakutkan bagi kebanyakan orang, bahkan untuk presenter dengan banyak pengalaman. Tetapi bagi mereka yang baru pertama kali bicara didepan umum, tentu itu bisa sangat membebani.

Kabar baiknya adalah, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa takut Anda, meningkatkan rasa percaya diri Anda, dan tampil seperti yang Anda alami — bahkan jika itu terasa mustahil. Terapkan kiat berikut ke persiapan presentasi Anda dan Anda bisa bertaruh bahwa seluruh pengalaman akan jauh lebih mudah dari yang Anda kira.

5 Kiat Public Speaking Untuk Berbicara di Depan Umum


Membuat kontak mata


Ketika datang untuk menyampaikan presentasi yang percaya diri, membuat kontak mata dengan audiens Anda adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri Anda sendiri. Jika Anda melangkah di atas panggung dengan mata terpaku pada catatan Anda, maka audiens Anda tidak hanya tahu betapa gugupnya Anda, tetapi mereka juga akan kesulitan menghubungkan dengan pesan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kontak mata dengan pemirsa Anda akan memungkinkan mereka untuk lebih memahami, mengingat, dan membuat keputusan tentang apa yang Anda katakan.

Hindari Filler Kata


Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pemula adalah mengemas presentasi mereka yang penuh dengan "hmm" dan "eee." Membersihkan presentasi Anda dengan sinyal kata-kata pengisi ini kepada audiens Anda bahwa Anda tidak sesiap yang Anda bisa dan membuat pembicaraan Anda sulit untuk didengarkan. Pertahanan terbaik Anda terhadap bersandar pada kata-kata ini untuk dipersiapkan dan dipraktikkan. Semakin akrab Anda dengan materi dan "pengiriman kalimat" Anda, semakin sedikit kata-kata ini akan keluar dari mulut Anda.

Latih "Pengiriman" Anda


Sebuah "pengiriman" yang baik adalah orang yang mendengar memahami setiap apa yang anda ucapkan. Banyak presenter, baik yang berpengalaman maupun yang baru, membuat kesalahan dengan memfokuskan semua persiapan presentasi mereka pada konten mereka dan tidak cukup tentang bagaimana mereka akan mengirimkannya. Tetapi kenyataannya, Anda dapat memiliki pesan terbaik di dunia, tetapi jika pengiriman Anda menyebalkan, tidak ada yang akan menerimanya. Oleh karena itu, Anda ingin menghabiskan waktu sebanyak yang Anda latih saat menyiapkan konten. Perhatikan nada dan infleksi Anda, di mana Anda dapat menjeda untuk penekanan, dan kapan harus beristirahat untuk pertanyaan / komentar pemirsa.

Buat Konten/Materi yang Pas


Sama seperti Anda tidak ingin duduk melalui presentasi yang panjang dan berliku-liku, begitu juga audiens Anda. Berhati-hatilah untuk mengedit konten Anda hanya ke poin utama — semakin sedikit yang dapat Anda katakan tentang topik Anda sementara pesan Anda semakin tersebar, semakin baik. Trik bagus untuk mengetahui apakah Anda mencoba mengatakan terlalu banyak adalah mencoba mengatakan apa presentasi Anda tentang hanya menggunakan satu kalimat. Jika Anda berjuang untuk melakukan itu, kemungkinan besar Anda sudah terlalu banyak memasukkan topik.

Gunakan Bahasa Tubuh Anda


Bahasa tubuh Anda sangat penting ketika berbicara tentang seberapa percaya diri Anda dan seberapa yakin perasaan Anda. Jika Anda ingin menguasai ruangan, Anda pasti tidak akan melakukannya dengan postur yang kaku, bahu yang menurun, dan sikap yang lembut. Sebagai gantinya, Anda harus mengangkat kepala, menjaga bahu Anda kembali, dan jangan takut untuk bergerak di sekitar ruangan. Melakukan hal itu akan membuat Anda tampil lebih percaya diri kepada audiens Anda, serta membuat tubuh Anda merasa lebih rileks dan santai.

Demikian 5 Tips Public Speaking Untuk Pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel