Baca juga:

Dimanakah OSN ke 28 tahun 2019 diselenggarakan ?


https://www.tomatalikuang.com/

Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke XVII Tahun 2018 di Padang, Sumatera Barat secara resmi ditutup oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendi pada Jumat, 6 Juli 2018 setelah sebelumnya telah dilaksanakan selama 6 hari.

Provinsi DKI Jakarta kembali meraih juara umum pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat. Sebanyak 19 medali emas, 24 medali perak, dan 29 medali perunggu diraih oleh provinsi yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 pada gelaran tahunan bergengsi di bidang sains itu.

Sementara untuk juara kedua OSN 2018 diraih oleh Provinsi Jawa Timur dengan perolehan 13 medali emas, 18 medali perak, dan 26 medali perunggu. Provinsi Banten berada di peringkat ketiga dengan perolehan 11 medali emas, 14 medali perak, dan 11 medali perunggu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang medali dan juara umum dalam OSN 2018. Mendikbud berharap agar para peserta OSN ini melanjutkan studinya tetap di bidang sains pada jenjang pendidikan berikutnya serta ke depan menjadikan sains sebagai pilihan hidupnya.

“Kelak 30 tahun atau 40 tahun yang akan datang akan muncul ilmuwan-ilmuwan yang berasal dari OSN ini,” ujar Mendikbud saat memberikan sambutan dalam acara Penutupan Olimpiade Sains Nasional 2018 di Kota Padang, Sumatra Barat, Jumat (6/7/2018).

OSN ke-17 kali ini diikuti oleh 1.433 siswa terbaik yang mewakili provinsinya masing-masing, mulai dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Mereka berlomba di 11 bidang yang meliputi matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, infomatika/komputer, kimia, biologi, kebumian, geografi, astronomi, dan ekonomi.

Mendikbud mengungkapkan, pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur seperti jalan, pelabuhan, lapangan terbang, dan lainnya. Infrastruktur itu tak akan ada manfaatnya jika tidak disiapkan dengan sungguh-sungguh sumber daya manusia yang mengoperasikan infrastruktur tersebut.

“Kita butuh menyiapkan teknokrat-teknokrat yang akan mengisi teknostruktur dan kita butuh orang-orang yang menguasai teknologi itu sekaligus kreatif,” tutur mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Pemerintah sangat mengapresiasi daya dan upaya yang maksimal kepada pemerintah daerah Sumatra Barat yang telah mendukung penyelenggaraan OSN tahun ini sehingga berjalan baik dan lancar. “Begitu senangnya kami menjadi tuan rumah pada tahun ini,” kata Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit, pada kesempatan yang sama. *

DKI Jakarta adalah Tuan Rumah OSN 2019


Event bergengsi ini telah mengantar Provinsi DKI Jakarta menjadi Juara Umum ke 7 kalinya, yakni sebelumnya pernah menjadi juara umum di tahun 2004, 2005, 2009, 2010, 2014, 2017, dan yang terakhir di tahun 2018.

Dan menurut artikel dari disdik.sumbaprov.go.id DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah OSN 2019.

Informasi ini diambil dari :

  1. https://disdik.sumbarprov.go.id/halaman-utama/tuan-rumah-raih-12-mendali-osn.html
  2. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/07/dki-jakarta-pertahankan-juara-umum-olimpiade-sains-nasional



Related Posts

Punya pertanyaan? Mau request soal, jawaban, atau pembahasan? Silahkan berkomentar ⇛   

0 komentar untuk Inilah Provinsi yang menjadi tuan rumah OSN XVIII Tahun 2019

Silahkan berkomentar dengan sopan..