Baca juga:

Tips dan trik ketika mengikuti kompetisi desain grafis

https://www.tomatalikuang.com

Tidak ada formula atau formula ajaib yang dijamin untuk memenangkan kontes desain, tetapi ada beberapa cara untuk meningkatkan peluang Anda secara drastis jika Anda mengikuti panduan ini:

  • Fokus pada kualitas desain dan bukan kuantitas;
  • Jadilah perhatian terhadap ringkasan desain kontes;
  • Jadilah respons terhadap komentar pemegang kontes.
  • Ciptakan solusi desain yang efektif yang memenuhi kebutuhan klien.
  • Berikan file desain yang dibutuhkan kepada klien.
  • menyerahkan logo asli, ikon dan desain ilustrasi yang sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Lomba.
  • Hindari mengirimkan terlalu banyak desain umum.

Desainer yang mengikutia lomba desain cenderung mengembangkan metode dan strategi mereka sendiri untuk memenangkan klien (dan juri kompetisi). Ketika saya ditanya "Apa tips Anda untuk memenangkan kontes desain?" tidak ada yang langsung terpikirkan tetapi, setelah berefleksi, seiring waktu saya mengembangkan beberapa strategi yang menurut saya berhasil bagi saya. Dalam artikel ini saya akan membagikan 7 trik dan kiat untuk memenangkan kontes desain. Let's enjoy!

1) Ketahui Kekuatan Anda

Beberapa desainer pandai membuat logo ada yang lebih baik di desain web. Beberapa baik di Photoshop, beberapa di Illustrator. Beberapa memiliki bakat untuk logo gaya web 2.0, ada yang pandai membuat logo gaya 3D. Beberapa memiliki bakat untuk simbol yang berani dan kuat, atau gambar dan kartun.

Apa gaya favoritmu? Anda tidak perlu diberitahu untuk mencari proyek yang Anda sukai, tetapi tentu saja Anda memiliki kesempatan yang lebih baik dalam memenangkan proyek yang Anda sukai dan proyek yang sesuai dengan kekuatan Anda.

Analisis portofolio Anda dan desain yang disukai rekan-rekan dan klien Anda untuk menentukan kekuatan Anda.

2) Cari Perhatian

Baca dengan singkat. Cari tahu apa yang disukai atau tidak disukai klien. Jika Anda tidak mengerti, tanyakan. Klien yang lebih baik dalam menulis ringkasan proyek dan memberikan sampel lebih mungkin mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Klien tidak selalu menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan, tetapi Anda bisa menggunakan Google untuk mrmbuka situs web klien untuk mendapatkan rasa seperti apa perusahaan itu.

Jangan mengikuti gaya dari logo atau situs web yang ada, karena klien memposting kontes yang artinya mereka menginginkan perubahan.

3) Penelitian

Cari tahu seperti apa logo para pesaing klien. Logo yang Anda desain harus menonjol dan terlihat lebih baik daripada pesaing.

4) Menyerahkan Dua Desain

Kirimkan dua desain, satu dalam gaya "aman", dan yang lainnya adalah desain "kreatif" ideal Anda. Gaya aman adalah logo konvensional yang mudah diterima oleh sebagian besar klien. Namun perlu diingat bahwa desain kontes harus penuh dengan gaya logo ini, jadi Anda perlu mengirimkan sesuatu yang lain untuk menarik perhatian. Terkadang seorang klien akan memilih Anda hanya karena Anda telah mengirimkan logo yang unik, meskipun logo yang mereka gunakan adalah versi aman Anda!

Penelitian Anda di langkah 3 (di atas) harus memengaruhi kedua logo Anda.

Untuk pengajuan "aman" Anda mungkin menggunakan gaya desain yang lebih konservatif dan menyertakan beberapa atribut yang menunjukkan perusahaan termasuk dalam kelompok yang sama dari bidang bisnis (menganggapnya seperti konvensi komunikasi dalam industri tertentu).

Untuk pengajuan "kreatif" Anda (lihat tip # 4) mungkin Anda dapat menutup mata Anda dan membayangkan Anda membeli produk atau layanan yang luar biasa ini dan mengharapkan yang terbaik: apa yang akan tampak seperti logo dalam imajinasi Anda?

5) Jadilah Strategis

Kirim lebih awal atau kirim terlambat?

Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Saya telah bereksperimen dengan keduanya, dan ketika saya yakin bahwa yang satu lebih baik saya menemukan saya salah.

Jika klien Anda adalah perusahaan periklanan, atau manajer proyek, Anda harus mengirimkannya lebih awal. Perusahaan-perusahaan periklanan tidak ingin membingungkan klien mereka dengan pilihan baru di tahap pengambilan keputusan nanti (kecuali desain Anda benar-benar brilian). Sama dengan manajer proyek yang perlu mengatur pertemuan untuk pengambil keputusan untuk menyetujui satu hal.

Untuk klien langsung, jika Anda mengirimkan sebelumnya, kekuatannya adalah desain Anda dapat lebih mudah diingat. Jika Anda membuat kesan pertama yang kuat, desain apa pun yang serupa dengan Anda yang dikirimkan nanti akan berdampak lebih sedikit pada klien. Kelemahannya adalah bahwa beberapa klien tidak mempercayai reaksi awal mereka dan lebih berkonsentrasi pada "paket" yang kadang-kadang bisa muncul di ketiga terakhir dari kontes, setelah beberapa putaran umpan balik - terutama di mana instruksi sangat spesifik - dan pengiriman menjadi lebih seragam dalam gaya.

6) Jadilah Produktif

Semakin banyak kontes yang Anda kerjakan, semakin baik peluang Anda untuk menang. Tapi tetap, jaga keseimbangan antara kualitas dan kuantitas pekerjaan Anda: desainer harus memiliki portofolio yang bagus.

7) Be Persistent

Jangan biarkan kemenangan atau kekalahan mempengaruhi Anda terlalu banyak. Beberapa desainer berkecil hati dan berhenti setelah kalah dalam beberapa kontes. Perlu diingat bahwa logo yang paling artistik atau asli tidak selalu menang: itu keputusan klien berdasarkan kebutuhan mereka. Ini sama ketika melempar konsep di dunia nyata. Entah Anda bekerja di biro iklan atau freelancing, terkadang Anda kehilangan proyek untuk desainer atau perusahaan desain lainnya. Pelajari apa yang dapat Anda lakukan dari pengalaman dan lanjutkan.

Kesimpulannya

Memenangkan kontes logo (atau memenangkan kontes desain grafis) adalah hal yang menantang dan menyenangkan. Dengan pendekatan yang tepat (dan menggunakan situs seperti DesignCrowd yang menawarkan pembayaran partisipasi untuk desainer), Anda dapat menghasilkan uang dengan baik. Semoga sukses untuk semua orang!

Related Posts

Punya pertanyaan? Mau request soal, jawaban, atau pembahasan? Silahkan berkomentar ⇛   

0 komentar untuk Tips dan Trik untuk Memenangkan Lomba Desain Grafis (Design Competititon)

Silahkan berkomentar dengan sopan..