Baca juga:

8 Cara Mudah untuk Tetap Sehat di Perguruan Tinggi

Itu sangat mungkin.
https://www.tomatalikuang.com

Musim libur cepat berakhir dan kembali meamsuki dunia perkuliahan! Antara pergi ke kelas, belajar untuk ujian, membuat keputusan besar dan mempertahankan hubungan, mahasiswa dapat dengan cepat meninggalkan hal-hal penting seperti kesehatan fisik dan kesejahteraan. Untuk memerangi stres perguruan tinggi yang tak terelakkan dan menyulap berbagai komitmen, menjaga gaya hidup sehat dianjurkan. Anda tidak harus menunggu hingga Januari untuk menetapkan tujuan baru. Baik Anda ingin memulai cara hidup yang sehat atau melanjutkannya, perguruan tinggi adalah tempat yang tepat untuk melakukannya. Kedelapan kiat ini akan membuat Anda merasa senang, bugar, dan bebas stres sepanjang semester.

1. Establish A Routine


Mahasiswa adalah salah satu orang paling sibuk di planet ini. Untuk menghindari stres, lakukan upaya untuk membentuk rutinitas yang mudah diikuti. Rutinitas akan meningkatkan disiplin diri Anda dan sangat penting untuk tetap termotivasi. Biasakan bekerja secara teratur, memastikan Anda memiliki waktu belajar yang cukup dan mempertahankan jadwal tidur yang tepat hanya akan berdampak positif pada tahun kuliah Anda.

2. Eat Smart


Sebelum Anda mulai kehabisan poin makan, buatlah makan sehat dengan nyaman dengan menyimpan kulkas Anda dengan makanan bersih. Anda tidak harus hidup dari indomie! Paket oatmeal, cangkir yoghurt, daging deli, dan sup yang bisa di-microwave sangat cocok untuk hari-hari ketika Anda tidak bisa pergi ke ruang makan. Bila Anda bisa, cobalah untuk menyimpan variasi dalam makanan yang Anda konsumsi. Jangan sembarang makan. Apalagi, di sekitar kampus sering ditemui penjual-penjual amkan yang tidak jelas kebersihan makanan yang dijual. Sebesar kedengarannya, tubuh Anda tidak akan menghargainya. Jika Anda memiliki kelas selama waktu makan siang khas Anda, sediakan roti untuk dimakan saat bepergian, jika anda  tidak sempat sarapan. Banyak fasilitas makan kampus menawarkan jus buah-buahan segar seperti apel, pisang, dan jeruk. Selalu ambil bagian, itu akan berguna ketika Anda membutuhkan dorongan energi sore.

3. Backpack Snacks are an Actual Thing


Simpan satu atau dua camilan di tas / ransel Anda setiap saat. Ngemil sepanjang hari adalah normal dan diperlukan untuk mempertahankan pikiran yang berenergi. Tidak selalu ada waktu untuk mengambil makanan dari toserba atau mesin, oleh karena itu, "camilan ransel" adalah sebuah kebajikan. Banyak profesor yang mengizinkan siswa mereka untuk makan di kelas juga! Camilan siap saji membuat Anda overindulging dan menghabiskan terlalu banyak uang untuk makanan cepat saji. Plus, granola bar atau trail mix hanya dapat menghemat hari selama sesi belajar di perpustakaan.

4. Berkomitmen untuk Fit dan Berolahraga Secara Teratur


Tidaklah mengherankan bahwa memasukkan kebugaran ke dalam jadwal perguruan tinggi adalah hal yang sulit. Lakukan upaya sadar untuk berolahraga seperti jogging setidaknya sekali atau dua kali seminggu. Sebagian besar universitas memiliki pusat kebugaran besar yang menawarkan kursus kelompok seperti pilates, bersepeda, menari, dan kickboxing. Jika gym tidak menjadi benteng Anda, cobalah olahraga baru atau berjalan-jalan di sekitar kampus. Memasukkan sesi lari pagi atau yoga ke dalam jadwal Anda akan membuat Anda merasa bersemangat dan cenderung untuk membuat keputusan yang lebih sehat sepanjang hari. Buat olahraga Anda menyenangkan dengan memvariasikan rutinitas dan daftar putar musik Anda. Jika Anda menganggap diri Anda sebagai orang yang kompetitif, mitra akuntabilitas akan membuat Anda termotivasi.

5. Batasi Minuman berkafein & Minum Lebih Banyak Air


Saat berjalan melalui kampus, Anda pasti akan melihat rekan-rekan dengan segelas kopi segar di tangan. Jika Anda tidur teratur dan sering berolahraga, Anda mungkin tidak perlu minuman pagi untuk memulai hari Anda. Teh hijau adalah alternatif yang bagus, mengandung setengah kafein kopi dan memberikan dorongan energi yang besar. Investasikan dalam botol air berkualitas untuk dibawa kemanapun Anda pergi. Jika Anda tidak terlalu suka minum air, menambahkan buah segar seperti stroberi atau lemon meningkatkan rasa dan memiliki manfaat kesehatan yang besar.

6. Extra hours make a difference: Get sleep — and lots of it


Jumlah tidur yang disarankan untuk kebanyakan generasi millennial adalah 7-9 jam, namun, mahasiswa jarang memenuhi kuota itu. Jika Anda dapat meluangkan waktu, tidur siang bekerja dengan sangat baik. Apakah itu berlangsung selama 10 menit atau lebih dari satu jam, tidur siang siang sangat penting. Jika memungkinkan, hindari semua-nighters (terutama sebelum hari ujian). Kurang tidur akan memiliki sikap Anda pada level 100 dan mengurangi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Sangat tidak mungkin Anda akan mempertahankan apa yang Anda coba pelajari pada pukul 4 pagi, jadi Anda lebih baik beristirahat malam yang nyenyak.


7. If it’s not a Definite Yes, it’s a No: Don’t Over-Commit


Manajemen waktu adalah aspek penting kehidupan kampus. Setelah berada di kampus, mudah untuk melakukan banyak tugas di berbagai klub, perkumpulan, dan tim. Agar berhasil mengelola waktu Anda, mulailah dengan memilih beberapa ekstrakurikuler inti yang menarik. Klub kampus adalah cara yang bagus untuk menjalin persahabatan dan membangun resume Anda. Jadwal kelas Anda mungkin tampak seperti Anda memiliki jam waktu luang setiap hari, tetapi jam-jam itu kemungkinan akan dihabiskan untuk membaca, menulis, dan belajar. Jangan takut untuk mengatakan tidak pada acara jika Anda memiliki kewajiban sebelumnya.

8. Indulgence is a Virtue


Seperti yang Kiesha Red katakan, “jika Anda ingin burger, makan burger!” Mempertahankan gaya hidup sehat di perguruan tinggi tidak berarti Anda harus melepaskan hal-hal yang Anda sukai. Jika Anda mengalami hari yang sangat menegangkan, berikan diri Anda istirahat dan lakukan sesuatu yang biasanya tidak Anda lakukan. Jangan takut untuk menghentikan rutinitas Anda untuk menonton beberapa episode drakor atau waktu sosial dengan teman. Pada akhirnya, kebahagiaan Anda adalah aspek terpenting dari pengalaman kuliah yang positif. Hiduplah dengan baik, jadilah baik dan nikmati hidup!

Related Posts

Punya pertanyaan? Mau request soal, jawaban, atau pembahasan? Silahkan berkomentar ⇛   

0 komentar untuk Tips Mahasiswa: 8 Cara Mudah untuk Tetap Sehat Ketika Sedang Kuliah

Silahkan berkomentar dengan sopan..