Tips Sukses Mengikuti Olimpiade Matematika (OSN & KSM)

Olimpiade Matematika saat ini adalah mode ujian yang sangat populer yang mengevaluasi keterampilan matematika Anda di tingkat sekolah yang berbeda. Ini adalah ujian tingkat nasional yang ruang lingkupnya berada di luar silabus sekolah. Memecahkan ujian Olimpiade di semua tahap memungkinkan Anda untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Matematika Internasional atau IMO yang bergengsi. Ujian khusus ini mempersiapkan siswa secara keseluruhan untuk ujian yang kompetitif di masa depan.

Cara Menjadi Juara Olimpiade Matematika


Saya telah menulis di bawah ini beberapa tips dasar yang dapat anda coba jika Anda berencana untuk untuk mengikuti Olimpiade Matematika.

https://www.tomatalikuang.com


Tips Dasar Mengikuti Olimpiade Matematika

  • Mengetahui Silabus
  • Anda harus memiliki pengetahuan terperinci tentang setiap topik yang termasuk dalam silabus.
  • Perbanyak latihan soal
  • Gunakan beberapa trik matematika untuk perhitungan. Dalam hal ini Anda dapat mengikuti kelas pelatihan osn.
  • Panduan resmi osn memberi Anda detail lengkap tentang olimpiade matematika, mekanisme ujian, tahapan, dan desain silabus yang tepat.
  • Ada berbagai situs web yang memungkinkan Anda mengikuti tes online untuk Olimpiade. Jika seorang siswa dengan cerdik menggunakan internet, maka ia dapat berlatih dengan baik untuk ujian Olimpiade yang akan datang dengan sukses.
  • Menyiapkan rutin untuk persiapan ujian tidak dapat memiliki alternatif yang lebih baik. Dalam hal ini semua topik silabus akan mendapat nilai yang sama pentingnya. Pengaturan rutin dan manajemen waktu yang cerdas adalah parameter terbaik untuk belajar.
  • Anda perlu mencatat masalah Anda dan kemudian berkonsultasi dengan panduan atau guru dan mengatasi berbagai kekurangan.


Olimpiade Matematika bukanlah ujian sekolah Anda yang harus Anda persiapkan. Di sekolah, jika Anda tidak mempersiapkan ujian sama sekali, Anda akan gagal dan akhirnya kehilangan satu tahun. Tidak demikian halnya dengan Olympiade. Jadi, ingat bahwa Olimpiade adalah ujian berbasis keterampilan ekstra kurikuler, dan perlakukan mereka sebagaimana adanya.

Math Olympiad adalah salah satu kompetisi yang paling populer & menarik untuk semua pecinta Matematika. Mimpi setiap siswa adalah untuk memecahkan Olimpiade Matematika & memberikan performa terbaiknya dalam kompetisi. Berikut adalah beberapa tips untuk mempesiapkan Olimpiade Matematika.

1. Ketahuilah Silabus Anda


Untuk memulainya, pahami silabus Anda dengan baik dan kumpulkan bahan belajar yang diperlukan. Hanya menelepon teman Anda untuk memastikan Anda tidak mengabaikan aspek kunci dari silabus. Ingat, "Kesadaran adalah titik awal dari setiap pencarian dan hasil dari setiap perjalanan."

2. Coba, Coba, dan Coba sampai Anda Berhasil


Itu selalu lebih baik untuk mengetahui kelemahan Anda dan mengusahakannya sampai menjadi kekuatan Anda. Setiap masalah harus dipraktekkan dan dipecahkan. Jika Anda menemukan topik tertentu lebih sulit, maka gunakan lebih banyak waktu untuk topik tersebut.


3. Uji pengetahuan Anda


Anda mendapatkan serangkaian tes online dengan mudah tersedia di internet. Ini memberikan pemeriksaan realitas tingkat yang dicapai dan mempersiapkan Anda untuk pertarungan nyata melawan waktu. Berlatih sampai Anda berpikir Anda sempurna.


4. Anda adalah Tuan dari Sikap Anda


Kombinasi sikap dan pengetahuan yang benar akan mengarah pada kesuksesan. Jadilah optimis dan percaya pada diri sendiri. Anda punya semua yang membuatnya menjadi pemenang. Belajarlah dengan cerdas, berlatihlah dengan keras dan rileks. Mungkin secangkir cokelat panas adalah yang Anda butuhkan.


5. Konsultasikan dengan Pengajar yang Baik


'Anak-anak membutuhkan bimbingan dan simpati lebih dari sekadar petunjuk'. Seorang guru yang baik akan meningkatkan proses pembelajaran dan tingkat kenyamanan dengan subjek. Anda dapat mendaftar online untuk bimbingan belajar di sebuah keran di Qriyo. Ini menawarkan kolam yang lebih luas dari tutor yang mapan dan mengurangi stres berkeliling untuk menemukan yang terbaik untuk anak Anda.

Tips Optimal Mengikuti Olimpiade Matematika


Saya berasumsi bahwa Anda adalah penggemar matematika yang sudah tahu tentang olimpiade. Jika Anda adalah seorang pemula, izinkan saya memulai dengan mengatakan bahwa agar berhasil dalam olimpiade ini Anda tidak hanya harus mahir dalam matematika tetapi Anda harus menyukai subjek dalam keseluruhannya dan menghargai keindahan di baliknya.

1) Ikuti berbagai situs berorientasi matematika yang sudah ada di internet; belajar untuk memecahkan masalah yang diberikan di sana secara analitis mengambil waktu Anda; masalah semacam ini membantu Anda menetapkan dasar untuk memahami kerumitan di balik masalah olimpiade. Dan tentu saja anda juga bisa berdiskusi dengan peminat olmpiade matematika lainnya.

Beberapa situs ini adalah:
a) Olimpiade.org : http://olimpiade.org/
b) Brilliant.org : https://brilliant.org/
c) Grup OSN Matematika di facebook : https://www.facebook.com/groups/pencintamatematika/
d) Kompetisi Olimpiade Matematika Terbuka (TOMI) : https://ktom.tomi.or.id/
d) Ikuti juga situs olimpiade yang berbeda dari semua negara yang mengambil bagian dalam IMO .... Anda akan menemukan beberapa yang bermanfaat pasti

2) Pertanyaan kedua dan yang paling sering ditanyakan adalah jenis buku apa yang harus diikuti. Percayalah pada saya, banyak orang akan memberikan banyak saran tentang buku mana yang harus diikuti dan kebanyakan dari mereka benar. Tetapi sekali lagi itu semua tergantung pada siswa seperti berapa banyak dia dapat belajar dari buku-buku itu.

Ada banyak buku bahsa indonesia, anda bisa mengeceknya di gramedia. Tapi, jika anda ingin buku yang lebih lengkap anda bisa menggunakan buku berbahasa inggris di bawah ini.

Beberapa yang direkomendasikan adalah:
a) Problem Solving Strategies by Arthur Engel
b) Mathematical Olympiad Challenges (Publisher : Birkhauser)
c) Challenges and Thrills of Pre College Mathematics
d) Elementary Number Theory (Jones)
e) Schaum’s Outline of Combinatorics
f) Problems in Plane Geometry by I.F.Sharygin (this book helps a lot)
and others

3) Perbanyak latihan soal.
Cobalah kerjakan berbagai soal olimpiade matematika seperti osn maupun soal olimpiade lainnya. Banyak di internet tersedia soal dan pembahasan berbagai kompetisi olimpiade matematika.

Ada banyak referensi di internet GRATIS, jadi semua tergantung Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel