7 LANGKAH SUKSES UNTUK MENJADI GURU MATEMATIKA

Sebagai seorang guru matematika, saya bahkan tidak dapat memberi tahu Anda berapa kali seorang siswa akan memaafkan karya matematika mereka yang buruk dengan komentar, "Yah, saya hanya bukan orang matematika." Apa yang lebih mengerikan, adalah ketika seorang PARENT akan memaafkan karya matematika siswa yang miskin dengan komentar, "Yah, saya bukan orang matematika, jadi dia bukan orang matematika." Tidak ada dua kategori orang matematika atau bukan orang matematika. Namun, saya percaya bahwa ada dua kategori orang yang tahu cara belajar matematika dan orang yang tidak tahu cara belajar matematika. Hal yang hebat adalah kategori ini fleksibel dan Anda dapat dengan mudah mengajarkan siswa-siswa Anda ke dalam kategori "Saya tahu cara belajar matematika". Berikut adalah 7 langkah untuk membantu siswa Anda menjadi sukses di kelas matematika.

1) Keterlibatan harian

Tekankan perbedaan antara keterlibatan dan partisipasi. Siswa yang berpartisipasi mungkin hanya menyalin catatan. Siswa yang terlibat dapat menyalin catatan dan mencoba menginternalisasi catatan dengan membuat koneksi. Keterlibatan mendorong penggunaan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Agar siswa dapat terlibat setiap hari, instruksi kelas Anda perlu meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

2) Belajar dari kesalahan

Dorong siswa untuk tidak pernah menghapus kesalahan. Sebaliknya biarkan mereka meninggalkan kesalahan mereka, dan dengan warna yang berbeda mereka dapat menandai dan menjelaskan kesalahan mereka. Terus model ini kepada siswa dengan menandai kesalahan Anda di papan tulis. Lingkungan yang aman diperlukan agar siswa merasa aman untuk melakukan langkah ini. Rayakan kesalahan sebagai langkah dalam belajar.

3) Ajukan pertanyaan kritis

Contoh pertanyaan non-kritis adalah, "Apa langkah selanjutnya?" Contoh pertanyaan kritis adalah, "Bagaimana rasio terhubung dengan keliling dari sebuah lingkaran?" Buat susunan kata-kata yang membantu membuat pertanyaan penting. Anda dapat mengajari mereka taksonomi Bloom, dan mengklasifikasikan pertanyaan yang berbeda untuk setiap level. Secara konsisten tunjukkan dan puji pertanyaan kritis di kelas.

4) Tunjukkan semua pemikiran Anda

Ajari siswa cara berbeda untuk menunjukkan pemikiran mereka. Ini dapat termasuk secara tertulis, dengan model, diagram, persamaan, ekspresi, dll ... Menampilkan perhitungan tergantung pada tingkat siswa. Ajarkan siswa untuk menulis dalam kalimat lengkap. Siswa harus memberi label pada model dan diagram mereka. Jangan menerima kualitas rendah dengan langkah ini. Secara konsisten mendorong para siswa untuk melakukan lebih banyak dan lebih banyak lagi. Mintalah mereka mengulang tugas berulang-ulang sampai mereka menunjukkan kualitas kerja.

5) Jangan berhemat

Siswa sering hanya ingin "diselesaikan" dengan masalah. Untuk membantu siswa agar tidak mengambil jalan pintas, berikan lebih sedikit masalah, tetapi perlu kualitas. Memotong sudut menyebabkan siswa membuat kesalahan dan tidak memikirkan masalah secara kritis.

6) Buat koneksi

Ketika siswa membuat koneksi mereka akan menyimpan informasi dengan lebih mudah. Banyak kali koneksi tidak jelas dan Anda perlu memandu mereka untuk menemukan koneksi yang berbeda. Koneksi antara aljabar dan geometri sangat penting untuk memahami matematika tingkat yang lebih tinggi. Secara konsisten dorong mereka untuk menemukan koneksi.

7) Bersikaplah rendah hati

Kerendahan hati sangat penting bagi siswa untuk belajar matematika. Para siswa yang berpikir mereka "cerdas" sering kali adalah para siswa yang belajar dengan sangat cepat, terutama karena mereka dapat menghafal. Para siswa ini sering tidak berpikir mereka perlu menjelaskan pemikiran mereka, karena mereka sudah memiliki jawaban yang benar. Jangan biarkan para siswa ini mengambil jalan pintas. Dorong siswa-siswa ini untuk meminta keterampilan berpikir tingkat tinggi. Para siswa yang berjuang sering tidak ingin Anda tahu bahwa mereka akan berjuang, sehingga mereka akan menghapus kesalahan dan mencoba menutupi kelemahan mereka. Memiliki lingkungan positif yang menghargai kesalahan akan membantu para siswa ini.

0 Response to "7 LANGKAH SUKSES UNTUK MENJADI GURU MATEMATIKA"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik..