Breaking

Sabtu, 15 Desember 2018

CARA MEMBUAT PERTANYAAN HOTS UNTUK BIDANG MATEMATIKA (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)

Banyak guru matematika yang tahu bahwa mereka perlu meningkatkan kualitas masalah matematika di kelas mereka, tetapi tidak yakin bagaimana melakukannya. Saya diajarkan strategi hebat dan ingin berbagi dengan sesama guru matematika saya.

Guru sering diberi buku pelajaran matematika untuk mengajar, dan sayangnya, pertanyaan terbuka kadang tidak terdapat dari mayoritas buku pelajaran matematika. Namun, mengubah masalah matematika umum menjadi pertanyaan terbuka sangat bisa dilakukan. Ini adalah gagasan yang telah saya ajarkan yang telah membantu meningkatkan ketelitian di kelas matematika saya. Ambil soal matematika umum dan balikkan pertanyaan dan jawabannya. Siswa dapat membuat pertanyaan dengan jawaban yang diberikan. Ambil masalah satu langkah lebih jauh dengan meminta mereka membenarkan jawaban mereka baik melalui tulisan atau pemodelan (atau keduanya.)

Misalnya, pertanyaan matematika umum mungkin sebagai berikut: "Tentukan volume kotak dengan tinggi 3 cm, lebar 5 cm, dan panjang 10 cm." Jika Anda akrab dengan Taksonomi Bloom, saya akan menyarankan ini jatuh ke dalam kategori "pengetahuan". Siswa cukup mengingat algoritma dan menghitung jawabannya. Meskipun saya percaya pertanyaan-pertanyaan ini memiliki tempat mereka di kelas matematika, mereka harus berada dalam minoritas. Bagaimana jika Anda malah mengubah pertanyaan menjadi ini, "Buat kotak yang memiliki volume 150 cm kubik." Tiba-tiba pertanyaan ini sekarang jatuh ke dalam kategori "sintesis", yang dianggap sebagai keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Berikut ini contoh lain: Alih-alih, "Selesaikan persamaan berikut 3x + 2 = 11," balikkan pertanyaan dan katakan, "Buat persamaan satu variabel di mana konstanta variabelnya sama dengan 3. Tulis persamaan Anda dalam dua cara berbeda."

Contoh lain: "Temukan rata-rata 12, 15, 18, 20, dan 30." Balik pertanyaan dan jawab dan tanyakan, "Berapa lima angka yang memiliki rata-rata 19 dan kisaran 18? Jelaskan alasan Anda."

Contoh terakhir: "Sederhanakan persamaan 2 (x + 1) + 4." Ubah masalah ini menjadi "Tulis tiga persamaan yang apabila disederhanakan menjadi 2x + 6. Buktikan bahwa persamaan Anda semua setara."

Membalikkan pertanyaan memang membutuhkan waktu, dan kadang-kadang itu "lebih mudah" untuk menetapkan masalah dasar. Ingat, bagaimanapun, bahwa memiliki siswa memecahkan masalah dan memahami matematika akan membutuhkan lebih sedikit ulasan dan retensi yang lebih baik. Saya dapat meyakinkan Anda bahwa melakukannya pasti akan bernilai waktu Anda.

Jika Anda ingin memulai dengan menggunakan pertanyaan terbuka di kelas matematika Anda, berikut adalah beberapa tugas hebat untuk memulai. Mereka bekerja dengan sangat baik pada akhir tahun untuk membuat siswa Anda terlibat, atau kapan saja sepanjang tahun untuk membantu siswa Anda memahami matematika.
Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik..