Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

[Updated Desember 2020] Download Aplikasi e-Rapor SMK Versi Terbaru V.5.11

Dibawah ini adalah download installer dan updater / pembaruan / patch aplikasi erapor smk versi terbaru v5.11

Download Aplikasi E-Rapor SMK Versi Terbaru

Peningkatan kualitas layanan pendidikan merupakan salah satu agenda prioritas pembangunan pendidikan nasional, sebagaimana telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019.
Di samping tersedianya kurikulum yang handal, salah satu aspek terpenting dalam upaya menjamin kualitas layanan pendidikan adalah menyediakan sistem penilaian yang komprehensif sesuai dengan standar nasional pendidikan yang telah ditetapkan.
Untuk itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Ditjen Dikdasmen dan Balitbang telah menyusun Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah.
Dalam rangka pengendalian mutu penilaian, Direktorat Pembinaan SMK mengembangkan aplikasi berbasis web ”e-Rapor SMK” yang berlaku untuk Kurikulum KTSP 2006 dan KTSP 2013.
Aplikasi e-Rapor yang dikembangkan saat ini adalah perangkat lunak berbasis web untuk mempermudah pendidik dan satuan pendidikan mengimplementasikan Permendikbud tersebut.
Download Aplikasi E-Rapor SMK versi terbaru
Dalam rangka pengendalian mutu penilaian, Direktorat Pembinaan SMK mengembangkan aplikasi "e-Rapor SMK" yang mengimplementasikan Panduan Penilaian secara utuh pada seluruh kurikulum SMK yang berlaku. Aplikasi e-Rapor SMK dikembangkan bersama-sama dengan guru dan praktisi pendidikan untuk memudahkan guru dalam melaksanakan penilaian tanpa bertentangan dengan Panduan Penilaian. Pada pertengahan tahun ini aplikasi e-Rapor SMK telah dikembangkan hingga versi 5.0. Meskipun begitu rilisnya membutuhkan waktu yang cukup panjang mengingat adanya update dari aplikasi Dapodik. Semoga aplikasi ini bisa bermanfaat dan dapat diimplementasikan di seluruh SMK di Indonesia.

Daftar Fitur di versi 5

  1. Rule pengguna
    • Asesor
    • Penguji internal dan eksternal UKK
    • Kepala Program
  2. Perencanaan, penilaian dan cetak sertifikat UKK
  3. Penilaian prakerin mengambil referensi dari dapodik jadi tidak bisa manual input referensi di eraporsmk
  4. Pembaharuan cetak rapor UTS
  5. Penambahan beberapa tabel dan perubahan beberapa field di Database
  6. Penyesuaian dengan teknologi terbaru
Anda bisa mendownloadnya di link dibawah ini :

Link Download Aplikasi E-Rapor SMK Versi 5.0

Bapak/Ibu dapat mengunduh Installer aplikasi e-Rapor ini melalui link berikut :
Catatan: Cara mengupdate ke versi terbaru, bisa dibaca di bagian bawah postingan ini.

Panduan e-Rapor SMK Versi 5.0: Link
Installer e-Rapor SMK Versi 5.0:

Cara Mengupdate Aplikasi e-Rapor SMK Versi Terbaru 5.11

Kepada semua pengguna aplikasi e-Rapor SMK, pembaharuan versi 5.1.1 telah dirilis. Silahkan lakukan pembaharuan aplikasi e-Rapor SMK Anda melalui menu Cek Pembaharuan untuk memulai penginputan nilai di tahun pelajaran 2020/2021 semester ganjil.

Di versi 5.1.1 ini, proses pengambilan data Dapodik berbeda dari versi-versi sebelumnya yang dilakukan secara langsung di dalam aplikasi e-Rapor SMK. Kali ini harus dilakukan menggunakan aplikasi tersendiri yang terpisah dari aplikasi e-Rapor SMK yang diberi nama eRapor SMK Synchronizer yang saat ini tersedia untuk di unduh di link http://bit.ly/erapor-synchronizer.

Aplikasi eRapor SMK Synchronizer harus dijalankan di PC/Laptop yang sudah terinstall Dapodik versi 2021.a. Jika tidak satu PC/Laptop dengan Dapodik, maka aplikasi eRapor SMK Synchronizer tidak akan dapat digunakan.

Setelah berhasil mengunduh file eRapor SMK Synchronizer, silahkan di extract di drive C:\, hasil extract akan menjadi seperti gambar dibawah ini:

Jalankan (double click) file erapor-synchronizer.exe yang terdapat di dalam folder erapor-synchronizer hasil extract.

eRapor SMK Synchronizer

Setelah tampil jendela seperti gambar di atas, silahkan pilih sekolah Anda kemudian masukkan URL (alamat) e-Rapor SMK yang Anda pakai. Isi URL sesuai dengan contoh yang tertera.

Setelah memilih sekolah dan mengisi URL, silahkan klik tombol Tes Koneksi untuk melakukan pengecekan URL atau alamat yang Anda masukkan.

Bagi pengguna e-Rapor SMK baru, akan tampil seperti gambar dibawah ini:

eRapor SMK Synchronizer untuk pengguna baru

Sebelum mengklik tombol Registrasi Pengguna eRapor SMK, silahkan isi token Web Service Dapodik. Untuk detil pembuatan token Web Service Dapodik dan installer e-Rapor SMK versi 5.1.1 akan di pasang di artikel yang akan datang. Saat ini kami sedang melakukan uji coba installer versi 5.1.1.

Bagi pengguna yang sudah memakai aplikasi e-Rapor SMK dari versi-versi sebelumnya, tampilannya seperti gambar dibawah ini:

eRapor SMK Synchronizer untuk pengguna lama

Silahkan klik tombol Kirim Data Dapodik ke eRapor SMK dan tunggu sampai proses pengiriman data Dapodik selesai. Tampilan ketika proses pengiriman sedang berjalan dan setelah selesai seperti dibawah ini:

Proses pengiriman data Dapodik ke eRapor SMK sedang berjalan
Proses pengiriman data Dapodik ke eRapor SMK selesai

Semoga artikel ini bermanfaat.

Jika ada yang mengalami kendala, silahkan tinggalkan komentar atau menghubungi Tim Helpdesk.

Untuk pertanyaan yang bersifat teknis dapat melalui aplikasi WhatsApp di nomor berikut
  1. Helpdesk 1 (08156441864)
  2. Helpdesk 2 (081229997730)
  3. Helpdesk 3 (082113057512)
  4. Helpdesk 4 (082174508706)
  5. Helpdesk 5 (082134924288)
  6. Helpdesk 6 (08174144627)
Sebagaimana kami selalu sampaikan bahwa aplikasi e-Rapor SMK merupakan aplikasi milik bersama, maka terbuka kemungkinan bagi warga SMK untuk mengembangkan aplikasi ini. Direktorat Pembinaan SMK sebagai pengembang standar aplikasi penilaian pun tidak memburu ketenaran, tetapi KEMANFAATAN bagi seluruh warga SMK.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Posting Komentar untuk "[Updated Desember 2020] Download Aplikasi e-Rapor SMK Versi Terbaru V.5.11"

Dapatkan File Soal dan Pembahasan Gratis di Alamat Email mu !