[Updated Juni 2020] Download Aplikasi e-Rapor SMK Versi Terbaru V.5.08

Dibawah ini adalah aplikasi erapor smk versi 5.0.8

Download Aplikasi E-Rapor SMK Versi Terbaru

Peningkatan kualitas layanan pendidikan merupakan salah satu agenda prioritas pembangunan pendidikan nasional, sebagaimana telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019.
Di samping tersedianya kurikulum yang handal, salah satu aspek terpenting dalam upaya menjamin kualitas layanan pendidikan adalah menyediakan sistem penilaian yang komprehensif sesuai dengan standar nasional pendidikan yang telah ditetapkan.
Untuk itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Ditjen Dikdasmen dan Balitbang telah menyusun Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah.
Dalam rangka pengendalian mutu penilaian, Direktorat Pembinaan SMK mengembangkan aplikasi berbasis web ”e-Rapor SMK” yang berlaku untuk Kurikulum KTSP 2006 dan KTSP 2013.
Aplikasi e-Rapor yang dikembangkan saat ini adalah perangkat lunak berbasis web untuk mempermudah pendidik dan satuan pendidikan mengimplementasikan Permendikbud tersebut.
Download Aplikasi E-Rapor SMK versi terbaru
Dalam rangka pengendalian mutu penilaian, Direktorat Pembinaan SMK mengembangkan aplikasi "e-Rapor SMK" yang mengimplementasikan Panduan Penilaian secara utuh pada seluruh kurikulum SMK yang berlaku. Aplikasi e-Rapor SMK dikembangkan bersama-sama dengan guru dan praktisi pendidikan untuk memudahkan guru dalam melaksanakan penilaian tanpa bertentangan dengan Panduan Penilaian. Pada pertengahan tahun ini aplikasi e-Rapor SMK telah dikembangkan hingga versi 5.0. Meskipun begitu rilisnya membutuhkan waktu yang cukup panjang mengingat adanya update dari aplikasi Dapodik. Semoga aplikasi ini bisa bermanfaat dan dapat diimplementasikan di seluruh SMK di Indonesia.

Daftar Fitur di versi 5

  1. Rule pengguna
    • Asesor
    • Penguji internal dan eksternal UKK
    • Kepala Program
  2. Perencanaan, penilaian dan cetak sertifikat UKK
  3. Penilaian prakerin mengambil referensi dari dapodik jadi tidak bisa manual input referensi di eraporsmk
  4. Pembaharuan cetak rapor UTS
  5. Penambahan beberapa tabel dan perubahan beberapa field di Database
  6. Penyesuaian dengan teknologi terbaru
Anda bisa mendownloadnya di link dibawah ini :

Link Download Aplikasi E-Rapor SMK Versi 5.0

Bapak/Ibu dapat mengunduh Installer aplikasi e-Rapor ini melalui link berikut :
Catatan: Cara mengupdate ke versi terbaru, bisa dibaca di bagian bawah postingan ini.

Panduan e-Rapor SMK Versi 5.0: Link
Installer e-Rapor SMK Versi 5.0:

Cara Mengupdate Aplikasi e-Rapor SMK Versi Terbaru 5.0.8

Kepada semua pengguna aplikasi e-RaporSMK, pembaharuan versi 5.0.8 telah dirilis. Untuk proses pembaharuan versi 5.0.8 ini agak sedikit berbeda dari proses pembaharuan di versi-versi sebelumnya, karena ada beberapa module baru yang ditambahkan dan tidak bisa langsung di perbaharui melalui aplikasi. Kami sebagai tim pengembang mohon maaf yang sebesar-besarnya jika hal ini kurang berkenan di hati Bapak/Ibu Pengguna aplikasi e-Rapor SMK.
Bagi pengguna aplikasi e-Rapor SMK yang menggunakan server windows, Anda harus pastikan aplikasi Composer sudah terinstall di server. Panduan install Composer dapat dipelajari di link berikut:
Untuk memastikan aplikasi Composer sudah terinstall di server, buka command prompt dan ketik:
composer -V
Cek Versi Composer
Cek Versi Composer
Untuk mencegah terjadinya error saat melakukan update nantinya (Content-length mismatch, Downloader TranssportException, dsb ), jalankan perintah berikut (jika mengetik secara manual, pastikan persis sama seperti contoh di bawahnya, atau gunakan copy-paste jika memungkinkan):
composer config -g repo.packagist composer https://packagist.org
lalu
composer config -g github-protocols https ssh
Tampilan konfigurasi composer
Setelah composer sukses terinstall di server, selanjutnya backup terlebih dahulu folder dataweb yang berada di C:\eRaporSMK\dataweb kemudian silahkan unduh Source Code pembaharuan versi 5.0.8 di link berikut:
Download e-Rapor SMK V.5.0.8 Github
Download e-Rapor SMK V.5.0.8 Github
Setelah berhasil mengunduh source code pembaharuan versi 5.0.8, silahkan ekstrak terlebih dahulu kemudian masuk ke folder hasil download dan hapus file database.php yang berada di folder eraporsmk-master\config\database.php
File database.php
File database.php
Setelah menghapus file database.php, kembali ke folder eraporsmk-master kemudian Select All (Ctrl + A), Copy (Ctrl + C) dan masuk ke folder aplikasi e-Rapor SMK di install yakni di C:\eRaporSMK\dataweb. Paste (Ctrl + V) hasil copy tadi. Jika ada notifikasi untuk mereplace folder dan file, pilih Replace All.
Selanjutkan buka kembali Command Prompt dan ketik perintah berikut:
cd C:\eRaporSMK\dataweb
Tekan tombol enter pada keyboard, kemudian ketik perintah berikut:
composer update
Tekan tombol enter kembali. Dan tunggu beberapa saat sampai proses update selesai. Proses composer update membutuhkan waktu tergantung dari kecepatan koneksi internet yang pakai, dan bisa cukup lama karena banyaknya komponen baru yang perlu diunduh.
Proses Composer Update
Proses composer update selesai apabila sudah ada tulisan Package manifest generated successfully di Command Prompt.
Sampai disini proses update aplikasi e-Rapor SMK sudah selesai. Silahkan akses kembali aplikasi e-Rapor SMK di browser.
Jika versi aplikasi masih terbaca 5.0.7, silahkan login admin terlebih dahulu, kemudian akses link ini di browser:
Tunggu beberapa sampai muncul text sukses di browser. Cek kembali di halaman admin versi aplikasinya. Jika semua proses sudah dijalankan sesuai panduan, bisa dipastikan versi aplikasi akan terupdate menjadi 5.0.8.
Jika ada hal yang kurang dipahami, silahkan tanyakan di komentar.
Catatan:
Untuk pengguna server linux, panduan update manual aplikasi e-Rapor SMK bisa dilihat di bawah ini.

Cara Mengupdate Aplikasi e-Rapor SMK Versi Terbaru 5.0.8 di LINUX

Tutorial berikut ini disusun dengan asumsi Anda sebelumnya menginstall eRapor SMK menggunakan tutorial https://seputar.erapor-smk.net/2019/10/22/tutorial-instalasi-erapor-smk-v5-0-0-di-linux/ sebelum versi 5.0.8 dirilis. Penggunaan distro dan versi sistem operasi yang berbeda mungkin membutuhkan langkah yang berbeda pula. Tutorial berlaku untuk update dari versi 5.0.0 hingga 5.0.7

Login ke CLI melalui SSH menggunakan puTTY

Pastikan Anda bisa login ke sistem pada antarmuka CLI (Command Line Interface) melalui puTTY, dan berada di home directory user reguler yang Anda miliki. (Pada contoh ini, user reguler adalah erapor, sehingga home directory-nya adalah /home/erapor)
berhasil login dengan user erapor

Clone rilis terbaru eRapor SMK dari GitHub

Lakukan clone eRapor SMK terbaru dari GitHub dengan perintah:
$ git clone --depth=1 https://github.com/eraporsmk/eraporsmk.git erapor508
berikut adalah contoh outputnya:
contoh output git clone
Timpakan isi directory erapor508 ke versi lama
$ sudo cp -rT erapor508 /var/www/erapor5
Ubah kepemilikan directory /var/www/erapor5 beserta isi yang baru ditambahkan menjadi milik user dan group www-data:
$ sudo chown -R www-data:www-data /var/www/erapor5

Lakukan update menggunakan composer

Pindah ke directory yang baru saja Anda timpa, lalu jalankan composer update dengan perintah berikut, tunggu hingga semuanya selesai:
$ cd /var/www/erapor5
$ sudo -u www-data composer update 
Jika berjalan dengan lancar, akhir dari perintah tersebut kurang lebih seperti ini:
Jalankan perintah untuk migrate database:
$ sudo -u www-data php artisan migrate
Output akan berbeda-beda menyesuaikan dari versi berapa Anda mengupdate eRapor SMK

Akses aplikasi di browser

Saat ini jika Anda mengakses aplikasi di browser, kemungkinan versi aplikasi yang tampil di halaman login belum berubah (masih versi lama). Login sebagai admin, maka kemungkinan akan muncul notifikasi ada pembaharuan seperti ini:
Anda bisa melanjutkannya sebagai proses update biasa, atau mengeksekusi update melalui http://192.168.0.10/check-update/proses (IP address sesuaikan dengan setting di server Anda). Setelah ini seharusnya aplikasi eRapor SMK Anda sudah menjadi versi 5.0.8
Untuk pertanyaan yang bersifat teknis dapat melalui aplikasi WhatsApp di nomor berikut
  1. Helpdesk 1 (08156441864)
  2. Helpdesk 2 (081229997730)
  3. Helpdesk 3 (082113057512)
  4. Helpdesk 4 (082174508706)
  5. Helpdesk 5 (082134924288)
  6. Helpdesk 6 (08174144627)
Sebagaimana kami selalu sampaikan bahwa aplikasi e-Rapor SMK merupakan aplikasi milik bersama, maka terbuka kemungkinan bagi warga SMK untuk mengembangkan aplikasi ini. Direktorat Pembinaan SMK sebagai pengembang standar aplikasi penilaian pun tidak memburu ketenaran, tetapi KEMANFAATAN bagi seluruh warga SMK.

Posting Komentar

0 Komentar