Download Silabus & Kisi-kisi OSN Matematika SMA Tahun 2019 (Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional)

PANDUAN PEDOMAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA (OSK OSP OSN) TAHUN 2019

Dibawah ini adalah silabus atau kisi-kisi osk osp osn matematika sma tahun 2019.

Seperti umumnya kompetisi matematika yang serius, Olimpiade Sains Nasional Matematika SMA/MA mengukur secara langsung tiga aspek berikut:
  • pemecahan masalah (problem solving)
  • penalaran (rmsming)
  • komunikasi tertulis. 

Oleh karena itu, persiapan calon peserta OSN semestinya berorientasi kepada peningkatan kemampuan dalam ketiga aspek tersebut

Pemecahan masalah dipahami sebagai pelibatan diri dalam masalah tidak-rutin (nanomutine problem), yaitu masalah yang metode penyelesaiannya tidak diketahui di muka. Masalah tidak-rutin menuntut pemikiran produktif seseorang untuk menciptakan (im'tnt) strategi, pendekatan dan teknik untuk memahami dan menyelesaikan masalah tersebut Pengetahuan dan ketrampilan saja tidak cukup. Ia harus dapat memilih pengetahuan dan ketrampilan mana yang relevan, meramu dan memanfaatkan hasil pilihannya itu untuk menangani masalah tidak-rutin yang dihadapinya.

Boleh jadi seseorang secara intuitif dapat menemukan penyelesaian dari masalah matematika yang dihadapinya. Bagaimana ia dapat meyakinkan dirinya (dan orang lain) bahwa penyelesaian yang ditemukannya itu memang penyelesaian yang benar? Ia harus memberikan justifikasi (pembenaran) untuk penyelesaiannya itu. Justifikasi yang dituntut disini mestilah berdasarkan penalanm mtenmtika yang hampir selalu berarti penalaran deduktif. Peserta OSN Matematika SMA/MA perlu menguasai teknik-teknik pembuktian seperti bukti langsung bukti dengan kontradiksi, kontraposisi, dan induksi
matematika

OSN Matematika SMA/MA berbentuk tes tertulis. Oleh karena itu, peserta perlu memiliki kemampuan berkomunikasi secara tertulis. Tulisan haruslah efektif, yaitu dapat dibaca dan dimengerti orang lain serta menyatakan dengan tepat apa yang dipikirkan penulis.

Selain itu, OSN Matematika SMA/MA adalah tes dengan waktu terbatas. Ini berarti bahwa peserta harus dapat melakukan ketiga hal di atas secara efisien.

Sebelum seseorang diundang untuk menjadi peserta (OSN Matematika SMA/MA, ia harus melewati setidaknya dua saringan terlebih dahulu. yaitu:
  1. Seleksi tingkat kota/kabupaten, berupa tes dengan format isian singkat. Banyaknya soal adalah 20 soal dengan bobot yang sama. Tes ini hanya menguji kemampuan pemecahan masalah.
  2. Seleksi tingkat propinsi, berupa tes dengan format isian singkat dan uraian. Ada 20 soal isian singkat dan 5 soal uraian. Setiap soal isian singkat bernilai 1 angka, sedangkan setiap soal uraian bernilai 7 angka. Ketiga kemampuan pemecahan masalah, bernalar dan berkomunikasi mulai diuji pada tingkat ini. Kemampuan pemecahan masalah tetap menjadi fokus pada seleksi ini.

Download Pedoman: Silabus dan Kisi-kisi OSK OSP OSN Matematika SMA Tahun 2019

Anda bisa mendownloadnya disini.

0 Response to "Download Silabus & Kisi-kisi OSN Matematika SMA Tahun 2019 (Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional)"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik..