Juknis FLS2N SMA 2019 (Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019)

Dibawah ini adalah link download petunjuk teknis (juknis) dan pedoman kegiatan festival dan lomba seni siswa nasional (FLS2N) tahun 2019 untuk tingkat sekolah menengah atas (sma).
pedoman juknis fls2n sma 2019, tomatalikuang.com

Pedoman - Juknis FLS2N SMA Tahun 2019

Lomba Siswa SMA 2019Alhamdulilah, akhirnya penyusunan buku pedoman ini telah selesai.
Buku ini dapat tersusun berkat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah bekerja keras di tengah-tengah kesibukannya. Terima kasih juga disampaikan kepada para pembina/juri FLS2N yang telah menyumbang gagasan sehingga buku ini terwujud.
Penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) pada tahun 2019 ini adalah yang ke-16. Artinya, FLS2N sudah 16 tahun diadakan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2019 ini Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas kembali menyelenggarakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Telah diputuskan bahwa FLS2N tahun 2019 akan diadakan di Provinsi Lampung. FLS2N diselenggarakan selain untuk memfasilitasi peserta didik agar berprestasi di bidang seni, juga untuk membentuk kepribadian dan karakter yang baik sesuai dengan kebijakan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang senantiasa memperhatikan bakat dan minat peserta didik. Adapun bidang seni yang dilombakan dalam FLS2N tahun 2019 adalah seni pertunjukan dan seni penciptaan. Bidang seni pertunjukan mencakup seni baca puisi, gitar solo, tari kreasi, teater monolog, dan vokal solo sedangkan bidang seni penciptaan mencakup seni cipta puisi, desain poster, film pendek, dan kriya.
Tema besar FLS2N tahun 2019 adalah “Bersama dalam seni.” Dengan tema tersebut, diharapkan terbentuk karakter siswa SMA yang jujur, optimis, dan memiliki semangat kebersamaan yang tinggi dalam mewujudkan bangsa dan negara yang kuat serta berdaulat. Dengan kata lain, melalui berbagai lomba seni, kita satukan dan kukuhkan semangat kebersamaan dalam membangun bangsa dan negara.
Dalam buku ini, disampaikan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan FLS2N sebagai pedoman bagi penyelenggara FLS2N di tingkat daerah dan panduan bagi peserta didik agar dapat berpartisipasi sesuai dengan bidang lomba seni yang dipilih/diikuti. Akhir kata, semoga penyelenggaraan FLS2N tahun 2019 makin baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Kategori Lomba (Klasifikasi Seni yang Dilombakan)

Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dengan kategori sebagai berikut:
  1. Pertunjukan Seni pertunjukan adalah seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Seni pertunjukan melibatkan empat unsur, yaitu waktu, ruang, seniman, dan penonton. Dalam FLS2N di tingkat SMA, materi seni pertunjukan dapat dipersiapkan di provinsi masing-masing. Bidang yang dilombakan adalah baca puisi, gitar solo, monolog, tari kreasi, dan vokal solo.
  2. Penciptaan Penciptaan karya seni berupa ekspresi yang berunsur keindahan yang diungkapkan melalui media yang bersifat nyata dan dapat dinikmati oleh indra. Pada FLS2N di tingkat SMA, pengetahuan, wawasan, bahan, dan peralatan peserta dipersiapkan di masing-masing provinsi sesuai dengan tema yang tertera pada buku pedoman. Soal akan diberikan pada saat lomba. Bidang yang dilombakan adalah cipta puisi, desain poster, film pendek, dan kriya. Prestasi akademik dan nonakademik yang diraih melalui pendidikan yang bermutu memerlukan Pedoman Festival & Lomba Seni Siswa Nasional Tahun 2019 5 pengembangan kecerdasan secara komprehensif dan bermakna. Aspek-aspeknya meliputi:
    1. olah hati (cerdas spiritual) untuk memperteguh keimanan dan ketakwaan, meningkatkan akhlak mulia, budi pekerti atau moral, membentuk kepribadian yang unggul, membangun kepemimpinan dan kewirausahaan (entrepreneurship),
    2. olah pikir (cerdas intelektual) untuk membangun kompetensi dan kemandirian ilmu pengetahuan dan teknologi,
    3. olah rasa (cerdas emosional dan sosial) untuk meningkatkan sensitivitas, daya apresiasi, daya kreasi, serta daya ekspresi seni dan budaya, dan 
    4. olahraga.

Download Pedoman - Juknis FLS2N SMA Tahun 2019

Anda bisa mendownloadnya pada link dibawah ini:
Pedoman_Juknis_FLS2N_SMA_2019.pdf
atau bisa langsung anda baca lihat langsung dibawah ini:


Download

Demikian Juknis FLS2N SMA 2019 (Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019). Semoga bermanfaat.

Share this