Rabu, 29 Januari 2020

Jadwal KSN SD Tahun 2020 (Jadwal OSN SD 2020)

Dibawah ini adalah jadwal pelaksanaan kompetisi sains nasional (ksn) sekolah dasar (sd) tahun 2020 tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.
jadwal ksn sd 2020; jadwal osn sd 2020; www.tomatalikuang.com

Jadwal KSN (OSN) SD Tahun 2020

Jadwal KSN SD - Pada kesempatan kali ini tomatalikuang.com membagikan hari dan tanggal pelaksanaan kompetisi sains nasional tingkat sekolah dasar (ksn-sd) tahun 2020.

Baca juga: 
  1. Download Juklak KSN-SD Tahun 2020
  2. Silabus KSN-SD 2020 Bidang IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
  3. Silabus KSN-SD (2020) Bidang matematika

Jadwal KSN (OSN) SD 2020 Tingkat Kecamatan

Seleksi tingkat kecamatan menentukan masing-masing 3 (tiga) orang peserta didik terbaik tiap bidang (Matematika dan IPA) untuk dikirim pada seleksi KSN tingkat kabupaten/ kota.

Jadwal KSN (OSN) SD 2020 Tingkat Kabupaten/Kota

  • Seleksi tingkat kabupaten/kota dilaksanakan secara serentak pada bulan Februari 2020.
  • Pemenang seleksi KSN tingkat kabupaten/kota adalah 3 (tiga) peserta terbaik bidang Matematika dan tiga peserta terbaik bidang IPA yang ditunjukkan dengan surat keputusan kepala dinas pendidikan kabupaten/kota untuk mengikuti seleksi KSN tingkat provinsi.


Jadwal KSN (OSN) SD 2020 Tingkat Provinsi

  • Seleksi tingkat provinsi dilaksanakan pada bulan April 2020.
  • Hasil seleksi diumumkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar pada bulan Mei 2020.
  • Daftar nama peserta KSN-SD tingkat nasional tahun 2020 ditetapkan dengan Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar.

Jadwal KSN (OSN) SD 2020 Tingkat Nasional

  1. KSN-SD tingkat nasional dilaksanakan pada bulan 21 s.d. 27 Juni 2020 di Surabaya, Jawa Timur.
  2. Untuk masing-masing bidang akan disediakan 3 trofi sebagai berikut:
    • Hasil tes teori terbaik (best theory), eksplorasi terbaik (best exploration), dan peserta terbaik (best overall) bidang Matematika.
    • Hasil tes teori terbaik (best theory), eksperimen terbaik (best experiment), dan peserta terbaik (best overall) bidang IPA.
  3. Untuk masing-masing bidang disediakan 5 medali emas, 10 medali perak, dan 15 medali perunggu.
  4. Seluruh peraih medali dan trofi mendapatkan uang pembinaan dan piagam penghargaan.
  5. Seluruh peserta mendapatkan sertifikat dan beasiswa bakat dan prestasi.

Demikian artikel tentang Jadwal KSN SD Tahun 2020 (Jadwal OSN SD 2020). Semoga bermanfaat :)

10 komentar:

  1. Apakah sudah ada mekanisme double check / monitoring atas pelaksanaan di lapangan termasuk penilaian hasil osn dari setiap tingkat?

    BalasHapus
  2. Hal ini ditanyakan karena melihat pelaksanaan untuk kelas sd di salah satu Kecamatan di Tangerang menggunakan metode pendekatan 3 peserta didik duduk di dalam 1 meja dan penilaian hasil akhirnya dihitung secara berkelompok dari 3 peserta tersebut yang langsung diinformasikan pada hari yang sama. Mungkin hal ini dapat dievaluasi kembali, sehingga pelaksanaan di kemudian waktu dapat lebih disempurnakan.

    BalasHapus
  3. Ternyata pelaksanaan osn-sd tingkat kecamatan tahun 2020 ini di Tangerang tidak diadakan bersamaan di tanggal 12 Feb tetapi ada juga yang diadakan di tanggal 14 Feb. Pelaksanaan di tanggal 12 Feb lalu ada salah satu kecamatan melaksanakannya dengan berkelompok yang terdiri dari 3 orang dengan penilaian juga berdasakan kelompok. Sedangkan pelaksanaan osn tingkat sd di salah satu kecamatan di tangerang diadakan secara individu dengan penilaian juga secara individu. Dengan perbedaan metode ini, memang ada hal positif dan negatif tetapi hasil penilaian berkelompok ini tepat dapat mewakili kemampuan dari anak tersebut sedangkan di kabupaten maupun propinsi adalah mewakili secara individu? Menurut saya pelaksanaan osn tingkat sd 2020 di salah satu kecamatan di tangerang ini perlu dievaluasi kembali. Kasihan anak2 yang sebenarnya berprestasi tetapi karena metode yang digunakan tidak tepat akhirnya mematahkan kesempatan mereka. Kiranya bapak menteri pendidikan kita yang kita hormati, bapak Nadiem Makarin dapat melihat adanya kekurangan dari pelaksaanan awal osn tingkat sd ini yang masih perlu juga disempurnakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah seperti ini, saya sarankan untuk menghubungi pihak kemendikbud langsung..

      Hapus
  4. kami menunggu jadwal resmi utk pelaksanaan KSN SD tingkat kabupaten, karena naskah soal sampai saat ini belum bisa diambil.
    Mohon info kapan bisa kita Parani naskah soal dimaksud.
    Terima kasih

    BalasHapus
  5. Rencana kami laksanakan tgl 24-25 feb 2020 utk tingkat kabupaten, tapi ada info naskah soal bisa diambil kira2 tgl 5 Maret
    Apa betul ?
    Mohon penjelasan

    BalasHapus
  6. Apakah dapat diinfo ksk sd diadakan di sekolah mana?

    BalasHapus
  7. Yang ksn sd yang penilaiannya dilakukan pendekatan perkelompok 3 anak2 di tgl 12 feb lalu itu seleksi kecamatan pagedangan. Mgkn tata laksanannya demikian, tetapi ada dampak negatinya. Juara 2 dan juara 3 tidak dapat mewakili ke kabupaten. Karena untuk ke kabupaten adalah 3 terbaik dari masing bidang ilmu. Jadi ada dampak positif dan negatif jika tetap menggunakan pendekatan ini.

    BalasHapus
  8. Sedikit tambahan , ada 53 sd di kecamatan padegangan. satu sisi, kita perlu kasihan kepada anak2 didik yang telah berhasil mendapatkan juara 2 dan 3 di masing2 bidang ilmu namun pupus tidak dapat maju ke kabupaten, karena kelemahan dari metode ini.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik..