Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Pembahasan OSN (KSNK) Ekonomi SMA 2020 Nomor 1-10 (Pilihan Ganda)

Dibawah ini adalah pembahasan soal osn / kompetisi sains nasional ksnk sma tahun 2020 tingkat kabupaten / kota nomor 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10.
pembahasan osn ksnk ekonomi sma tahun 2020 tingkat kabupaten kota tomatalikuang.com

Pembahasan Soal OSN Kompetisi Sains Nasional KSNK Ekonomi SMA Kabupaten/Kota tahun 2020

Berikut soal dan pembahasan ksn ekonomi sma tahun 2020.

Soal dan Pembahasan Nomor 1 (OSN - KSNK Ekonomi SMA 2020)

1. Fitria adalah seorang peserta didik kelas X IPS yang tinggal di sekitar sekolah. Ia memiliki beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi antara lain:
  • Membeli buku mata pelajaran ekonomi X seharga Rp55.000,00
  • Membeli seragam sekolah abu-abu putih seharga Rp95.000,00
  • Memperbaiki handphone diperkirakan butuh biaya Rp75.000,00
  • Membeli tas baru seharga Rp85.000,00, tas lama masih layak pakai

Cara memenuhi kebutuhan Fitria, apabila ia memiliki dana sebesar Rp150.000,00 adalah ….
A. membeli buku pelajaran ekonomi dan seragam sekolah sedangkan tas masih menggunakan yang lama
B. memperbaiki sepeda dan membeli seragam sekolah sedangkan tas masih menggunakan yang lama
C. membeli tas baru dan buku pelajaran ekonomi sedangkan sepeda tidak diperbaiki karna ia jarak sekolahnya dekat
D. membeli buku pelajaran ekonomi, tas baru dan memperbaiki sepeda sedangkan kekurangannya ia utang dengan teman
E. memperbaiki sepeda dan membeli tas baru sedangkan kekurangannya ia utang dengan bengkel sepeda

Kunci Jawaban  No. 1: A. membeli buku pelajaran ekonomi dan seragam sekolah sedangkan tas masih menggunakan yang lama

Dalam ilmu ekonomi, untuk memenuhi kebutuhan, seseorang harus memperhatikan skala proritas. Skala prioritas adalah ukuran kebutuhan yang tersusun dalam daftar berdasarkan tingkat kebutuhan seseorang, dimulai dari kebutuhan yang paling penting sampai kebutuhan yang bersifat bisa ditunda pemenuhannya dan sesuai dengan kemampuan.
Dalam daftar di soal, kebutuhan paling penting adalah membeli buku mata pelajaran ekonomi X seharga Rp55.000,00 dan membeli seragam sekolah abu-abu putih seharga Rp95.000,00. Dengan total Rp55.000,00 + Rp95.000,00=Rp150.000,00 yang sesuai dengan kemampuannya Fitria yang memiliki dana sebesar Rp150.000,00.
Sedangkan kebutuhan yang bisa ditunda adalah memperbaiki handphone yang diperkirakan butuh biaya Rp75.000,00 dan membeli tas baru seharga Rp85.000,00,dimana tas lama Fitria masih layak pakai.
Jadi, cara memenuhi kebutuhan Fitria, apabila ia memiliki dana sebesar Rp150.000,00 adalah membeli buku pelajaran ekonomi dan seragam sekolah sedangkan tas masih menggunakan yang lama

Soal dan Pembahasan Nomor 2 (OSN - KSNK Ekonomi SMA 2020)

2. Daerah Jepara terkenal sebagai daerah penghasil ukiran berbagai perlengkapan rumah tangga, bahkan sudah menembus pasar internasional. Di sisi lain menghasilkan banyak limbah kayu dari kegiatan tersebut. Pak Joko memanfaatkan limbah tersebut sebagai bahan pembuatan kerajinan replika. Kegiatan yang dilakukan oleh pak Jokoi merupakan pemecahkan masalahan pokok ekonomi modern, adalah ....
A. barang apa yang akan diproduksi
B. untuk siapa barang akan diproduksi
C. bagaimana barang akan diproduksi
D. kapan barang akan diproduksi
E. dimana barang akan diproduksi

Kunci Jawaban No. 2: A. barang apa yang akan diproduksi

Kegiatan yang dilakukan oleh pak Joko merupakan pemecahkan masalahan pokok ekonomi modern, adalah barang apa yang akan diproduksi, dimana Pak Joko memproduksi bahan pembuatan kerajian replika dengan cara memanfaatkan limbah kayu yang banyak dihasilkan dari kegiatan pengukiran di Daerah jepara.

Soal dan Pembahasan Nomor 3 (OSN - KSNK Ekonomi SMA 2020)

3. The purpose of a production possibilities graph is to ….
A. enable a country to mobilize to win a competition
B. keep an economy from having non producttive workers
C. make the least costly use of its resources
D. make it possible to increase an economy’s input
E. show alternative ways to use an economy’s resources

Kunci Jawaban No. 3: E

Karena beberapa soal ksn ekonmi dalam bahasa inggris maka untuk menjawab soal, peserta harus memiliki kemampuan berbahasa inggris, minimal mampu mengerti soal dan pilihan jawabannya.

Pertama, soalnya diterjemahkan ke bahasa indonesia.
3. Tujuan dari grafik kemungkinan produksi adalah untuk….
A. memungkinkan suatu negara untuk memobilisasi untuk memenangkan persaingan
B. menjaga perekonomian agar tidak memiliki pekerja yang tidak produktif
C. menggunakan sumber dayanya dengan paling murah
D. memungkinkan untuk meningkatkan input ekonomi
E. menunjukkan cara alternatif untuk menggunakan sumber daya ekonomi

Menurut Mankiw (2006): Production Possibilities Graph atau yang biasa disebut Batas Kemungkinan-Kemungkinan Produksi (Production Possibilities Frontiers) merupakan grafik yang memperlihatkan kombinasi hasil produksi yang beraneka ragam yang dapat dihasilkan suatu perekonomian dengan ketersediaan faktor-faktor produksi dan teknologi produksi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk merubah faktor-faktor produksi menjadi hasil-hasil produksi.
Berdasarkan pengertian di atas dapat diketahui bahwa Grafik Kemungkinan Produksi adalah grafik yang menunjukkan berbagai kombinasi hasil-hasil produksi yang mungkin dapat dihasilkan oleh suatu perekonomian. atau dengan kata lain, tujuan dari Grafik Kemungkinan Produksi adalah untuk menunjukkan berbagai cara menggunakan sumber daya ekonomi sehingga diperoleh kombinasi hasil-hasil produksi. Jadi, dari pilihan jawaban yang ada, jawaban yang benar adalah tujuan dari grafik kemungkinan produksi adalah untuk menunjukkan cara alternatif untuk menggunakan sumber daya ekonomi.

Soal dan Pembahasan Nomor 4 (OSN - KSNK Ekonomi SMA 2020)

4. Trend masyarakat Indonesia dalam menikmati kopi, terutama di kalangan muda menarik perhatian Davido sebagai seorang pengusaha. Ia melihat trend ini sebagai suatu peluang bisnis yang menjanjikan. Ia membidik pasar kalangan muda dengan membuka coffee shop. Desain interior dan eksterior yang dinamis, ruangan yang santai dan dilengkapi dengan sarana wifi. Keputusan bisnis yang dilakukan Davido menjawab permasalah ekonomi modern, yaitu ….
A. what
B. how
C. where
D. for whom
E. when

Kunci Jawaban No. 4: D

Keputusan bisnis yang dilakukan Davido menjawab permasalah ekonomi modern adalah untuk siapa (for whom) yaitu untuk kalangan muda.

Soal dan Pembahasan Nomor 5 (OSN - KSNK Ekonomi SMA 2020)

5. Indonesia merupakan negara keempat terpadat penduduknya di dunia sekaligus penduduk muslim terbesar di dunia. Hal tersebut menjadi salah satu faktor pendukung dalam pengembangan sistem ekonomi syariah. Berikut merupakan pernyataan-pernyataan yang berkaitan dalam sistem ekonomi:
  1. Kewajiban zakat harus dibayarkan atas kekayaan yang telah memenuhi batas.
  2. Pembagian keuntungan usaha didasarkan berdasarkan perhitungan jasa bunga modal usaha.
  3. Pelarangan kegiatan yang bersifat maysir.
  4. Melakukan kegiatan dalam bentuk eksploitasi.
  5. Sumber daya tidak boleh digunakan secara mubazir.
Prinsip-prinsip yang melekat dalam sistem ekonomi syariah adalah nomor ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 3), dan 4)
E. 3), 4), dan 5)

Kunci Jawaban No. 5: C

Dalam perspektif Islam (syariah), kegiatan ekonomi paling tidak didasarkan pada empat prinsip kunci, yaitu:
Prinsip 1: mendasarkan pada etika tauhid. Segala sesuatu di muka bumi ini adalah milik Allah. Kekayaan digali, dikelola, dan dimanfa at kan manusia pada hakikatnya berdasarkan amanah Allah. Oleh karena itu, dapat dipahami sistem dalam ekonomi Islam, pengaturan eko nomi, pengambilan keputusan, pembagian kepemili kan, distribusi kekayaan dan sebagainya, bersumber dari ketentuan Allah dan sunah. 
Prinsip 2: larangan terhadap praktik riba dalam ben tuk pengenaan bunga atas suatu transaksi. Riba menimbulkan ketidakadilan dan mengurangi tindakan produktif di sektor ekonomi riil. 
Prinsip 3: larangan adanya praktik gharar, yaitu transaksi yang mengandung ketidakpastian serta tindakan yang sepenuhnya bersifat spekulatif. Hal ini sering terjadi pada kegiatan di sektor keuangan. Salah satu contoh praktik gharar adalah pertaruhan atau perjudian.
Prinsip 4: pemberian zakat. Untuk yang terakhir ini, zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditegakkan. Kita mungkin lengah bahwa zakat adalah salah satu rukun Islam, sehingga seolah-olah zakat ditunaikan hanya dengan dasar "kebaikan" pemilik kekayaan dan bukan atas dasar kewajiban menunaikan amanah Allah. 

Pilihan jawaban:
  1. Kewajiban zakat harus dibayarkan atas kekayaan yang telah memenuhi batas. Benar (sesuai Prinsip 4)
  2. Pembagian keuntungan usaha didasarkan berdasarkan perhitungan jasa bunga modal usaha.  Salah (Bunga merupakan riba dan berdasarkan Prinsip 2, riba dilarang dalam ekonomi syariah sehingga tidak boleh melakukan pembagian keuntungan berdasarkan perhitungan jasa bunga modal usaha)
  3. Pelarangan kegiatan yang bersifat maysir. Benar (sesuai Prinsip 3, masyir atau perjudian dilarang dalam ekonomi syariah)
  4. Melakukan kegiatan dalam bentuk eksploitasi. Salah (Menurut KBBi, Eksploitasi adalah pemanfaatan untuk keuntungan sendiri; pengisapan; pemerasan (tentang tenaga orang). Tentu saja eksploitasi  dilarang dalam ekonomi syariah, hal ini berdasarkan Prinsip 1 bahwa harus sesuai ketentuan Allah dan Rasul dan eksploitasi dilarang dalam islam)
  5. Sumber daya tidak boleh digunakan secara mubazir. Benar (Mubazir dilarang dalam ekonomi islam, hal ini berdasarkan Prinsip 1 bahwa harus sesuai ketentuan Allah dan Rasul dan pmubazir atau pemboroan dilarang dalam islam)

Soal dan Pembahasan Nomor 6 (OSN - KSNK Ekonomi SMA 2020)

6. At equilibrium, the slope of the indifference curve is ….
A. greater than the slope of budget line
B. smaller than the slope of budget line
C. a vertikal straight line of budget line
D. none
E. equal to the slope of badget line

Kunci Jawaban No. 6: E

6. Pada kesetimbangan, kemiringan kurva indiferen adalah….
A. lebih besar dari kemiringan garis anggaran
B. Lebih kecil dari kemiringan garis anggaran
C. garis lurus vertikal garis anggaran
D. Tidak ada
E. sama dengan kemiringan garis anggaran

Kurva indiferensi dalam mikroekonomi adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara dua bundel barang di mana konsumen mendapatkan kepuasan yang sama (indiferen) pada tiap-tiap titik kombinasi kuantitas (Q) kedua bundel tersebut.

Pada titik kesetimbangan, kemiringan pada kurva indiferensi = kemiringan garis anggaran,

Soal dan Pembahasan Nomor 7 (OSN - KSNK Ekonomi SMA 2020)

7. Bapak Joko memiliki sawah seluas satu hektar. Untuk meningkatkan produktivitasnya, ia berusaha menambah jumlah tenaga kerja dengan harapan hasil padinya akan meningkat.
Data tenaga kerja dan produktivitas:
pembahasan osn ksnk ekonomi sma 2020 nomor 7; tomatalikuang.com

Berdasarkan data tersebut, hukum produk marginal mulai berlaku pada saat penggunaan tenaga kerja berjumlah ....
A. 1 orang.
B. 2 orang.
C. 3 orang.
D. 4 orang.
E. 5 orang.

Kunci Jawaban No. 7: D. 4 orang

Produk Marjinal atau Marginal Product (MP), adalah tambahan dalam produk total karena penambahan penggunaan satu unit faktor produksi variabel.

Jika input faktor produksi terus ditambah, tambahan produk total akan semakin berkurang. Bahkan pada satu titik tertentu, hasil produksi akan mencapai tingkat maksimum dan kemudian menurun. Setiap tambahan input tenaga kerja akan semakin mengurangi output. Kondisi tersebut merupakan Hukum Pertambahan Hasil yang Semakin Berkurang (The Law of Diminishing Returns).
Hukum pertambahan hasil yang semakin berkurang menyatakan bahwa pertambahan unit faktor produksi variabel mula-mula akan memberikan tambahan hasil yang semakin meningkat, tetapi setelah mencapai titik tertentu, pertambahan faktor produksi variabel tersebut tidak lagi memberikan tambahan hasil yang sebanding dengan asumsi semua faktor produksi (input) lainnya konstan.
Berdasarkan data produk marjinal diatas, bisa dilihat bahwa pada saat penggunaan tenaga pekerja 4 orang berakibat produk marjinal mengalami penurunan yaitu dari 6,5 ton turun ke 4 ton. Maka hukum produk marginal mulai berlaku pada saat penggunaan tenaga kerja berjumlah 4 orang.

Soal dan Pembahasan Nomor 8 (OSN - KSNK Ekonomi SMA 2020)

8. Biaya tetap yang dikeluarkan oleh Warung Bakso “Katok” untuk menghasilkan 500 porsi bakso sebanyak Rp2.000.000,00 dan biaya variabel per porsi sebesar Rp6.000,00. Harga jual bakso Rp12.500,00 per porsi. Jumlah keuntungan atau kerugian yang dialami oleh Warung Bakso “Katok” jika seluruh bakso habis terjual adalah ....
A. rugi Rp1.250.000,00.
B. laba Rp1.250.000,00.
C. rugi Rp5.000.000,00.
D. laba Rp6.250.000,00.
E. Break Even Point.

Kunci Jawaban No. 8: B


Soal dan Pembahasan Nomor 9 (OSN - KSNK Ekonomi SMA 2020)

9. Slamet Bekamto adalah seorang pedagang bebek di pasar hewan. Pada saat harga bebek Rp150.000,00 per ekor, ia mampu menjual bebek sebanyak 100 ekor, namun pada saat harganya Rp125.000,00 per ekor, ia hanya menjual sebanyak 80 ekor. Jenis koefisien elastisitas penawaran bebek tersebut adalah ….
A. inelastis
B. Inelastis sempurna
C. elastis sempurna
D. elastis uniter
E. elastis

Kunci Jawaban No. 9: E


Soal dan Pembahasan Nomor 10 (OSN - KSNK Ekonomi SMA 2020)

10. A decrease in quantity demanded caused by an increase in price represented by a ….
A. movement up and to the left along the demand curve
B. leftward shift of the demand curve
C. rigthward shift of the demand curve
D. movement down and to the right along the demand curve
E. there is no movement on the demand curve

Kunci Jawaban No. 10: A



Baca juga: 
  • Pembahasan OSN KSNK Ekonomi SMA Tahun 2020 Nomor 1-10
  • Pembahasan OSN KSNK Ekonomi SMA Tahun 2020 Nomor 11-10
  • Pembahasan OSN KSNK Ekonomi SMA Tahun 2020 Nomor 21-30
  • Pembahasan OSN KSNK Ekonomi SMA Tahun 2020 Nomor 31-40
  • Pembahasan OSN KSNK Ekonomi SMA Tahun 2020 Financial Literacy (Esai)
  • Pembahasan OSN KSNK Ekonomi SMA Tahun 2020 Business Case (Esai)


Semoga bermanfaat :) Salam Pendidikan :D Tomatalikuang.com

Posting Komentar

0 Komentar