Penjelasan Sistem Perankingan Peserta yang Lolos Ke KSN Provinsi SMA Tahun 2020

Dibawah ini adalah penjelasan tentang sitem perankingan penetapan pemenang perserta yang lolos ke ksn tingkat provinsi tahun 2020 jenjang sma.
hasil ksnk sma tahun 2020; peserta lolos ksn provinsi sma tahun 2020; tomatalikuang.com


Penjelasan ini berdasarkan Juklak KSN SMA Tahun 2020.
Berikut adalah penjelasannya:

Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P)

  1. Setiap bidang sains jumlah peserta KSN-P adalah maksimum 3 orang per sekolah.
  2. Bagi provinsi yang memiliki kabupaten/kota tidak lebih dari 25, maka
    • a. Jumlah maksimum peserta per bidang sains adalah 75 orang
    • b. Jumlah maksimum peserta per bidang sains untuk setiap kabupaten/kota adalah 15 orang
  3. Bagi provinsi yang memiliki kabupaten/kota lebih dari 25, maka :
    • a. Total maksimum peserta per bidang sains adalah 3 kali jumlah kabupaten/kota, dan
    • b. Total maksimum peserta per bidang sains untuk setiap kabupaten/kota adalah 15% dari poin 3a
  4. Sistem seleksi peserta dilakukan dengan menetapkan 1 peserta terbaik dari setiap kabupaten/kota ditambah hasil perankingan se-provinsi hingga mencapai jumlah maksimum 3 kali banyaknya kabupaten/kota atau 75 peserta untuk provinsi yang jumlah kabupaten/kota kurang dari 25.
Perhatikan pin nomor 4 guys. Jadi, untuk juara 1 kabupaten/kota langsung lolos ke ksn provinsi. selanjutnya untuk nilai peserta ksnk lainnya akan diranking se provinsi sampai dicapai jumlah maksimum peserta yang lolos sebanyak 3 kali banyaknya kabupaten/kota atau 75 peserta yang lolos untuk provinsi yang jumlah kabupaten/kota kurang dari 25. Ingat ya guys ini per bidang 75 orang.

Sebagai contoh: Misalkan ada 1 provinsi yang memiliki jumlah kabupaten/kota sebanyak 25. Maka setiap juara 1 dari 25 kabupaten/kota  otomatis lolos ke ksn provinsi. Jadi, total sudah ada 25 peserta yang lolos ke ksn provinsi, yaitu juara 1 dari masing-masing kabupaten/kota. Selanjutnya akan dirangking semua nilai ksnk semua kabuaten/kota yang masuk 50 besar nilai tertinggi selain nilai juara 1 akan lolos ke ksn provinsi. Jadi selain juara 1 akan ada 75-25=50 peserta lainnya yang lolos ke ksn provinsi. Untuk tahun ini 1 kabupaten/kota bisa meloloskan lebih dari 3 siswa yaitu maksimal meloloskan 15% dari 75 atau sekitar 11 peserta, jika siswa-siswa nya masuk perankingan dan 1 kabupaten/kota bisa hanya meloloskan 1 siswa yaitu juara 1, jika tidak ada siswa lainnya dari kabupaten/kota tersebut yang masuk perankingan.

Demikian penjelasannya. Smeoga bermanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar