Manfaat Buah Zaitun Di Dalam Al-Qur'an

manfaat buah zaitun menurut para ahli; manfaat buah zatun dalam al quran; penelitian buah zaitu; tomatalikuang.com

Manfaat Buah Zaitun - Buah zaitun merupakan salah satu buah yang diberkahi. Hal ini tertulis di dalam Al-Qur'an. Begitupun dengan minyak zaitun yang sering kita gunakan juga disebutkan sebagai obat. 


Allah SWT berfirman di dalam Al-Qur'an:

"Demi buah tin dan buah zaitun. Dan demi bukit Sinai dan negeri yang aman ini. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." (At-Tin: 1-3)


"... yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebalah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis) ..." (An-Nur: 35)

Al-Qurtubi mengatakan bahwa, buah zaitun memiliki banyak manfaat di antaranya dapat dijadikan minyak dengan cara memeras buahnya. Kemudian minyak ini bisa digunakan sebagai lauk-pauk, minyak oles dan juga bahan bakar.

Qurtubi juga menjelaskan bahwa buah zaitun mengandung banyak manfaat. Inilah pohon yang pertama kali tumbuh di bumi dan tumbuh kembali setelah peritiwa banjir Nuh dan tumbuh di rumah-rumah para nabi dan beberapa tempat suci. Buah ini bahkan didoakan dengan keberkahan oleh 70 orang nabi.

Dikutip dalam buku berjudul 'Sains dalam Al-Quran' oleh Dr. Nadiah Thayyarah menuliskan sabda Rasululllah tentang buah zaitun yang berbunyi:

"Makanlah buah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak, karena ia tumbuh dari pohon yang diberkahi." (HR. Ahmad dan Tirmidzi).


Keistimewaan buah zaitun dalam Al Quran dituangkan dalam Surat Al-Mu'minum: 20 Allah berfirman, "... dan pohon (zaitun) keluar dari bukit Sinai menghasilkan minyak dan pewarna makanan bagi orang-orang yang makan."

Minyak zaitun adalah satu-satunya minyak yang bisa langsung diminum ataupun dikonsumsi setelah diekstrak.

Dalam Buku berjudul 'Mukjizat Herbal dalam Al Quran vol 1' oleh Muhammad Hatta A. Fattah menyebut minyak zaitun mengandung Plorite "Triolein Tripalmitin", terdapat juga bahan seperti "Atachidic esters" dan sedikit mengandung "free oleic acid". Selain itu, minyak zaitun juga mengandung air dan kandungan mineralnya cukup banyak seperti kalsium dan beberapa vitamin lainnya.

Mungkin kita bertanya-tanya apakah benar buah zaitun dan minyaknya benar-benar bermanfaat? Dibawah ini tomatalikuang.com bagikan manfaat buah zaitun menurut para ahli moderen.


Manfaat Buah Zaitun Menurut Para Ahli

Pada tanggal 21 april 1997,terdapat belasan ahli kedokteran berkumpul di kota Roma untuk membahas manfaat minyak zaitun dan mereka mengemukakan antara lain: minyak zaitun dapat mengurangi resiko terjadinya penyumbatan (thrombosis), penebalan (arteriosklerosis) pembuluh darah, mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi kolesterol  berbahaya, mengurangi serangan kanker payudara,kanker lambung, kanker colon,kanker kulit,mengurangi timbulnya tukak lambung,mengurangi peradangan sendi,mengobati luka ,dll.

Berikut pendapat para ahli tentangkhasiat buah zaitun berdasarkan penelitian yang mereka lakukan:
  1. 1. Prof.Aman dari universitas Monster Jerman memaparkan bahwa kebiasaan menggunakan minyak zaitun memberikan antibodi atau perlindungin diri dari sejumalah serangan kanker seperti ;kanker usus besar,rahim indung telur.
  2. 2. DR.Scoot Grandy dari Universitas Texas dan DR Satsoon dari Universitas California telah mengadakan penelitian disuatu daerah yang penduduknya menjadikan minyak zaitun sebagai bahan makanan dan diketahui dari penelitian tersebut  minyak zaitun dapat menurunkan serangan penyakit liver.
  3. 3. Dikutip dari Archieves of Internal Medicine edisi agustus 1998, kebiasaan mengkonsumsi satu sendok minyak zaitun setiap hari, memungkinkan untuk dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara hingga 45%.


Demikian artikel tentang Manfaat Buah Zaitun Menurut Para Ahli: Bukti Kebenaran Al-Qur'an!. Semoga bermanfaat :)