Download Panduan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia 2020 PDF

Di bawah ini adalah download pdf panduan / petunjuk pelaksanaan kompetisi debat mahasiswa indonesia (kdmi) tahun 2020.

Panduan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 2020

panduan kompetisi debat mahasiswa indonesia kdmi tahun 2020 pdf; panduan kdmi 2020; tomatalikuang.com

I. SISTEM DAN MEKANISME KOMPETISI DEBAT MAHASISWA INDONESIA TAHUN 2020

A. Deskripsi KDMI

KDMI adalah Kompetisi debat tingkat nasional yang menggunakan Bahasa Indonesia. Untuk pelaksanaan KDMI wilayah dan nasional tahun 2020 akan dilaksanakan secara daring (online).

B. Mekanisme Penjaringan Peserta KDMI 2020

  1. 1. Penjaringan peserta KDMI tingkat nasional berdasarkan atas hasil seleksi yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang berkoordinasi dengan LLDIKTI di daerah/wilayah masing-masing. Juara 1 dan Juara 2 dari masing-masing wilayah tersebut akan berhak untuk ikut serta dalam KDMI tingkat nasional. Sehingga KDMI tingkat nasional akan diikuti sebanyak 30 (tiga puluh) tim.
  2. 2. Untuk seleksi di masing-masing wilayah, LLDIKTI diberikan wewenang untuk memberlakukan kuota pada saat seleksi tersebut dilaksanakan dengan mempertimbangkan sumber daya (juri) yang tersedia, sarana/fasilitas.

C. Mekanisme Seleksi Wilayah KDMI 2020

Dengan masih terjadinya pandemik COVID-19, maka disarankan kepada masingmasing wilayah LLDIKTI untuk melakukan mekanisme seleksi dengan penggabungan hal-hal berikut ini:

1. Kelengkapan administrasi Untuk persyaratan kelengkapan administrasi adalah sebagai berikut;

  1. a. Scan kartu mahasiswa/Surat Keterangan Mahasiswa masing-masing peserta
  2. b. Scan Surat tugas/pengantar dari pimpinan lembaga Semua kelengkapan tersebut harus dikirim ke Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui form daring

2. Portofolio tim debat kampus. 

Dalam metode seleksi ini, pihak Pusat Prestasi Nasional beserta tim juri akan memberikan penilaian terhadap portofolio dari tim debat kampus atau perguruan tinggi yang menjadi peserta dari proses seleksi di LLDIKTI wilayah. Adapun yang dapat dicantumkan dalam portofolio ini adalah;
  • a. Prestasi tim debat Bahasa Indonesia kampus tersebut dalam rentang waktu 2017-2019
  • b. Prestasi tim debat Bahasa Inggris kampus tersebut dalam rentang waktu 2017-2019
  • c. Prestasi individu dari anggota tim debat (pembicara terbaik/best speaker) Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam rentang waktu 2017-2019
  • d. Prestasi individu non debat di bidang kompetisi Bahasa Indonesia dalam rentang waktu 2017-2019
Poin-poin tersebut diatas akan diberikan bobot berdasarkan atas relevansi prestasi yang diraih. Keseluruhan dari hal tersebut diatas harus didukung oleh bukti scan sertifikat dan scan surat keterangan prestasi tim debat lembaga yang ditandatangani oleh pejabat lembaga

3. Seleksi secara daring (online)

Adapun proses sebelum pelaksanaan seleksinya adalah sebagai berikut;
  • • Pusat Prestasi Nasional menerima pendaftaran calon tim peserta dengan melengkapi persyaratan portofolio dan kelengkapan administrasi
  • • Pusat Prestasi Nasional melakukan pendataan peserta untuk selanjutnya akan diberikan informasi tentang waktu pelaksanaan seleksi daring (no telpon untuk aplikasi Whatsapp)
  • • Setiap peserta harus mengenakan jas almamater selama mengikuti proses seleksi • Selama proses seleksi, peserta diwajibkan tidak sedang mengikuti kegiatan lain yang bisa mengganggu proses pelaksanaan seleksi
  • • Setiap peserta harus menyiapkan peralatan untuk seleksi seperti laptop, smartphone, kamera dan fasilitas internet

4. Seleksi daring dilakukan dengan cara; Seleksi daring secara tidak langsung (non real time). 

Mekanisme seleksi dengan metode ini adalah sebagai berikut;
  1. 1. Semua tim peserta akan diberikan mosi oleh tim juri
  2. 2. Peserta akan diberikan waktu 20 menit untuk mempersiapkan argumennya
  3. 3. Peserta akan diberikan waktu persiapan untuk melakukan rekaman selama 20 menit
  4. 4. Durasi pidato per orang/peserta adalah selama 3-5 menit
  5. 5. Peserta akan diberikan waktu selama 40 menit untuk melakukan unggahan (upload) video tersebut ke Channel Youtube dengan persyaratan kualitas gambar 720 pixel dan harus memperlihatkan wajah.
  6. 6. Peserta selanjutnya memberikan tautan (link) video kepada tim juri, dengan format penamaan file sebagai berikut: kdmi2020_xx_nama peserta, dengan ketentuan menggunakan huruf kecil semua; xx : merupakan kode wilayah LLDIKTI (I-XV).
  7. 7. Peserta yang gagal memenuhi batas waktu yang diberikan untuk mengunggah (upload) video atau tidak memberikan tautan (link) video kepada tim juri, akan dinyatakan gugur/batal berpartisipasi dalam proses seleksi.
  8. 8. Panitia atau tim juri akan menghubungi peserta jika video atau tautan video tidak bisa diakses atau terjadi permasalahan.
  9. 9. Tim juri akan melakukan penilaian terhadap video yang diunggah
  10. 10. Tim juri akan memilih, menyeleksi dan menentukan peserta/tim yang layak untuk mengikuti proses seleksi ke tahap berikutnya.
Keseluruhan proses seleksi secara daring ini akan berada dibawah pantauan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LLDIKTI Wilayah, serta tim juri yang sudah terakreditasi.

D. Pemilihan Tim Wakil Wilayah Tanpa Melalui Seleksi KDMI 2020

Apabila terjadi hal yang menyebabkan tidak dilaksanakannya seleksi wilayah untuk menentukan wakil yang akan berkompetisi di KDMI Tingkat Nasional, maka penentuan wakil yang akan berkompetisi di tingkat nasional tersebut ditentukan oleh Pusat Prestasi Nasional dengan indikator prestasi bidang kemahasiswaan suatu kampus. Rangking tertinggi dari suatu kampus yang ada di wilayah LLDIKTI tersebut akan ditunjuk untuk tampil di KDMI Tingkat Nasional tahun 2020.

E. Ketentuan Umum KDMI Tingkat Nasional 2020

Pada pelaksanaan KDMI Nasional Tahun 2020 ini, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan KDMI 2020 dengan metode daring (online), sehingga para peserta KDMI 2020 bisa mengikuti kegiatan Kompetisi ini dari kediaman atau tempat tinggal (daerah) masing-masing.

F. Mekanisme KDMI Nasional Daring (Online) 2020

Adapun mekanisme pelaksanaan Kompetisi KDMI Nasional 2020 secara daring adalah sebagai berikut;
  1. 1. Jumlah tim peserta adalah 30 tim yang berasal dari 2 tim terbaik dari masingmasing wilayah LLDIKTI.
  2. 2. Setiap tim terdiri dari 3 orang pendebat (tidak ada juri institusi)
  3. 3. Peserta/tim mengikuti Kompetisi dari kediaman (daerah) masing-masing .
  4. 4. Platform/media untuk melaksanakan KDMI Nasional Daring 2020 adalah dengan menggunakan ZOOM.
  5. 5. Ketua Dewan Juri KDMI akan menghubungi peserta dan memberikan link untuk pelaksanaan Kompetisi.
  6. 6. Semua bentuk kegiatan mulai dari Seminar Debat, Penentuan Lawan pada setiap babak, Pengumuman Tabulasi, Peluncuran Mosi, Kompetisi Debat, Penilaian Verbal dan Pengumuman Pemenang akan dilakukan melalui daring dengan menggunakan aplikasi/platform ZOOM.
  7. 7. Pada saat kegiatan Seminar Debat, Dewan Juri dan Panitia akan memberikan informasi dan arahan tentang teknis pelaksanaan Kompetisi dan penggunaan media ZOOM sebagai fasilitas dalam melaksanakan kegiatan KDMI Tahun 2020 ini.
  8. 8. Peserta/tim diharuskan untuk menyediakan fasilitas seperti; jaringan internet, laptop atau smartphone yang dapat mendukung penggunaan aplikasi ZOOM pada saat Kompetisi.
  9. 9. Proses penjurian dalam KDMI Nasional Daring 2020 akan dinilai oleh Juri Undangan yang ditentukan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  10. 10. Semua peserta dan pemenang KDMI Nasional Daring 2020 akan mendapatkan sertifikat elektronik (e-certificate).
  11. 11. Jika terjadi kendala teknis dalam proses pelaksanaan KDMI daring ini, maka proses Kompetisi akan diatur kemudian.
  12. 12. Jadwal kegiatan KDMI Nasional Daring 2020 terlampir

G. Sistem Kompetisi Tingkat Nasional KDMI 2020

Sistem debat yang digunakan dalam KDMI Nasional Daring 2020 adalah Sistem Parlemen Asia dengan tahapan sebagai berikut:

• Tahapan Kompetisi Debat Mahasiswa Tingkat Nasional:

Dalam tahapan ini, 30 tim akan bertanding dalam 5 babak penyisihan dengan sistem akumulasi nilai untuk menentukan 16(enam belas) tim terbaik yang akan lolos ke babak perdelapan final dengan sistem gugur.  Secara lengkap tahapan Kompetisi akan dilaksanakan sebagai berikut:
  1. 1. Babak Penyisihan Terdapat lima babak penyisihan untuk menentukan 16 tim terbaik yang berhak maju ke babak perempat final. Semua tim wajib mengikuti kelima babak tersebut.
  2. 2. Babak Perdelapan Final Babak ini diikuti oleh 16 tim terbaik dari babak penyisihan sebelumnya. 
  3. 3. Babak Perempat Final. Babak ini diikuti oleh delapan tim yang menjadi pemenang di babak perdelapan final. Tim pemenang di masing–masing ruang akan maju ke babak semifinal.
  4. 4. Babak Semi Final Babak ini diikuti oleh empat tim pemenang babak perempat final. Tim pemenang dari masing-masing ruang akan maju ke babak final. Dua tim yang kalah di babak ini akan menjadi juara tiga bersama.
  5. 5. Babak Final Babak ini merupakan babak puncak yang mempertemukan dua tim pemenang babak semifinal untuk menentukan juara 1 dan 2.

II. PESERTA KDMI Tahun 2020

A. Persyaratan Peserta KDMI 2020

  1. 1. Peserta KDMI adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. 2. Peserta KDMI baik tingkat wilayah ataupun tingkat nasional adalah mahasiswa aktif perguruan tinggi yang berada dilingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  3. 3. Satu tim wajib terdiri atas tiga pendebat.
  4. 4. Pendebat adalah mahasiswa aktif Program Sarjana (maksimal semester 8) atau Diploma (maksimal semester 6 untuk D-3 dan semester 8 untuk D4), yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) pada laman http://pddikti.kemdikbud.go.id, terhitung pada saat pelaksanaan KDMI Tingkat Nasional.
  5. 5. Jika ada peserta pada saat pelaksanaan KDMI tingkat nasional sudah lulus atau melebihi batasan semester yang telah ditentukan diatas, maka yang bersangkutan harus digantikan oleh peserta yang lain.
  6. 6. Seorang mahasiswa tidak boleh mengikuti Kompetisi KDMI dan NUDC pada tahun yang sama (mulai dari tingkat wilayah dan tingkat nasional).
  7. 7. Peserta yang sudah menjuarai (juara 1,2,3) di KDMI nasional, maka yang bersangkutan tidak diijinkan lagi untuk mengikuti kegiatan KDMI pada tahun berikutnya.
  8. 8. Peserta wajib mengikuti Seminar Debat.

B. Pendaftaran Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Tahun 2020

  1. 1. Perguruan tinggi mendaftarkan 1 (satu) Tim Debatnya yang sudah dinyatakan lolos sebagai wakil wilayah berdasarkan surat undangan yang diterima dari Pusat Prestasi Nasional di masing-masing LLDIKTI (I s.d. XV).
  2. 2. Pelaksana seleksi wilayah (LLDIKTI I-XV) menetapkan 2 Tim wakil tingkat wilayah terbaik (juara 1 dan 2 di tingkat wilayah) ke panitia KDMI Tingkat Nasional.

Selengkapnya bisa Anda baca pada file panduan kdmi tahun 2020 di bawah ini.

Download Panduan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Tahun 2020 PDF

Anda bisa mendownloadnya melalui link berikut: 

Demikian artikel tentang Download Panduan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia 2020 PDF. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar