Download Buku Panduan KKCTBN Tahun 2020 PDF

Dibawah ini adalah download pdf buku panduan / petunjuk pelaksanaan kontes kapal cepat tak berawak (kkctbn) tahun 2020.

Buku Panduan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) Tahun 2020

Download Buku Panduan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) Tahun 2020 PDF tomatalikuang.com

Surat Edaran Pengumuman Pelaksanaan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2020 Secar Daring dan Luring

Kepada Yth, 
  1. 1. Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta
  2. 2. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I s.d XV 

Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan menyelenggaran kegiatan Kontes Kapala Cepat Tak Berawak Nasional Tahun 2020. Kegiatan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional dimaksud menjadi salah satu wahana penguasaan Teknologi Robotika Kapal Tak Berawak untuk menjaga keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, khususnya era Revolusi Industri 4.0 dan menyongsong era Society 5.0. Berdasarkan hasil pembahasan dengan tim pakar maka kegiatan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional dilaksanakan secara daring dan luring.

Pelaksanaan KKCTBN akan dilaksanakan pada tanggal 29 s.d 31 Oktober 2020. Pendaftaran Kapal Cepat Tak Berawak Nasional Tahun 2020 di buka mulai tanggal 29 Agustus sampai dengan 10 September 2020 Pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman http://ringkas.kemdikbud.go.id/daftarKKCTBN

Kami mohon perkenan Bapak/Ibu untuk menginformasikan pengumuman ini kepada mahasiswa di Perguruan Tinggi. Dalam pelaksanaan pendaftaran, apabila terdapat pernyataan, dapat menghubungi Bapak Yas Ahmad Adha, HP 08559918983 dan Sudarwati, HP 08128328041.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional
ttd.
Asep Kusmayadi, S.IP., M.Si
NIP 197206062006041001

Tembusan:
  • Sekretais Jenderal Kemdikbud
  • Kasubag TU Puspresnas

KATA PENGANTAR - Buku Panduan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional Tahun 2020

Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan berbagai kegiatan untuk mengembangkan prestasi mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Salah satu kegiatan yang mendukung peningkatan prestasi tersebut adalah Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTBN).

Puspresnas aktif dalam memberikan pemikiran, pengembangan teknologi dan memberi sarana pendukung penanganan pendemi covid 19 di Indonesia. Salah satu bentuk implementasi dengan pelaksanaan kegiatan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional Tahun 2020 dengan mengambil tema “INOVASI TEKNOLOGI KEMARITIMAN DALAM PENANGANAN COVID 19”.

Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2020 adalah kontes yang penuh tantangan yang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya ditengah pendemi covid 19 yang masih berlangsung dan adanya physical distancing, tetapi tidak menghambat pencapaian prestasi mahasiswa. KKCTBN 2020 diselenggarakan untuk mahasiswa yang didukung oleh akademisi, praktisi dan institusi untuk memberikan sumbangsih pemikiran dalam penanganan covid 19 pada sektor kemaritiman. 

Perlombaan KKCTBN Tahun 2020 terbagi atas tiga katagori kontes: 

Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengundang partisipasi mahasiswa dan mengharapkan dukungan perguruan tinggi untuk mensukseskan kegiatan perlombaan tersebut. Harapan kami KKCTBN Tahun 2020 dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa, masyarakat dan bangsa dalam pemikiran pembuatan inovasi teknologi kemaritiman dalam mendukung penanganan covid 19 dan bencana alam serta pengembangan kemaritiman di Indonesia 

Jakarta, Agustus 2020
Kepala Pusat Prestasi Nasional 
TTD
Asep Sukmayadi, S.IP., M.Si
NIP. 197206062006041001

DAFTAR ISI BUKU PANDUAN KKCTBN TAHUN 2020

  • KATA PENGANTAR..ii
  • SAMBUTAN....iii
  • DAFTAR ISI...iv
  • DAFTAR GAMBAR...vi
  • DAFTAR TABEL ......vii
  • 1. PENDAHULUAN .. 1
    • 1.1. LATAR BELAKANG . 1
    • 1.2. TUJUAN PERLOMBAAN ........ 2
    • 1.3. TEMA PERLOMBAAN.....  3
    • 1.4. LOGO PERLOMBAAN. ...3
  • 2. KETENTUAN PERLOMBAAN....... 5
    • 2.1. PERSYARATAN PESERTA .... 5
    • 2.2. KATAGORI DAN KETENTUAN PERLOMBAAN ..... 6
      • 2.2.1. LOMBA DESAIN INOVASI KAPAL KESEHATAN ........ 6
      • 2.2.2. LOMBA PEMBUATAN DAN PERFORMA PROTOYPE...... 9
      • 2.2.3. LOMBA POSTER INOVASI TEKNOLOGI KEMARITIMAN DALAM PENANGANAN COVID 19 ......... 13
    • 2.3. SISTEM PENILAIAN PERLOMBAAN..... 13
      • 2.3.1. PENILAIAN LOMBA INOVASI DESAIN KAPAL KESEHATAN AUTONOMOUS .. 13
      • 2.3.2. PENILAIAN LOMBA PEMBUATAN DAN PERFORMA PROTOYPE........... 15
      • 2.3.3. PENILAIAN LOMBA POSTER INOVASI TEKNOLOGI  KEMARITIMAN DALAM PENANGANAN COVID 19 ...... 20v
    • 2.4. PENGHARGAAN PEMENANG.......... 21
  • 3. TAHAPAN DAN JADWAL KEGIATAN ... 23
  • 4. PENUTUP ........... 24
  • LAMPIRAN-LAMPIRAN...... a
    • Lampiran 1. General Arrangement RoRo Existing .... b
    • Lampiran 2. Format Proposal ASV, ERC, dan FERC.....c
    • Lampiran 3. Penjelasan Jenis dan Ukuran Kapal....... g
    • Lampiran 4. Venue dan Lintasan KKCTBN 2020..........i

TUJUAN PERLOMBAAN KKCTBN TAHUN 2020

  1. 1. Melaksanakan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional baik secara daring maupun secara luring 
  2. 2. Menumbuhkan dan melatih mahasiswa untuk kreative, inovative dan produktive dalam hal membuat inovasi teknologi inovasi desain, pembuatan prototipe dan kontes Performa prototipe kapal penanganan Covid 19.
  3. 3. Meningkatkan kompetensi mahasiswa diantaranya pembuatan inovasi desain, pembuatan prototipe dan kontes Performa prototipe kapal untuk mendukung penanganan pendemi Covid 19 yang sedang mewabah diseluruh dunia.
  4. 4. Menumbuhkan jiwa peduli akan kesehatan dalam penanganan pendemi Covid 19.
  5. 5. Melatih mahasiswa untuk melakukan kerjasama team, pembagian tugas dan komunikasi yang akan memberi bekal softskill untuk kemajuan internal mahasiwa dan bekal kepemimpinan bangsa dan negara dimasa yang akan datang.


TEMA PERLOMBAAN KKCTBN TAHUN 2020

Perlombaan tahun ini merupakan perlombaan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ditengah pendemi covid 19 yang sedang berlangsung. Akademisi teknik harus mampu memberikan subangsih ide, pemikiran dan pembuatan implementasi desai membantu mengatasi wabah tersebut. Oleh karena itu pada tahun ini dipilih tema lomba sebagai berikut: 
INOVASI TEKNOLOGI KEMARITIMAN DALAM PENANGANAN COVID 19.

LOGO PERLOMBAAN KKCTBN TAHUN 2020

gambar logo kkctbn tahun 2020 tomatalikuang.com
Gambar 1. Logo KKCTBN 2020 

Makna Logo KKCTBN 2020: 

  • Lingkaran dengan tentakel-tentakel tersebut melambangkan corona virus yang telah menimbulkan banyak korban, dengan penyebaran yang masif menginfeksi4 tanpa memandang stata sosial, ekonomi, umur, suku dan agama yang perlu kita hadapi bersama.
  • Lingkaran didalam menunjukan dunia yang sekarang ini sudah terinfeksi oleh virus corona dan menyebar di berbagai dunia yang perlu menjadi perhatian bersama.
  • Haluan kapal kesehatan melambangkan perlunya dunia maritime / perkapalan mengambil peran dalam mendukung pemberantasan pendemi covid 19 dengan memberikan pemikirannya membuat inovasi teknologi kemaritiman dan desain kapal dalam penanganan covid 19.
  • Gambar gelombang hijau dan kuning menunjukan perlunya dukungan bersama antara semua elemen bangsa untuk mengatasi pendemi covid 19 yang sekarang ini masih berlangsung.
  •  Tulisan KKCTBN 2020 menunjukan peranan lomba ini mendukung dan berusaha memberikan subangsih pemikiran melalui kompetisi yang dilombakan antar mahasiswa tahun ini.

KATEGORI PERLOMBAAN KKCTBN TAHUN 2020

Lomba ini dikhususkan untuk mahasiswa aktif jenjang D4/S1 dari perguruan tinggi yang sama. Lomba dibuat oleh mahasiswa yang bersifat kelompok (Maksimal 3 orang). Setiap kelompok diperbolehkan mengikuti lebih dari satu kriteria dan satu katagori perlombaan. Ada 3 (tiga) kategori kontes yang akan dilaksanakan pada lomba KKCTBN 2020 yaitu: 

1. LOMBA DESAIN INOVASI KAPAL KESEHATAN

Pada kategori ini dikompetisikan 3 (tiga) lomba desain inovasi kapal kesehatan antara lain: desain kapal rumah sakit autonomous, kapal ambulan autonomous, dan re-desain layout ruang akomodasi untuk mendukung penanganan covid 19 yang sekarang ini sedang berlangsung.

2. LOMBA PEMBUATAN DAN PERFORMA PROTOYPE

Pada kategori ini dikompetisikan 3 (tiga) lomba pembuatan dan performa prototipe antara lain: Kapal Kendali Otomatis (Autonomous Surface Vehicle/ASV), Kapal Cepat Listrik dengan Sistem Kendali Jauh (Electric Remote Control/ERC) dan Kapal Cepat Berbahan Bakar dengan Sistem Kendali Jauh (Fuel Engine Remote Control / FERC). Pelaksanaan kategori lomba ini secara luring menunggu ijin Satgas Covid.

3. LOMBA POSTER INOVASI TEKNOLOGI KEMARITIMAN DALAM PENANGANAN COVID 19

Setiap tim lomba desain inovasi dan pembuatan prototipe kapal untuk penanganan covid 19 wajib membuat poster yang nanti akan dilombakan pada lomba poster. Adapun ketentuan lomba poster harus memuat ketentuan sebagai berikut: 
  • Poster merupakan karya orisinal mahasiswa dan belum pernah dipublikasikan. 
  • Poster berisi inovasi teknologi kemaritiman dengan: tampilan 3D, inovasi, keunggulan dan prosedur penanganan covid-19. 
  • Poster dibuat dalam ukuran A2 420 mm x 594 cm, dengan format JPG, resolusi minimal 300 ppi. dengan mencantumkan logo kemdikbud pada bagian atas poster dan lambang perguruan tinggi disampingnya, nama mahasiswa dibagian bawah poster, serta sumber referensi poster. 
  • Karya tidak mengandung unsur SARA, Provokatif, dan yang tidak baik.


TAHAPAN DAN JADWAL KEGIATAN KKCTBN TAHUN 2020

Jadwal acara kegiatan KKCTBN 2020 adalah sebagaimana berikut:

Tabel 9. Jadwal lomba desain inovasi kapal kesehatan

No Kegiatan Waktu
1 Publikasi Panduan 18 Agustus 2020
2 Sosislisasi KKCTBN 2020 28 Agustus 2020
3 Workshop 29 Agustus 2020
4 Pendaftaran Indentitas dan Konsep Desain 29 Agustus - 10 September
2020
5 Batas akhir upload Desain 1 Oktober 2020
6 Seleksi Finalis 5 Besar Lomba Desain 14-16 Oktober 2020
7 Pengumuman Finalis 5 Besar Lomba Desain 19 Oktober 2020
8 Pelaksanaan Final Lomba Desain 29-31 Oktober 2020
9 Pengumuman Juara Lomba Desain 31 Oktober 2020


Tabel 10. Jadwal lomba pembuatan dan Performa protoype

No Kegiatan Waktu
1 Publikasi Panduan 18 Agustus 2020
2 Sosislisasi KKCTBN 2020 28 Agustus 2020
3 Workshop 29 Agustus 2020
4 Pembukaan Pendaftaran Kontes FERC, ERC,
ASV
29 Agustus - 10 September 2020
5 Seleksi 10 Besar Kontes FERC, ERC, ASV 11-12 September 2020
6 Pengumuman Seleksi 10 Besar Kontes
FERC, ERC, ASV
14 September 2020
7 Pembuatan Kapal dan video Kontes FERC,
ERC, ASV
15 September – 14 Oktober 2020
8 Seleksi Finalis 5 Besar Kontes FERC, ERC,
ASV
14-16 Oktober 2020
9 Pengumuman Finalis 5 Besar Kontes FERC,
ERC, ASV
19 Oktober 2020
10 Pelaksanaan Final Kontes FERC, ERC, ASV 29-31 Oktober 2020
11 Pengumuman JuaraKontes FERC, ERC, ASV 31 Oktober 2020

Tabel 11. Jadwal Lomba Poster

No Kegiatan Waktu
1 Batas akhir upload poster 13 Oktober 2020
2 Pengumuman Juara Lomba Desain 31 ktober 2020


Download Buku Panduan KKCTBN Tahun 2020 PDF


Download Surat Pengumuman Pelaksanaan KKCTBN Tahun 2020 (di sini).
Download Buku Panduan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) Tahun 2020 (di sini).
Download Contoh Format Surat Pengantar Perguruan Tinggi (di sini).

Demikian Download Buku Panduan KKCTBN Tahun 2020 PDF. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar