Download Panduan Babak Final Pilmapres 2020 PDF

Panduan Babak Final Pilmapres Tahun 2020 PDF

Dibawah ini adalah download pdf panduan babak final pemilihan mahasiswa berprestasi (pilmares) tahun 2020 berdasarkan Surat Edaran Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pengumuman Panduan Pelaksanaan Babak Final Pilmapres Tingkat Nasional Tahun 2020.
panduan babak final pilmapres tahun 2020 pdf tomatalikuang.com

Surat Edaran Pengumuman Panduan Babak Final Pilmapres Tahun 2020

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PUSAT PRESTASI NASIONAL
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270
Telepon ( 021) 5731177

Nomor : 1389/J3/TU/2020                      28 Agustus 2020
Lampiran : Satu berkas

Yth.
  1. 1. Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri/Swasta
  2. 2. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I-XV
  3. 3. Finalis Pilmapres Tahun 2020


Dengan hormat,
Berkaitan dengan akan dilaksanakannya babak final Pilmapres tahun 2020 pada tanggal 10-13 September 2020 secara daring, Pusat Prestasi Nasional memberikan panduan untuk pelaksanaannya pada dokumen terlampir. 

Kami harap Bapak/Ibu menginformasikan panduan ini kepada mahasiswa yang bersangkutan. Apabila terdapat pertanyaan, dapat menghubungi Bapak Topanal Gustiranda, HP. 082381962606 atau Ibu Sudarwati, HP. 08128328041.

Atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami sampaikan terima kasih.

plt. Kepala,
ttd.
Asep Sukmayadi, M.Si
NIP 197206062006041001
Tembusan: Sekretaris Jenderal

PANDUAN PELAKSANAAN BABAK FINAL Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2020

I. PENDAHULUAN - Panduan Pelaksanaan Babak Final Pilmapres Tahun 2020

Perubahan teknologi yang sedang terjadi akan berdampak kepada kehidupan bermasyarakat, sehingga sumberdaya manusia sebagai aktor dalam perubahan senantiasa perlu menyesuaikan diri baik karakter, pengetahuan, maupun keterampilannya. Kemampuan insan Indonesia untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan harus disiapkan dengan sebaik-baiknya, karena akan menentukan kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di tataran Nasional dan Internasional. Sumberdaya manusia yang ideal adalah insan yang memiliki keunggulan seimbang antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Prestasi Nasional perlu memfasilitasi usaha-usaha untuk menciptakan mahasiswa unggul yang memiliki keseimbangan antara ketiga kecerdasan tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memacu pertumbuhan mahasiswa unggul dan berkarakter melalui penyelenggaraan kegiatan kompetisi. 

Seiring dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan program pemerintah, maka pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2020 perlu melibatkan kehadiran teknologi informasi dan komunikasi melalui optimalisasi penggunaan komputer dalam menjaring dan menyaring mahasiswa yang berprestasi unggul, dengan azas kesetaraan mutu PTN dan PTS, serta keterwakilan dalam wilayah untuk mahasiswa dari program sarjana dan program diploma.

Pelaksanan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2020 mengalami perubahan dari pelaksanaan di tahun sebelumnya. Proses seleksi di tingkat wilayah dan Nasional diselenggarakan dengan metode dalam jaringan (daring) karena mempertimbangkan kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia.

II. TUJUAN - Panduan Babak Final Pilmapres Tahun 2020

Tujuan disusunnya panduan ini adalah untuk memberikan arahan kepada para Finalis Pilmapres dan Tim Juri serta Panitia terkait mekanisme pelaksanaan babak final Pilmapres Tahun 2020.

III. PELAKSANAAN BABAK FINAL PILMAPRES TAHUN 2020

Kegiatan babak Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional Tahun 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 10-13 September 2020 dengan finalis yang berjumlah 21 peserta untuk program sarjana dan 20 peserta untuk program diploma.

  1. 1. Pelaksanaan babak final dilakukan dengan sistem daring (melalui media Zoom)
  2. 2. Alamat media Zoom untuk pelaksanaan babak final akan dikirimkan ke alamat surel masing-masing finalis pada tanggal 9 September 2020. Alamat Zoom yang dibagikan berjumlah 4 ruang untuk setiap finalis .
    • a, Ruang untuk acara pembukaan, diskusi kelompok dan penutupan
    • b. Ruang untuk penilaian Gagasan Kreatif
    • c. Ruang untuk penilaian Karya Unggulan
    • d. Ruang untuk penilaian Bahasa Inggris
  3. 3. Finalis memastikan alamat email yang akan digunakan untuk pengiriman link media Zoom adalah email yang digunakan pada saat CBT4. Finalis wajib mengunggah biodata yang disertai foto diri (berwarna) di pojok kanan atas ke laman pilmapres http://pilmapres.kemdikbud.go.id dengan melakukan login menggunakan akun yang digunakan pada saat mengunggah naskah gagasan kreatif paling lambat pada tanggal 1 September 2020 jam 23.59 WIB (format terlampir)
  4. 4. Finalis wajib mengunggah biodata yang disertai foto diri (berwarna) di pojok kanan atas ke laman pilmapres http://pilmapres.kemdikbud.go.id dengan melakukan login menggunakan akun yang digunakan pada saat mengunggah naskah gagasan kreatif paling lambat pada tanggal 1 September 2020 jam 23.59 WIB (format terlampir)
  5. 5. Finalis wajib mengunggah poster yang menyajikanrangkuman gagasan kreatif yang telah diajukan pada tahap II. Poster berukuran A4 dengan resolusi 300 dpi dan format JPEG. dan diunggah ke laman pilmapres http://pilmapres.kemdikbud.go.id dengan melakukan login menggunakan akun yang digunakan pada saat mengunggah naskah gagasan kreatif paling lambat pada tanggal 9 September 2020 jam 23.59 WIB.
  6. 6. Finalis wajib mengunggah poster yang menggambarkan siapa dirinya yang berukuran A4 dengan resolusi 300 dpi dan format JPEG. dan diunggah ke laman pilmapres http://pilmapres.kemdikbud.go.id dengan melakukan login menggunakan akun yang digunakan pada saat mengunggah naskah gagasan kreatif paling lambat pada tanggal 9 September 2020 jam 23.59 WIB.
  7. 7. Finalis wajib mengunggah pakta integitas yang telah ditanda tangani dan diberi materai Rp. 6.000 ke laman pilmapres http://pilmapres.kemdikbud.go.id dengan melakukan login menggunakan akun yang digunakan pada saat mengunggah naskah gagasan kreatif paling lambat pada tanggal 9 September 2020 jam 23.59 WIB 
  8. 8. Selama pelaksanaan penilaian (wawancara/presentasi) melalui media Zoom, posisi video dan audio finalis harus dalam posisi on.
  9. 9. Finalis wajib mempersiapkan 2 perangkat (Laptop/ HP) dengan kamera depan, yang terkoneksi dengan wifi/ LAN dan terinstal aplikasi Zoom. Satu perangkat untuk memonitor aktivitas dari depan dan satu perangkat untuk memonitor dari belakang finalis.
  10. 10. Mencantumkan identitas finalis pada perangkat dengan format : Nama Finalis_Nama PT_Nomor Urut Finalis_01 (Untuk perangkat depan) dan Nama Finalis_Nama PT_Nomor Urut Finalis_02 (Untuk perangkat belakang)
  11. 11. Finalis wajib menyediakan/ menggunakan ruangan yang bersifat private sebagai ruang untuk wawancara/presentasi dengan persyaratan :
  12. a. Ruangan dalam kondisi tertutup
  13. b. Mempunyai pencahayaan yang cukup
  14. c. Merupakan ruangan yang tenang tanpa ganguan, bukan tempat umum seperti restoran, cafe, pos ronda, minimarket dan sejenisnya
  15. 12. Jadwal pelaksanaan babak final terlampir.
  16. 13. Finalis menggunakan pakaian batik yang rapi dan sopan.
  17. 14. Finalis akan melakukan 3 kali proses wawancara/presentasi yaitu dengan Tim Juri Karya Unggulan, Tim Juri Gagasan Kreatif dan Tim Juri Bahasa Inggris. Jadwal wawancara terlampir.

Baca juga: 

Download Panduan Babak Final Pilmapres 2020 PDF

Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut:
  1. Download Panduan Pelaksanaan Babak Final Pilmapres Tahun 2020 PDF (di sini).
  2. Download Surat Pengumuman Panduan Pelaksanaan Babak Final Pilmapres Tahun 2020 PDF (di sini).

Demikian Download Panduan Babak Final Pilmapres 2020 PDF. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar