Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Download Panduan Pelaksanaan LDBI & NSDC Tingkat Provinsi Tahun 2020 PDF Secara Daring (Online)

Dibawah ini adalah download pdf panduan teknis pelaksanaan lomba debat siswa sma ldbi dan nsdc tahun 2020 tingkat provinsi secara daring (online).
Panduan Pelaksanaan LDBI NSDC Tingkat Provinsi Tahun 2020 PDF Secara Daring Online tomatalikuang.com

Panduan Teknis Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) & National Schools Debating Championship (NSDC) Tingkat Provinsi Tahun 2020 Secara Daring (Online)

Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kompetensi peserta didik di bidang komunikasi, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempersiapkan program kompetisi debat bahasa yakni Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC).

LDBI dan NSDC merupakan lomba debat bagi peserta didik yang mempunyai bakat dan minat dalam debat. Kompetisi ini merupakan ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini dengan dukungan kemampuan berpikir kritis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan.

Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, Pemerintah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan kebijakan PSBB, penduduk dilarang untuk masuk dan keluar dari satu wilayah ke wilayah lain, sehingga mempengaruhi penyelengaraan kompetisi LDBI dan NSDC. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Puspresnas untuk menyiasati kondisi tersebut agar kompetisi debat tetap dapat dilaksanakan. Puspresnas tidak ingin menutup hasrat dan motivasi para peserta didik untuk berprestasi di bidang debat Bahasa.

Panduan Teknis ini menjelaskan langkah-langkah yang menjadi pilihan terbaik pelaksanaan seleksi dengan tetap memperhatikan dan mewajibkan pelaksanaan Protokol Covid-19, yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Program ini diharapkan mampu memperoleh potensi-potensi peserta didik yang unggul di bidang debat, dan berkesempatan untuk tampil menunjukan kemampuannya di tingkat internasional.

Prinsip penyelenggaraan kompetisi adalah bahwa para peserta didik melaksanakan proses seleksinya dari rumah, dengan tujuan untuk melindungi kesehatan dan rasa aman para peserta didik dari bahaya virus Covid-19, namun tetap dapat berprestasi.

Daftar Isi Panduan Teknis Pelaksanaan LDBI/NSDC 2020 Tingkat Provinsi Secara Daring/Online

  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • PENDAHULUAN
    • Latar Belakang
    • Tujuan Kegiatan
    • Dasar Hukum
    • Sasaran
    • Hasil yang Diharapkan (Output)
    • Ruang Lingkup
    • Ketentuan dan Batasan Umum
  • KETENTUAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19
    • Prinsip Umum
    • Acuan Lomba
    • Sistem Dan Mekanisme Lomba
    • Protokol Kesehatan Individu
      • 1. Peserta
      • 2. Orang Tua
      • 3. Panitia
      • 4. Juri
  • KETENTUAN DAN PERSYARATAN
    • Bentuk Kegiatan
    • Persyaratan Peserta
    • Ketentuan Dewan Juri
    • Penilaian
    • Kepanitian
    • Waktu Pelaksanaan
    • Pengumuman
  • MEKANISME SELEKSI
    • Strategi Kegiatan
    • Mekanisme Kegiatan
  • PENUTUP

SASARAN LOMBA LDBI & NSDC

Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik SMA/MA/ sederajat di seluruh Indonesia, yang memiliki bakat dan minat di bidang debat.

SISTEM DAN MEKANISME LDBI / NSDC Tahun 2020 Tingkat Provinsi

  1. 1. Secara umum pelaksanaan lomba dilakukan secara daring, kecuali jika ada kondisi tertentu yang mengharuskan dilakukan secara luring
  2. 2. Peserta mengikuti lomba dari rumah, didampingi orang tuanya, bisa didampingi pula dari unsur sekolah, wakil juri, atau kepanitian setempat yang diprakarsai oleh Dinas Pendidikan setempat
  3. 3. Dalam menjalankan kegiatan, setiap pihak harus mendisplinkan dirinya dapat mengikuti protokol kesehatan Covid-19 sesuai porsi masing-masing.

BENTUK KEGIATAN

Kompetisi debat meliputi Lomba Debat Bahasa Indonesia dan National Schools Debating Championship, yang masing-masing memiliki format yang berbeda, yakni :
  1. 1. Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) menggunakan format debat Parlemen Asia
  2. 2. National Schools Debating Championship(NSDC) menggunakan format World School dan menjadi ajang seleksi untuk lomba debat tingkat dunia atau World Schools Debating Championship (WSDC). 

PENILAIAN LOMBA

Penilaian kompetisi debat akan dilakukan pada aspek-aspek berikut: 

1. Isi (content)

Isi adalah logika argumentasi yang disampaikan oleh pembicara, terlepas dari gaya bicaranya. Isi dinilai dari kekuatan logika, relevansi argumen, dan penggunaan data-data yang terkait dengan topik debat. Sanggahan terhadap argumentasi video dari dewan juri harus di buktikan logika serta relevansinya. Komponen ini memiliki bobot 40% dari keseluruhan penilaian. 

2. Penyampaian (style)

Penyampaian adalah cara pedebat menyampaikan argumentasinya menyangkut bagaimana pembicara mengontrol dan mengelola bahasa tubuh, volume suara, kontak mata dan variasi ekspresi untuk membuat video pidatonya menarik dan enak didengarkan. Komponen ini memiliki bobot 40% dari keseluruhan penilaian. 

3. Strategi (strategy)

Strategi menyangkut bagaimana pembicara memanfaatkan waktu yang diberikan dengan baik, dalam pembuatan video tahap-1 dan menggunakan strategi pembelaan dan perlawanan (tanggapan) dengan baik terhadap video yang diberikan pada tahap-2. Struktur penyampaian juga termasuk dalam strategi. Komponen ini memiliki bobot 20% dari keseluruhan penilaian. 

Standar Penilaian NSDC Tahun 2020 Tingkat Provinsi

Pada NSDC, penilaian ditentukan berdasarkan aturan dalam sistem World Style. Penilaian hanya pada substantive speech yang berdasarkan pada ketentuan berikut.
Pada NSDC, standard penilaian adalah sebagai berikut:

Standar Overall
(/100)
Style
(/40)
Content
(/40)
Strategy
(/20)
Exceptional 80 32 32 16
Excellent 76-79 31 31 15-16
Extremely Good 74-75 30 30 15
Very Good 71-73 29 29 14-15
Good 70 28 28 14
Satisfactory 67-69 27 27 13-14
Competent 65-66 26 26 13
Pass 61-64 25 25 12-13
Improvement Needed 60 24 24 12

Standar Penilaian LDBI Tahun 2020 Tingkat Provinsi

Pada LDBI, standard penilaian adalah sebagai berikut:

67 Pendebat tidak bicara sama sekali.
68-69 Pendebat berbicara tetapi isi pidatonya tidak berbobot.
70-73 Substansi argumen berbobot tetapi struktur tidak jelas.
74 Substansi dan struktur pidato hampir lengkap
75 RATA-RATA (struktur lengkap, tugas terpenuhi, respon cukup, menerima/memberi interupsi, argumen jelas meskipun terdapat kekurangan).
76 Penampilan sedikit di atas rata-rata.
77-79 Struktur lengkap, ide revolusioner.
80-81 Nilai yang layak untuk tim di babak final
82-83 Sempurna

WAKTU JADWAL PELAKSANAAN LDBI dan NSDC 2020 Tingkat Provinsi

Pelaksanaan seleksi debat secara daring bidang Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) dilaksanakan berdasarkan tahapan yakni :
  1. 1. Pendaftaran peserta dilaksanakan pada tanggal 6 s.d 25 Agustus 2020.
  2. 2. Seleksi tingkat Provinsi dilaksanakan pada tanggal Seleksi NSDC tanggal 31 Agustus s.d 4 September 2020 dan LDBI tanggal 7 s.d 11 September 2020
  3. 3. Seleksi tingkat Nasional dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 14 oktober 2020 (jadwal tentatif). 
  4. 4. Penjurian akan dilaksanakan oleh dewan juri pusat yang di tetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional. 
  5. 5. Pada saat seleksi tingkat Provinsi dan Nasional, seluruh dewan juri pusat berada pada satu tempat atau lokasi dan waktu yang ditentukan Pusat Prestasi Nasional.

PENGUMUMAN LOMBA

Hasil seleksi debat secara daring pada program Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) akan diinformasikan secara resmi melalui Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada Dinas Pendidikan Provinsi di seluruh Indonesia.

Selengkjapnya bisa anda baca pada file panduan ldbi dan nsdc tingkat provinsi tahun 2020 di bawah ini.

Download Panduan Pelaksanaan LDBI dan NSDC Tingkat Provinsi Tahun 2020 PDF

Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut: Panduan-LDBI-NSDC-2020-Provinsi.pdf

Posting Komentar

0 Komentar