Donwnload Juknis & Surat Edaran KDMI Nasional 2020 PDF

Dibawah ini adalah download pdf petunjuk teknis (juknis), surat edaran, dan daftar peserta kdmi tingkat nasional tahun 2020.
juknis kdmi tingkat nasional tahun 2020 pdf tomatalikuang.com

Juknis, Surat Edaran, dan Daftar Peserta KDMI Tingkat Nasional Tahun 2020 PDF


Surat Edaran KDMI Tingkat Nasional Tahun 2020

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PUSAT PRESTASI NASIONAL
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270
Telepon: (021) 5731177, Faksimile: (021) 5721243

Nomor : 1788/J3/TU/2020 22 September 2020
Lampiran : 2 (dua) lembar, 1 (satu)berkas
Perihal : Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Nasional Tahun 2020

Yth.
1. Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta
2. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I-XV
di tempat

Dengan Hormat, perlu kami sampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Nasional Tahun 2020, sebagai berikut :
2. Berdasarkan Surat Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 1377/J3/TU/2020 tanggal 26 Agustus 2020, perihal Pengumumman seleksi Tahap II KDMI 2020, telah diumumkan nama peserta dan universitas yang dinyatakan lolos ke tingkat Nasional sebagaimana daftar terlampir;
3. Menghimbau Pimpinan Perguruan Tinggi terkait dapat memberikan dukungan fasilitas bagi tim debatnya agar dapat mengikuti kompetisi secara daring;
5. Menyampaikan Petunjuk Teknis Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Nasional Tahun 2020, sebagai acuan untuk pelaksanaan kompetisi secara daring. 

Demikian hal yang dapat kami sampaikan, untuk mendapatkan perhatian dan dukungan sehingga pelaksanaan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Nasional Tahun 2020 dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan teknis.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami mengucapkan terima kasih
plt. Kepala,
ttd.
Asep Sukmayadi
NIP 197206062006041001

DAFTAR ISI Juknis KDMI Tingkat Nasional Tahun 2020
DAFTAR ISI ....................................................................................................................... 2
Kata Pengantar ................................................................................................................... 3
A. NAMA KEGIATAN.................................................................................................... 4
B. WAKTU PENYELENGGARAAN ............................................................................. 4
C. PESERTA .................................................................................................................... 4
D. MEKANISME KOMPETISI ...................................................................................... 4
E. PENILAIAN…………………………………………………………………… ……..6
F. KETENTUAN KOMPETISI DARING……………………………………………….7
G. KEBUTUHAN SARANA DAN PRASARANA……………………………………. 10
H. PENGHARGAAN……………………………………………………………………..10
I. LAMPIRAN KONSTITUSI KDMI ………………………………………………….11

Kata Pengantar - Juknis KDMI Tingkat Nasional Tahun 2020

Debat berbahasa Indonesia di kalangan perguruan tinggi adalah bagian penting dalam persaingan global. Dalam rangka meningkatkan kualitas daya saing bangsa, sudah selayaknya pemerintah melalui Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan debat berbahasa Indonesia bagi mahasiswa di Indonesia. Lomba debat ini diwadahi dalam kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI). KDMI merupakan lomba debat bagi mahasiswa yang mempunyai bakat dan minat dalam debat. Kompetisi ini merupakan ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini dengan dukungan kemampuan berpikir kritis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan

KDMI 2020 diikuti oleh 30 tim dari 15 wilayah (LLDIKTI) di Indonesia. Dengan menggunakan sistem Asian Parliamentary (AP). Dalam masa Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, maka kegiatan lomba KDMI tahun ini akan diselenggarakan secara daring. Prinsip penyelenggaraan kompetisi adalah bahwa para mahasiswa tetap dapat berprestasi dengan melaksanakan kompetisi dari rumah, dengan tujuan untuk melindungi kesehatan dan rasa aman para mahasiswa dari bahaya virus Covid-19. Menyadari kompleksitas sistem penyelenggaraan yang digunakan dalam KDMI secara daring ini, maka dibutuhkan sebuah panduan yang bersifat teknis agar KDMI dapat berjalan sesuai  dengan ketentuan dan aturanaturan teknis yang berlaku dalam sebuah kompetisi debat.

Pimpinan PUSPRESNAS mengucapkan terima kasih kepada tim penulis dan kontributor lainnya yang telah bekerja sungguh-sungguh menyusun dan menerbikan buku panduan ini. Selanjutnya, buku Panduan Teknis Kompetisi Debat diharapkan dapat segera disebarkan ke daerah sehingga mereka dapat segera mempersiapkan diri dan melakukan koordinasi seperlunya. Semoga kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia 2020 dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal.
Jakarta, September 2020
Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional
ttd.
Asep Sukmayadi
NIP 197206062006041001

A. NAMA KEGIATAN

B. WAKTU PENYELENGGARAAN KDMI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2020

KDMI 2020 dilakukan secara daring pada tanggal 30 September s.d 5 Oktober 2020

C. PESERTA KDMI Nasional 2020

  1. 1. Peserta KDMI adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. 2. Peserta KDMI 2020 adalah 3 pendebat dan 1 (satu) juri N1 (juri institusi) yang telah dinyatakan lolos seleksi wilayah tahun 2020. 
  3. 3. Pendebat adalah mahasiswa aktif Program Sarjana (maksimal semester 10) atau Diploma (maksimal semester 6 untuk D-3 dan semester 8 untuk D4), yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) pada laman http://forlap.dikti.go.id.
  4. 4. Peserta atau pendebat yang telah terdaftar pada saat seleksi wilayah dan dinyatakan lolos ke KDMI nasional tahun 2020, tidak boleh diganti dengan alasan apapun. Apabila terjadi pergantian maka tim tersebut menjadi tim yang akan kehilangan haknya untuk lolos ke babak selanjutnya (babak eliminasi)
  5. 5. Juri N1 adalah mahasiswa aktif/ dosen dari perguruan tinggi asal Pendebat yang dibuktikan dengan Surat Tugas yang ditandatangani oleh pimpinan perguruan tinggi.
  6. 6. Pendebat wajib mengikuti Seminar Debat
  7. 7. Juri N1 wajib mengikuti Seminar Penjurian, dan akreditasi dan mengikuti keseluruhan babak penyisihan untuk menentukan status juri.

D. MEKANISME KOMPETISI KDMI Nasional 2020

Sistem dan Mekanisme Lomba KDMI Nasional Tahun 2020

  1. a. KDMI dilakukan secara daring.
  2. b. Peserta mengikuti lomba dari rumah atau kampus mereka masing-masing dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan perlindungan diri.
  3. c. Dalam menjalankan kegiatan, setiap pihak harus mendisplinkan dirinya dapat mengikuti protokol kesehatan Covid-19 sesuai porsi masing-masing.

Babak dalam KDMI daring 2020

KDMI 2020 berlangsung dalam beberapa babak:
  1. a. Babak Penyisihan: Terdapat 5 babak penyisihan di KDMI tingkat nasional.
  2. b. Babak Perdelapan Final (16 Besar): Babak ini mempertemukan tim yang berada pada peringkat 1 s/d 16 hasil babak penyisihan. Tim-tim tersebut bertanding di 8 ruang debat. Tim pemenang di masing-masing ruang debat akan mengikuti babak Perempat Final.
  3. c. Babak Perempat Final: Babak ini mempertemukan 8 tim pemenang di babak perdelapan final. Tim-tim tersebut bertanding di 4 ruang debat. Tim pemenang di masingmasing ruang debat akan mengikuti babak Semi Final
  4. d. Babak Semi Final: Babak ini mempertemukan 4 tim pemenang di babak semi final. Tim-tim tersebut bertanding di 2 ruang debat. Tim pemenang di masing-masing ruang debat akan mengikuti babak Grand final. 2 Tim yang kalah dalam babak ini akan langsung menempati posisi sebagai Juara 3.
e. Babak Final: Babak ini adalah babak puncak yang mempertemukan 2 tim terbaik dari babak semifinal untuk menentukan Juara 1 dan Juara 2

Selengkapnya bisa anda baca pada file juknis kdmi tingkat nasional tahun 2020 pdf di bawah ini:

Download Juknis, Surat Edaran, dan Daftar Peserta KDMI Tingkat Nasional Tahun 2020 PDF

  • Surat Edaran dan Daftar Peserta KDMI Tingkat Nasional Tahun 2020 PDF (di sini).
  • Petunjuk Teknis (Juknis) KDMI Tingkat Nasional Tahun 2020 PDF (di sini).

Posting Komentar

0 Komentar