Surat Edaran Pelaksanaan KSN SD Tingkat Provinsi Tahun 2020 (Daring & Luring)

Dibawah ini adalah informasi tentang pelaksanaan kompetisi sains nasional (ksn) jenjang sekolah dasar (sd) tingkat provinsi tahun 2020.

Surat Edaran Informasi Pelaksanaan KSN SD Tingkat Provinsi Tahun 2020


KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PUSAT PRESTASI NASIONAL
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270
Telepon ( 021) 5731177


Nomor : 1849/J3/PD/2020 25 September 2020
Lampiran : Satu berkas

Yang terhormat,
1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2. Kepala LPMP Provinsi
Seluruh Indonesia

Perubahan Jadwal Seleksi KSN SD Tingkat Provinsi Tahun 2020

Berdasarkan Panduan Teknis Pelaksanaan KSN SD Tahun 2020, yang telah kami upload dilaman Pusat Prestasi Nasional (https://sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/) dengan hormat kami informasikan bahwa yang semula pelaksanaan KSN SD dijadwalkan pada tanggal 28 September 2020 berubah menjadi tanggal 7 Oktober 2020. Seleksi dimaksud akan dilaksanakan serentak pada tanggal 7 Oktober 2020 secara daring maupun luring, mulai pukul 09.00 WIB, 10.00 WITA, 11.00 WIT. 

Berkaitan pelaksanaan dimaksud, kami sampaikan hal sebagai berikut:
  1. 1. Peserta yang akan mengikuti seleksi KSN SD tingkat provinsi secara daring maupun luring adalah peserta yang telah diregistrasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota kedalam laman Pusat Prestasi Nasional dan telah mendapatkan akun serta password peserta.
  2. 2. Peserta yang telah terdata akan melaksanakan seleksi KSN SD secara daring tidak diperbolehkan mengikuti seleksi KSN SD secara luring (daftar peserta akan disampaikan pada tanggal 2 Oktober 2020 setelah penutupan proses registrasi). 
  3. 3. Peserta seleksi KSN SD secara daring akan mengerjakan soal menggunakan smartphone berbasis android dan jaringan internet serta mendownload Aplikasi KSN SD di Google Play Store. Sedangkan peserta seleksi KSN SD secara luring mengerjakan soal yang telah didownload oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui laman Pusat Prestasi Nasional.
  4. 4. Mekanisme seleksi KSN SD secara daring telah kami tuangkan dalam Panduan Teknis Pelaksanaan KSN SD Tahun 2020. Mekanisme seleksi KSN SD secara luring sebagaimana terlampir.
  5. 5. Penilaian peserta seleksi KSN SD tingkat provinsi dilakukan oleh Pusat Prestasi Nasional.
  6. 6. Hasil penilaian peserta seleksi KSN SD tingkat provinsi akan diumumkan melalui laman Pusat Prestasi Nasional.


Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan Saudara dapat menyampaikan informasi dimaksud kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan seluruh peserta seleksi KSN SD tingkat provinsi tahun 2020.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

a.n. Sekretaris Jenderal
Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional,
ttd.
Asep Sukmayadi
NIP 197206062006041001
Tembusan: 
  1. 1. Sekretaris Jenderal, Kemdikbud
  2. 2. Kasubag Tata Usaha Puspresnas, Kemdikbud


Download Surat Edaran Pelaksanaan KSN SD Tingkat Provinsi Tahun 2020 Daring dan Luring PDF

Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut: Surat Informasi KSN SD Tk. Provinsi 2020.pdf

MEKANISME SELEKSI KSN-SD TINGKAT PROVINSI SECARA LURING

  1. 1. Pelaksanaan seleksi KSN-SD tingkat provinsi dilaksanakan di rumah peserta;
  2. 2. Pelaksanaan KSN-SD dilaksanakan secara luring pada tanggal 7 Oktober 2020, dengan ketentuan Wilayah Indonesia Barat mulai pukul 09.00 WIB, Wilayah Indonesia Tengah pukul 10.00 WITA, dan Wilayah Indonesia Timur pukul 11.00 WIT
  3. 3. Tes dilaksanakan selama 60 (enam puluh menit) untuk soal masing-masing bidang pelajaran.
  4. 4. Orangtua dan peserta menandatangani Surat Pernyataan/Pakta Integritas dan Surat Pernyataan Ijin Orang Tua/Wali (lampiran 1 dan 2). Surat Pernyataan yang telah ditandatangani diserahkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk dikirimkan ke Pusat Prestasi Nasional melalui alamat email sd.puspresnas@kemdikbud.go.id.
  5. 5. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota menetapkan pendamping bagi peserta yang mengikuti seleksi KSN-SD tingkat provinsi secara luring.
  6. 6. Pendamping berkordinasi dengan orang tua peserta didik dalam rangka pelaksanaan KSN-SD dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19. 
  7. 7. Pendamping menandatangani Surat Pernyataan Pendamping (lampiran 3).
  8. 8. Pendamping mengunggah (mengupload) Surat Pernyataan Pendamping yang telah ditandatangani ke Pusat Prestasi Nasional melalui alamat email sd.puspresnas@kemdikbud.go.id.
  9. 9. Pendamping berfungsi sebagai pengawas peserta saat seleksi KSN SD, dengan tugas sebagai berikut:
    1. a. memastikan identitas peserta sesuai dengan data peserta;
    2. b. memastikan peserta telah membaca petunjuk pengerjaan soal;
    3. c. memastikan peserta tidak menggunakan buku catatan, kamus matematika atau kamus sains (IPA), kalkulator, tabel, atau alat elektronik lain yang dapat digunakan untuk menghitung dan menyimpan data, kecuali buku Kamus Bahasa Inggris-Indonesia dan Kamus Bahasa Indonesia-Inggris;
    4. d. melakukan pengawasan kepada peserta selama mengerjakan soal;
    5. e. melakukan perekaman foto dan video keadaan peserta saat mengerjakan soal;
    6. f. memberikan ijin kepada peserta ketika akan buang air (ke kamar kecil/toilet);
  10. 10. Pendamping berjumlah sebanyaknya peserta tiap kabupaten/kota.
  11. 11. Pendamping bukan pembina saat seleksi KSN SD.
  12. 12. Batas waktu pengiriman Surat Pernyataan Pendamping sehari sebelum pelaksanaan seleksi KSN SD tingkat provinsi tahun 2020.
  13. 13. Pengiriman dokumentasi kegiatan berupa perekaman foto dan video bersamaan dengan pengiriman lembar jawaban peserta melalui alamat email sd.puspresnas@kemdikbud.go.id.


TEKNIS PENGAMBILAN NASKAH SOAL DAN PENGIRIMAN LEMBAR JAWABAN PESERTA SELEKSI KSN-SD TINGKAT PROVINSI SECARA LURING

  1. 1. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mendownload naskah soal dan lembar jawaban di laman https://sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba pada tanggal 6 Oktober 2020 atau sehari sebelum pelaksanaan seleksi KSN SD tingkat provinsi tahun 2020.
  2. 2. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota menyerahkan naskah soal dan lembar jawaban yang telah tercetak kepada peserta melalui pendamping yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. 
  3. 3. Naskah soal dan lembar jawaban diberikan kepada peserta seleksi KSN-SD tingkat provinsi tahun 2020.
  4. 4. Setelah peserta selesai melaksanakan tes, lembar jawaban diserahkan kepada pendamping yang bertugas.
  5. 5. Lembar jawaban yang telah diterima oleh pendamping dikirimkan kepada Pusat Prestasi Nasional melalui email sd.puspresnas@kemdikbud.go.id pada hari yang sama paling lambat 2 (dua) jam setelah pelaksanaan tes.
  6. 6. Hardcopy hasil lembar jawaban peserta dikirimkan ke Pusat Prestasi Nasional dengan alamat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretariat Jenderal, Pusat Prestasi Nasional, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Gedung C, Lantai 19, Bidang Pendidikan Dasar (Sekolah Dasar), paling lambat 2 (dua) hari setelah pelaksanaan tes.
  7. 7. Pusat Prestasi Nasional melakukan pengambilan hasil lembar jawaban peserta melalui email untuk diinput ke aplikasi KSN SD.
  8. 8. Juri memeriksa hasil input jawaban peserta

Alur Seleksi KSN SD Tingkat Provinsi Tahun 2020 Secara Luring

alur mekanisme seleksi ksn sd tahun 2020 secara luring tomatalikuang.com


Posting Komentar

0 Komentar