Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Download Buku Petunjuk Pelaksanaan Kontes Robot Abu KRAI 2020 PDF

 Dibawah ini adalah download pdf buku panduan / petunjuk pelaksanaan (juklak / juknis) kontes robot abu indonesia (krai) tahun 2020 secara daring / online resmi dari Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Buku Petunjuk Pelaksanaan Kontes Robot Abu KRAI Daring Tahun 2020 PDF

petunjuk pelaksanaan kontes robot abu indonesia krai tahun 2020 pdf tomatalikuang.com


Daftar Isi - Petunjuk Pelaksanaan Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) Tahun 2020 PDF

  1. 1. PENDAHULUAN  --- 4
  2. 2. BENTUK KRAI DARING --- 4
  3. 3. RINGKASAN PERMAINAN KRAI  --- 4
  4. 4. SPESIFIKASI PERANGKAT KONTES  --- 5
  5. 5. SPESIFIKASI PERANGKAT KOMUNIKASI DARING  --- 5
  6. 6. PENYESUAIAN ATURAN PERTANDINGAN  --- 6
  7. 7. AGENDA KEGIATAN KRAI 2020 DARING  --- 7
  8. 8. PESERTA  --- 7
  9. 9. MEKANISME PENDAFTARAN PESERTA KRAI 2020 DARING  --- 7
  10. 10. PENGIRIMAN DOKUMEN PENDAFTARAN KRAI 2020 DARING --- 8
  11. 11. ALAMAT PENYELENGGARA  --- 8
  12. LAMPIRAN 1: BORANG PENDAFTARAN KRAI 2020  --- 10
  13. LAMPIRAN 2: RULE ABU ROBOCON 2020 --- 13

1. Pendahuluan (Buku Petunjuk Pelaksanaan Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) Tahun 2020 PDF)

Pandemi covid 19 yang melanda hampir semua negara, berpengaruh besar pada penundaan pelaksanaan ABU Robocon 2020 Fiji dalam waktu yang belum bisa ditentukan. Ada beberapa negara yang melaksanakan kontes nasional, namun ada pula beberapa negara yang sampai saat ini belum ada berita tentang pelaksanaan kontes ABU Robocon 2020 di masing-masing negaranya. Tiap negara yang menyelenggarakan kontes, menggunakan format yang berbeda dalam pelaksanaannya. Sebagai contoh, Hongkong telah melaksanakan kontes secara luring dengan penerapan protokol kesehatan. Di lain sisi, Jepang melaksanakan kontes secara daring dengan cara pengiriman video untuk dinilai publik.

Melihat perkembangan dan situasi yang ada, Indonesia memutuskan untuk kembali melaksanakan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2020. KRAI 2020 akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 16-24 November 2020 secara daring, yang ruang kendalinya dipusatkan di Institut Teknologi Bandung (ITB). Juara KRAI 2020 berhak mewakili Indonesia di ABU Robocon 2020.

2. Bentuk KRAI Daring Tahun 2020

Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2020, mengacu pada Panduan ABU Robocon 2020 dengan tema “Robo Rugby 7s”, dengan beberapa penyesuaian aturan tentang lapangan, jumlah bola, dan perolehan nilai, sehingga memungkinkan dilaksanakan secara daring. Panduan lengkap ABU Robocon 2020 ada di Lampiran 2 pada dokumen ini.

Kontes dilaksanakan dalam bentuk daring, para tim yang mewakili Perguruan Tinggi melaksanakan kontes secara berurutan, mendemonstrasikan kemampuan 2 buah robot yaitu Pass Robot (PR) dan Try Robot (TR) bermain rugby di lapangan kontes. Total kesempatan demonstrasi permainan rugby untuk tiap tim adalah 3 kali. Peserta KRAI 2020 diwajibkan menyediakan robot pemain rugby, lapangan dan perangkat kontes, serta perangkat komunikasi daring (video dan audio).

3. Ringkasan Permainan KRAI Tahun 2020

Peserta menentukan sendiri sebagai Tim Merah atau Biru, dan melaksanakan kontes di lapangan yang  telah disiapkan di masing-masing Perguruan Tinggi. Kontes berlangsung paling lama tiga (3) menit. Setiap tim membuat dua (2) robot yang dikenal sebagai Pass Robot (PR) dan Try Robot (TR). Kedua5 robot itu bisa manual atau otomatis. PR dimulai dari PR Start Zone. PR mengambil satu Try Ball dari Ball Rack dan mengoper Try Ball dari Passing Zone ke TR yang terletak di Receiving Zone. TR dimulai dari TR Start Zone dan pindah ke Receiving Zone untuk menerima Try Ball dari PR. TR kemudian menghindari tiang-tiang penghalang untuk mencetak Try di salah satu dari 5 Try Spots. Setelah Try oleh TR berhasil, langkah tendangan dapat diambil dari Kicking Zone untuk membuat Gol. Permainan berlanjut sampai kelima Kick Ball digunakan atau waktu 3 menit selesai.

4. Spesifikasi Perangkat Kontes KRAI 2020

Perangkat kontes adalah lapangan kontes, gawang, dan bola. Lapangan kontes pada KRAI 2020 daring berukuran setengah dari lapangan penuh yang ada di panduan ABU Robocon 2020 (lihat lampiran 2). Peserta bebas memilih untuk membuat lapangan kontes, sebagai Tim Merah atau Tim Biru. Pada bagian gawang dipasang jaring untuk memudahkan pengamatan saat bola masuk gawang. Untuk bola, jumlah Kick Ball ditetapkan hanya 5 buah untuk tiap tim. Gambar 1 memperlihatkan contoh setengah lapangan kontes yang dibuat oleh the University of Tokyo.
lapangan kontes robot abu indonesia krai tahun 2020 the university of tokyo tomatalikuang.com
Gambar 1. Setengah lapangan kontes (The University of Tokyo) -
[Klik gambar untuk memperbesar]

5. Spesifikasi Perangkat Komunikasi Daring

Tim Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) menyiapkan perangkat daring berupa 4 kamera untuk mengirimkan video pelaksanaan kontes secara daring dan 1 perangkat komunikasi daring dengan juri. Jenis dan penempatan kamera secara garis besar diilustrasikan pada Gambar 2.6
Penempatan kamera pada lapangan KRAI 2020 tomatalikuang.com
[Klik gambar untuk memperbesar]
Gambar 2. Penempatan kamera pada lapangan KRAI 2020

Posisi kamera dijelaskan sebagai berikut:

  1. 1. Kamera Utama : Memperlihatkan keseluruhan lapangan kontes
  2. 2. Kamera Gawang : Memperlihatkan kondisi gawang, fokus untuk validasi keabsahan terjadinya goal
  3. 3. Kamera Dinamis 1 : Mengikuti arah gerakan dan memperlihatkan aktivitas Pass Robot (PR)
  4. 4. Kamera Dinamis 2 : Mengikuti arah gerakan dan memperlihatkan aktivitas Try Robot (TR)

6. Penyesuaian Aturan Pertandingan

Aturan pertandingan secara umum mengukuti rule yang ada di ABU Robocon 2020. Ada 2 hal yang  disesuaikan berkaitan dengan pelaksanaan kontes secara daring yaitu :
  1. 1. Jumlah Kick Ball ditetapkan menjadi hanya 5 buah.
  2. 2. Nilai yang menjadi hak tim lawan karena bola masuk ke lapangan tim lawan, pada kontes ini ditiadakan, karena tidak dilakukan pertandingan antara 2 tim.

7. Jadwal / Agenda Kegiatan KRAI 2020 Daring

KRAI 2020 akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020 Tingkat Nasional. Seluruh calon peserta KRAI melakukan pendaftaran dengan mengirimkan berkas kelengkapan yang ditentukan pada bagian 7 dokumen ini.
No Kegiatan Waktu
1 Pendaftaran proposal KRAI 19 – 30 Oktober 2020
2 Evaluasi dokumen pendaftaran KRAI 9 – 10 November 2020
3 Pengumuman hasil evaluasi KRAI 12 November 2020
4 Pelaksanaan KRAI 2020 20 – 23 November 2020

8. Peserta KRAI Tahun 2020

KRAI Daring 2020 dapat diikuti tim mahasiswa dari institusi atau perguruan tinggi Negeri dan perguruan tinggi Swasta yang terdaftar dan berada dalam lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, serta terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

Persyaratan sebagai peserta KRAI adalah:

  1. 1. Berstatus mahasiswa aktif pada Perguruan Tinggi yang berada dalam lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, serta terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti)
  2. 2. Mendapat persetujuan dari Pimpinan Perguruan Tinggi
  3. 3. Setiap Perguruan Tinggi hanya diperkenankan untuk mengirim satu Tim Peserta untuk masingmasing divisi.
Setiap tim KRAI terdiri dari 4 (empat) mahasiswa (termasuk ketua tim). Mahasiswa peserta Kontes Robot Indonesia adalah mahasiswa aktif yang ditunjukkan dengan Kartu Tanda Mahasiswa masing-masing yang masih berlaku.

9. Mekanisme Pendaftaran Peserta KRAI 2020 Daring

Dengan berubahnya aturan kontes pada divisi KRAI, maka pendaftaran Kontes Robot ABU Indonesia Daring tahun 2020 dibuka kembali dari awal. Untuk dapat mengikuti Kontes Robot Indonesia, calon peserta melakukan tahapan sebagai berikut:
  1. 1. Memenuhi persyaratan sebagai peserta KRI.
  2. 2. Membuat dan mengirimkan dokumen pendaftaran kepada Panitia Kontes Robot Indonesia Tahun 2020 (pengiriman online, dengan alamat sesuai terlampir pada petunjuk pelaksanaan).
  3. 3. Seluruh calon peserta KRI yang telah mengirimkan proposal pada masa pendaftaran KRI bulan Maret 2020, tetap membuat dokumen pendaftaran baru yang menyesuaikan dengan perubahan aturan KRAI.

10. Pengiriman Dokumen Pendaftaran KRAI 2020 Daring

Kriteria Dokumen Pendaftaran KRAI 2020 Daring

Tim calon peserta KRAI membuat dan mengirimkan dokumen pendaftaran dengan kriteria sebagai berikut:
  1. 1. Setiap tim calon peserta harus mengajukan dokumen pendaftaran kepada Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, c.q. Panitia Pusat KRI 2020, dengan alamat sesuai terlampir pada alamat panitia.
  2. 2. Dokumen pendaftaran dikirimkan secara daring (online).
  3. 3. Dokumen pendaftaran harus mendapat persetujuan Pimpinan Perguruan Tinggi masing-masing.
  4. 4. Borang Pendaftaran (Application Form) dapat dilihat pada Lampiran 1.
  5. 5. Tim yang lolos evaluasi akan diumumkan melalui surat pemberitahuan dan melalui laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kontes Robot Indonesia sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Isi dan Format Dokumen Pendaftaran KRAI 2020 Daring

Isi dan format dokumen pendaftaran Kontes Robot Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. 1. Borang berisi: (a) Informasi lengkap tentang nama anggota tim, nama pembimbing, institusi, alamat lengkap, nomor telepon, email dan nomor telepon selular aktif yang dapat dihubungi; (b) Informasi lengkap tentang robot yang telah dibuat (dua robot) meliputi desain struktur robot, perangkat keras dan perangkat lunak; (c) Foto kedua buah robot; (d) Foto lapangan dan perangkat kontes; (e) Foto infrastruktur perangkat komunikasi daring. Lihat Lampiran 1.
  2. 2. Dokumen pendaftaran tidak boleh melebihi maksimal 25 (dua puluh lima) halaman termasuk surat pengantar, daftar isi, gambar dan lampiran.

Pengiriman dokumen pendaftaran:

  1. 1. Dokumen pendaftaran dikirimkan secara online melalui informasi yang terdapat pada website.
  2. 2. Submisi dokumen melalui alamat website: https://kontesrobotindonesia.id
  3. 3. Dokumen dalam format pdf termasuk scan copy surat pengantar resmi dari Pimpinan Perguruan Tinggi (dalam satu file).
  4. 4. Aturan penamaan file: KRAI <Nama PT> <Nama Tim>.pdf

11. Alamat Penyelenggara / Panitia KRAI 2020

Panitia Kontes Robot Indonesia 2020,
Pusat Prestasi Nasional
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gedung C lantai 19
Jln. Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan
Jakarta Pusat 10270
Telp. 021-57212439
Email : dikti.puspresnas@kemdikbud.go.id (dengan subject: KRAI 2020)
dan tembusan (cc) ke djoko@kontesrobotindonesia.id

Download Buku Petunjuk Pelaksanaan Kontes Robot Abu Indoensia (KRAI) Tahun  2020 + Lampiran PDF

Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut: Petunjuk Pelaksanaan KRAI 2020.pdf
atau bisa langsung anda baca filenya berikut ini:

Posting Komentar

0 Komentar