Download Petunjuk Pelaksanaan Peksiminas Tahun 2020 PDF

 Dibawah ini adalah download pdf panduan / pedoman / petunjuk pelaksanaan (juklak) pekan seni mahasiswa tingkat nasional (peksiminas) XV tahun 2020 resmi dari Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Panduan / Petunjuk Pelaksanaan Peksiminas XV Tahun 2020 PDF

panduan pedoman petunjuk pelaksanaan pekan seni mahasiswa nasional peksiminas tahun 2020 pdf tomatalikuang.com

KATA PENGANTAR Panduan / Petunjuk Pelaksanaan Peksiminas XV Tahun 2020 PDF

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang telah diberikan-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat menyelenggarakan acara dua tahunan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) yang merupakan puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni walapun dalam masa pandemi Covid-19. PEKSIMINAS merupakan kegiatan yang berkesinambungan guna memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam bidang seni, baik senisuara, senipertunjukan, seni sastra, maupun seni rupa. Melalui kegiatan ini diharapkan paramahasiswa mampu meningkatkan dan mengembangkana prestasi dan kreasi seninya untuk memperkaya budaya bangsa berdasarkan Bhineka Tunggal Ika.
Dalam Peksiminas XV Tahun 2020 ini ada 15 (Lima Belas) tangkai seni yang akan diperlombakan yaitu Seni tari, Vokal Grup, Nyanyi Pop, Keroncong, Seriosa, Dangdut, Baca Puisi, Monolog, Seni Lukis, Desain Poster, Fotografi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Penulisan Puisi, dan Komik Strip. Berbeda dari pelaksanaan perlombaan tahun-tahun sebelumnya pada Peksiminas XV ini dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan mempertimbangkan kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia semua perlombaan dilakukan secara daring yaitu dengan mengirimkan karya. Petunjuk Pelaksanaan ini disusun agar penyelenggaraan PEKSIMINAS XV di tingkat nasional dapat terlaksana dengan baik.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu tersusunnya Petunjuk Pelaksanaan ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan kesehatan dan keberkahan kepada kita semua.
Jakarta, Oktober 2020
Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional
ttd.
Asep Sukmayadi
NIP.197206062006041001

DAFTAR ISI Panduan / Petunjuk Pelaksanaan Peksiminas XV Tahun 2020 PDF

  • KATA PENGANTAR  i
  • DAFTAR ISI  ii 
  • I. Latar Belakang  1 
  • II. Tujuan  1 
  • III. Sasaran  2 
  • IV. Waktu Pelaksanaan  2 
  • V. Ketentuan Umum Peserta  2 
  • VI. Bentuk Lomba  3 
  • VII. Ketentuan Teknis Tiap Mata Tangkai Lomba  3 
    • 1. Lomba Lagu Dangdut  3 
    • 2. Lomba Lagu Seriosa  5 
    • 3. Lomba Lagu Keroncong  6 
    • 4. Lomba Lagu Pop  8 
    • 5. Lomba Vokal Group  8 
    • 6. Lomba Baca Puisi 10 7. Lomba Monolog. 23 
    • 8. Lomba Tari. 24 
    • 9. Lomba Penulisan Cerpen 25 
    • 10. Lomba Penulisan Lakon. 25 
    • 11. Lomba Penulisan Puisi. 26 
    • 12. Lomba Desain Poster 26 
    • 13. Lomba Lukis 27 
    • 14. Lomba Komik Strip 28 
    • 15. Lomba Fotografi. 28 
  • VII. Penitaian Tiap Tangkai Lomba 29 

I. Latar Belakang Peksiminas Tahun 2020

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab. Salah satu prinsip penyelenggaraan pendidikan adalah pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa. 

Dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan Pendidikan Nasional, maka perlu adanya peningkatan pemahaman nilai kultural, dan kemajemukan bangsa dengan mengembangkan kreativitas mahasiswa, baik dalam proses pembelajaran etika dan estetika, maupun dalam aktivitas pengembangan bakat, minat dan kemampuan mahasiswa di bidang kesenian. Melalui seni diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan kepribadiannya, agar memiliki integritas yang tinggi terhadap pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional.

Salah satu wadah untuk mengimplementasikan harapan tersebut, Pusat Prestasi Nasional yang mempunyai tugas dan fungsi bidang pengembangan prestasi peserta didik berupaya untuk menyelenggaraan kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Tingkat Nasional XV (Peksiminas XV). Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) ini merupakan puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni walapun dalam masa pandemi Covid-19. PEKSIMINAS merupakan kegiatan yang berkesinambungan guna memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam bidang seni, baik senisuara, senipertunjukan, seni sastra, maupun seni rupa. Melalui kegiatan ini diharapkan paramahasiswa mampu meningkatkan dan mengembangkana prestasi dan kreasi seninya untuk memperkaya budaya bangsa berdasarkan Bhineka Tunggal Ika. Pusat Prestasi Nasional sebagai satker baru berkomitmen untuk mengembangkan potensi bakat dan kreatifitas mahasiswa dalam bidang seni. Pada tahun 2020, Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional (Peksiminas) yang ke XV dilaksanakan secara daring karena kondisi pandemik Covid-19. Peksiminas dilaksanakan dengan 15 (limabelas) mata tangkai. Setiap mata tangkai terdiri dari 3 juri. Komposisi juri merupakan kombinasi antara juri yang berasal dari Perguruan Tinggi dan juri yang berasal dari profesional. Berdasarkan hasil kesepakatan antara Pusat Prestasi Nasional dengan pengurus BPSMI dan juri inti maka pelaksanaan Peksiminas dimulai dari seleksi tingkat perguruan tinggi langsung ke tingkat nasional.

II. Tujuan Pelaksanaan Peksiminas Tahun 2020

Pelaksanaan Peksiminas tahun 2020 bertujuan sebagai berikut:
  1. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang seni.
  2. Meningkatkan prestasi mahasiswa dalam berbagai mata tangkai lomba Peksiminas.
  3. Meningkatkan pengalaman mahasiswa antar Perguruan Tinggi satu sama lain.
  4. Menjadikan implementasi kebijakan kampus merdeka terutama kepada hak belajar tiga semester diluar program studi.

III. Sasaran Peksiminas Tahun 2020

Mahasiswa Indonesia yang masih aktif di Perguruan Tinggi

IV. Waktu Pelaksanaan Peksiminas Tahun 2020

  1. Sosialisasi : 26 September 2020
  2. Pendaftaran : 12- 20 Oktober 2020
  3. Seleksi Adminstrasi : 21-23 Oktober 2020
  4. Pengumuman Seleksi Adminstrasi : 24 Oktober 2020
  5. Technical Meeting : 26 Oktober 2020 (Selain Penulisan Puisi, Penulisan lakon, Penulisan Cepen, Fotografi dan Komik Strip)
  6. Technical Meeting dan Pelaksanaan Lomba : 14 November 2020 (Khusus Penulisan Puisi, Penulisan lakon, Penulisan Cepen, Fotografi dan Komik Strip)
  7. Pengiriman Karya : 9-15 November 2020 (Kecuali Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Komik Strip dan Fotografi)
  8. Pengumuman Pemenang : 30 November 2020

V. Ketentuan Umum Peserta Peksiminas Tahun 2020

  1. Mahasiswa aktif Program Diploma atau Sarjana PTN atau PTS yang dibuktikan dengan kartu mahasiswa yang masuk berlaku.
  2. Mahasiswa terdaftar di pangkalan data Dikti Kemdikbud.
  3. Berusia maksimal tidak lebih dari 25 tahun per 31 Oktober 2020.
  4. Peserta harus mendapat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi yang bersangkutan.
  5. Pendaftaran dilaksanakan oleh operator Perguruan Tinggi asal peserta . Setiap satu tangkai lomba 1 surat pengantar
  6. Peserta mengirimkan foto berwarna memegang KTP (Wajib) yang memperlihatkan identitas peserta dan memakai jaket almammater (tidak wajib).
  7. Peserta membuat surat pernyataan tentang keaslian karya memakai kop surat Universitas dengan ditandatangani oleh peserta dan pimpinan universitas. Surat ditandatangani di atas materai Rp 6.000,00.
  8. Tiap Perguruan Tinggi hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) orang peserta atau kelompok untuk tiap tangkai lomba. Untuk tangkai lomba yang pesertanya putra dan putri maka untuk tangkai tersebut perguruan tinggi bisa mengirimkan 2 (dua) orang (satu putra dan satu putri)
  9. Peserta belum pernah juara I pada lomba PEKSIMINAS.
  10. Pendaftaran peserta dilakukan oleh operator Perguruan Tinggi secara online.
  11. Untuk materi video, cerpen, poster, komik, foto di unggah ke google drive (tidak di private).
  12. Video di unggah dengan dengan format MP4, 720p (HD).
  13. Media Pendaftaran : http://peksiminas.kemdikbud.go.id/
  14. Prosedur Pendaftaran : pendaftaran peserta lomba dilakukan melalui aplikasi Peksiminas (http://peksiminas.kembdikbud.go.id/). Pendaftaran peserta dilakukan oleh Perguruan Tinggi. User aplikasi (akun) Peksminias untuk Perguruan Tinggi, dapat langsung didapatkan melalui fasilitas registrasi pada aplikasi dengan mempersiapkan surat penunjukkan user dari pimpinan perguruan tinggi kepada user yang ditunjuk memegang akun aplikasi. Setiap perguruan tinggi hanya memiliki satu akun.

VI. Bentuk Lomba Peksiminas Tahun 2020


No. Tangkai Lomba Keterangan
1 Seni Tari Perorangan
2 Nyanyi Tunggal Pop (Putera dan Puteri) Perorangan
3 Nyanyi Tunggal Keroncong (Putera dan Puteri) Perorangan
4 Nyanyi Tunggal Seriosa (Putera dan Puteri) Perorangan
5 Nyanyi Tunggal Dangdut (Putera dan Puteri) Perorangan
6 Baca Puisi (Putera dan Puteri) Perorangan
7 Monolog Perorangan
8 Seni Lukis Perorangan
9 Desain Poster Perorangan
10 Fotografi Perorangan
11 Penulisan Cerpen Perorangan
12 Penulisan Lakon Perorangan
13 Penulisan Puisi Perorangan
14 Komik Strip Perorangan
15 Vocal Group Grup


Download Panduan / Petunjuk Pelaksanaan Peksiminas Tahun 2020 PDF

Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut: Petunjuk Pelaksanaan Peksiminas 2020.pdf
atau bisa langsung anda baca file nya berikut ini:

Posting Komentar

1 Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik..