Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Pengumuman Mendikbud Tentang Seleksi Guru PPPK P3K Tahun 2021 PDF

 Dibawah ini adalah download pdf file paparan menteri pendidikan dan kebudayaan ri (mendikbud) tentang pengumuman seleksi guru program pemerintah dengan perjanjian kerja (pppk / p3k) tahun 2021.


Pengumuman Mendikbud Tentang Seleksi Guru PPPK P3K Tahun 2021 PDF

pengumuman mendikbud tentang seleksi guru pppk p3k tahun 2020 pdf tomatalikuang.com

Seleksi PPPK / P3K Tahun 2021. Pada kesempatan kali tomatalikuang.com akan membagikan Paparan Mendikbud Tentang Pengumuman Seleksi Guru PPPK / P3K Tahun 2020. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyatakan bahwa pemerintah membuka kesempatan bagi para guru honorer, termasuk guru tenaga honorer kategori 2 (eks-THK-2), untuk mendaftar dan mengikuti ujian seleksi menjadi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021. Seleksi ini terbuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

Mendikbud megaskan bahwa, “pembukaan seleksi untuk menjadi guru PPPK adalah wujud negara hadir menyediakan kesempatan yang adil untuk guru-guru honorer yang kompeten agar mereka mendapatkan penghasilan yang layak,” terang Mendikbud pada kesempatan yang sama. “Rencana seleksi ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta didik adalah melalui peningkatan ketersediaan guru ASN dengan melakukan seleksi guru PPPK,” imbuh Mendikbud.

Menurut Mendikbud, berbeda dengan seleksi PPPK tahun sebelumnya. Berikut adalah 5 terobosan yang dibuat oleh pemerintah mengenai seleksi guru pppk / p3k tahun 2021 yang kami ambil dari blog ainamulyana.blogspot.com

  • Pertama, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan formasi terbatas, batasan jumlah guru PPPK kali ini mencapai satu juta guru. “Tahun-tahun sebelumnya, banyak guru-guru honorer kita harus menunggu dan antre untuk membuktikan diri. Di tahun 2021, semua guru honorer dan lulusan Pendidikan Profesi Guru bisa daftar dan mengikuti seleksi,” Namun, Mendikbud menegaskan tidak kompromi soal kualitas pendidik. “Hanya yang lulus seleksilah yang akan menjadi PPPK,” tegasnya.
  • Kedua, jika sebelumnya setiap pendaftar hanya diberikan kesempatan satu kali ujian seleksi per tahun, sekarang setiap pendaftar dapat mengikuti ujian seleksi sampai tiga kali. “Jika gagal pada kesempatan pertama, dapat belajar dan mengulang ujian hingga dua kali lagi di tahun yang sama atau tahun berikutnya,” jelas Mendikbud.
  • Ketiga, Kemendikbud akan menyediakan materi sebagai bahan pemebelajaran. Sebelumnya, tidak ada materi persiapan bagi pendaftar. Kemendikbud ingin pastikan guru-guru hororer mendapat kesempatan yang adil, sehingga materi belajar daring dapat diperoleh semua peserta untuk membantu mempersiapkan diri buat ujian. “Akan ada materi untuk guru honorer agar dapat mempersiapkan diri sebelum ujian. Standar ujian seleksi ini akan ditentukan dengan sangat matang untuk memastikan kualitas mutu pembelajaran anak-anak kita terus terjaga,” kata Mendikbud.
  • Keempat, mulai tahun 2021 pemerintah pusat memastikan tersedianya anggaran bagi gaji semua peserta yang lulus seleksi guru PPPK. Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pemerintah telah mempersiapkan anggaran untuk gaji guru PPPK dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). “Anggaran tersebut dari APBN dan akan dilakukan dengan mekanisme transfer umum ke APBD,” terang Menkeu. Menkeu berharap pemerintah daerah dapat segera mengajukan kebutuhan guru PPPK. “Kemenkeu akan terus mengikuti proses ini. Berapa yang ikut ujian dan berapa yang mendapatkan penetapannya. Dengan itu akan ditetapkan anggaran untuk dikirim ke daerah melalui transfer umum untuk membayar gaji para guru PPPK,” tuturnya.
  • Kelima, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana biaya penyelenggaraan ujian ditanggung pemerintah daerah, kini biaya tersebut akan ditanggung oleh Kemendikbud. Langkah tindak lanjut yang perlu dilakukan pemerintah daerah adalah mengusulkan formasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (KemenPANRB) berdasarkan peta kebutuhan guru dari Kemendikbud.

Berikut sebagian isi paparan mendikbud tentang seleksi guru pppk p3k tahun 2021:

Mengapa seleksi guru PPPK / P3K tahun 2021 dibuka?

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan, Kemendikbud mengestimasi bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru (di luar guru PNS yang saat ini mengajar).

Pembukaan seleksi untuk menjadi guru PPPK adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil untuk guru-guru honorer yang kompeten agar mendapatkan penghasilan yang layak

Siapa yang dapat mendaftar dan mengikuti seleksi guru PPPK / P3K tahun 2021?

Pemerintah membuka kesempatan bagi: 
  1. Guru honorer di sekolah negeri dan swasta* yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan; 
  2. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar. 
*Termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori 2 yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK sebelumnya.

Selengkapnya bisa anda baca pada file paparan atau penjelasan mendikbud nadiem makarim tentang pengumuman seleksi guru pppk p3k tahun 2021 pdf di bawah ini.

Download Pengumuman Mendikbud Tentang Seleksi Guru PPPK P3K Tahun 2021 PDF

Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut: Pengumuman Guru PPPK / P3K 2021.pdf

atau bisa langsung anda baca file nya berikut ini:

Demikian Download Paparan Mendikbud Tentang Pengumuman Seleksi PPPK P3K Tahun 2021 PDF. Semoga bermanfaat :)

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 komentar untuk "Download Pengumuman Mendikbud Tentang Seleksi Guru PPPK P3K Tahun 2021 PDF"

  1. apakah cuma guru tenaga lainnya .sperti penyuluh apakah juga di buka

    BalasHapus

Dapatkan File Soal dan Pembahasan Gratis di Alamat Email mu !