Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penyebab Siswa Tidak Lulus Seleksi SNMPTN Resmi dari LTMPT Kemendikbud

 Dibawah ini adalah informasi tentang penyebab / hal-hal yang menyebabkan siswa-siswi tidak lolos / lulus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (snmptn) resmi dari lembaga tes masuk perguruan tinggi (ltmpt) kementerian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia (kemdikbud / kemendikbud ri).

penyebab siswa tidak lolos lulus seleksi snmptn tomatalikuang.com


Penyebab Tidak Lolos / Lulus Seleksi SNMPTN Resmi dari LTMPT Kemendikbud

Dalam hitungan hari, tahun 2020 akan segera berakhir. Itu artinya tidak lama lagi akan memasuki tahun 2021. Salah satu agenda penting bagi siswa yang lulus jenjang sma / sederajat adalah masuk perguruan tinggi. Seperti yang diketahui bahwa untuk menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (ptn), haruslah lolos / lulus ujian masuk perguruan tinggi baik yang diadakan oleh pemerintah melalui ltmpt kementerian pendidikan ri atau ujian mandiri yang diselenggarakan oleh pihak universitas sendiri.

Dalam rangka menghadapi pelaksanaan SNMPTN tahun 2021 pada kesempatan kali ini tomatalikuang.com akan membagikan hal-hal yang menyebabkan siswa tidak lulus SNMPTN atau penyebab siswa tidak lolos seleksi SNMPTN. Informasi ini diambil dari ainamuyana.blogspot.com yang merupakan hasil rangkuman dari webinar sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN Tahun 2021

Perlu diketahui bahwa Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah  mengadakan sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN Tahun 2021 secara daring melalui platform Zoom dan Youtube LTMPT OFFICIAL pada Rabu (16/12). Acara ini dipandu oleh bapak Anwar Efendi dan diikuti oleh para siswa kelas 12 di seluruh Indonesia dan beberapa wartawan. Acara tersebut terdiri dari 4 sesi, yakni pembukaan, sosialisasi, diskusi dengan tanya jawab dan penutup.

Saat memberikan materi di sesi pertama, Ketua LTMPT, Prof. Dr Mohamad Nasih membeberkan hal-hal yang menyebabkan siswa tidak lulus seleksi SNMPTN itu kebanyakan karena melakukan  kesalahan ketika membuat akun di LTMPT, seperti data tidak sinkron atau meng-upload foto yang tidak sesuai dengan standar (misal: selfi, foto bersama orang banyak atau hewan, foto dengan tidak menampakkan wajah)  atau terlambat untuk melakukan registrasi dari waktu yang telah ditentukan.

Menurut Beliau, hal seperti ini sangat disayangkan sekali karena seperti kalah sebelum bertanding. Oleh karena itu, Prof. Nasih menghimbau dengan sangat agar seluruh calon peserta seleksi untuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan sebagai persyaratan pendaftaran seleksi SNMPTN dan SBMPTN-UTBK Tahun 2021 ini.

Selaku Ketua LTMPT, Prof. Nasih juga menyampaikan bahwa hampir seluruh proses dan teknis pelaksanaan proses seleksi SNMPTN tahun 2021 nanti akan sama dengan proses seleksi pada tahun 2020, kecuali pada proses penetuan pemeringkatan siswa yang bisa ikut seleksi SNMPTN, proses ini dilakukan oleh pihak sekolah. LTMPT sebenarnya hanya sebagai fasilitator antara pihak siswa/sekolah dengan rektor/universitas. “Ketentuan pemeringkatan siswa dilakukan oleh pihak sekolah dengan mengikuti ketentuan yang diberikan oleh pihak LTMPT, sehingga pihak LTMPT hanya menerima data yang diberikan oleh sekolah,” jelasnya.


Bagaimana Jika Tidak Lulus SNMPTN?

Seperti yang diketahui bahwa jika kalau gagal tidak lolos lulus snmptn maka siswa bisa mengikuti seleksi UTBK-SBMPTN atau ujian mandiri universitas.

Dalam pemaparan materi kedua dijelaskan tentang UTBK-SBMPTN Tahun 2021 oleh Prof. Dr. Budi Prasetyo Widyobroto selaku Ketua Pelaksana LTMPT. Beliau menyampaikan mengenai petunjuk teknis pelaksanaan tes UTBK-SBMPT tahun 2021. Secara umum tata cara pelaksanaanya masih sama seperti pada Tahun 2020, yakni sesuai dengan Permendikbud No. 6. Hanya saja pada Tahun 2021 akan diadakan kembali Tes Potensi Skolastik (TPS) dimana pada Tahun 2020 tes ini ditiadakan.  Beliau juga mengatakan bahwa siswa yang lulus seleksi SNMPTN akan ditolak untuk tes UTBK SBMPTN. “Maka untuk para Adek-adek sejak awal hendaknya sudah memikirkan dengan matang jurusan apa nanti yang akan dipilih ketika mendaftar ke Perguruan Tinggi,” himbau beliau.


Aturan Memilih Jurusan PTN dalam SNMPTN Tahun 2020

Pada sesi diskusi, salah seorang peserta bertanya melalui roomchat terkait ketentuan dalam memilih jurusan. Prof. Dr. Budi menjelaskan bahwa sebaiknya siswa memilih jurusan yang linier sesuai dengan penjurusannya ketika di SMA/MA, hal itu akan lebih memudahkan bagi siswa tersebut sendiri dikemudian hari. “Jika siswa memilih 2 jurusan dalam SNMPTN, maka Ia harus memilih PTN yang ada di daerahnya, jika memilih 1 jurusan maka bebas memilih PTN dimana saja. Sedangkan untuk seleksi SBMPTN, maka siswa bebas untuk menentukan pilihan PTN nya sendiri,” tambahnya.


Pesan Ketua LTMPT untuk Siswa Peserta SNMPTN Tahun 2021

Acara ini ditutup dengan penyampaian pesan dari Prof. Nasih, selaku Ketua LTMPT. Berikut isi pesannya untuk siswa-siswi yang akan mengikuti seleksi snmptn tahun 2021.

"Bagi Adik-adik semua, khususnya kelas 12, persiapkan diri dengan belajar yang tekun dan ibadah yang giat, insyaallah akan dimudahkan dan tetap jaga kesehatan agar bisa mengikuti rangkaian seleksi tes masuk perguruan tinggi dengan maksimal." Ujarnya.


Demikian artikel tentang Hal-hal yang menyebabkan siswa tidak lulus seleksi SNMPTN. Semoga bermanfaat :)

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 komentar untuk "Penyebab Siswa Tidak Lulus Seleksi SNMPTN Resmi dari LTMPT Kemendikbud"

  1. penyebab gagal tidak lulus snmptn 2021
    jika tidak lulus snmptn 2021
    kalau tidak lulus snmptn 2021

    BalasHapus
  2. tidak daftar snmptn tahun 2021

    BalasHapus

Dapatkan File Soal dan Pembahasan Gratis di Alamat Email mu !