Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Buku Hentikan Kekerasan untuk Siswa SMP PDF Resmi Kemendikbud

 Dibawah ini adalah download pdf buku hentikan kekerasan untuk siswa sekolah menengah pertama (smp) resmi dari Direktorat SMP, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud/Kemdikbud).

Buku Hentikan Kekerasan untuk Siswa SMP PDF

buku hentikan kekerasan untuk siswa smp pdf tomatalikuang.com
Buku Hentikan Kekerasan untuk Siswa SMP PDF

Pada tahun 2018 pemerintah mengeluarkan hasil Survei Nasional Pengalaman Hidup Remaja yang hasilnya menunjukkan bahwa kita rentan mengalami kekerasan. Yuk, lihat infografisnya berikut ini. Tahukah sahabat? Berdasarkan survei tersebut diketahui bahwa pelaku tindak kekerasan emosional dan fisik pada umumnya adalah teman/sebaya, keluarga, dan orang dewasa yang dikenal, sedangkan untuk kekerasan seksual, pelaku terbanyak adalah teman/sebaya, pacar/pasangan, dan orang dewasa yang dikenal oleh korban. 

Menurut data Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni-PPA) tahun 2020, sekolah menjadi urutan keempat tertinggi sebagai tempat terjadinya peristiwa kekerasan, setelah rumah dan fasilitas umum. Ternyata sekolah juga rentan menjadi tempat terjadinya kekerasan. Pelaku pada umumnya adalah orang yang tidak asing bagi kita, seperti teman, keluarga, pasangan, atau orang dewasa yang kita kenal. Menurut Pasal 13 UU Perlindungan Anak kekerasan setiap perbuatan terhadap anak yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, psikis, seksual, dan/atau penelantaran, termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum.

Nah, kita perlu terus membahas tentang kekerasan agar kita dapat mencegah terjadinya kekerasan dan tahu harus bagaimana jika kita mengetahui, melihat, atau mengalami kekerasan itu sendiri. Selain itu, angka pelaporan kekerasan terus meningkat setiap tahunnya. Modusnya pun semakin berkembang. Dampak yang dirasakan oleh mereka yang mengalaminya sangat luar biasa.

Bentuk kekerasan tidak hanya bullying dan tawuran. Ada beberapa bentuk kekerasan lain yang juga perlu kita ketahui. Simaklah penjelasan berikut ini!

1. Kekerasan Fisik

Kekerasan fisik merupakan kekerasan yang paling banyak dilaporkan. Bentuk kekerasan ini terjadi ketika seseorang menyakiti tubuh kita.

Jika seseorang mengambil alih kontrol kita atas tubuh kita sendiri, misalnya ketika kita diikat atau dipasung, itu pun termasuk dalam kekerasan fisik.

Kekerasan fisik dapat berupa mendorong, menarik rambut, menendang, menggigit, menonjok, membakar, melukai dengan benda, dan termasuk membunuh.

2. Kekerasan Psikis

Kekerasan psikis adalah perilaku yang bertujuan untuk menimbulkan luka mental dan emosional. Kekerasan psikis biasanya tidak melibatkan kontak fisik dan umumnya berupa perkataan atau tulisan yang menyakiti.

Kekerasan psikis, meskipun tidak menyakiti tubuh, tetapi juga sama menyakitkan.

Kekerasan psikis dapat membuat kita merasa bodoh, bahkan merasa tidak berharga.

Bentuk kekerasan psikis biasanya dilakukan dengan cara menggunakan kata-kata yang merendahkan, mengancam dan menakutnakuti, mengkritik terus-menerus, atau mempermalukan kita di depan orang lain.

Tidak hanya melalui perkataan atau tulisan, kekerasan psikis juga dapat berupa perilaku dijauhi dari pergaulan atau dilarang bergaul, kecuali dengan pelaku, termasuk diminta menjauhi keluarga.

Sebenarnya cukup banyak dari kita yang mengalami kekerasan psikis, tetapi banyak orang yang tidak menyadarinya.

3. Kekerasan Seksual

Bentuk kekerasan seksual pada anak dapat berwujud aktivitas seksual pada anak, baik melalui paksaan, tekanan, atau tipu muslihat. Ragamnya mulai dari tindakan memperlihatkan atau mengirimkan konten pornografi atau bagian tubuh, menceritakan aktivitas atau humor seksual yang membuat tidak nyaman, meminta anak melakukan tindakan seksual, meminta atau memaksa hubungan seksual, prostitusi, dan eksploitasi seksual.

Ada perbedaan antara kekerasan seksual pada anak dan pada orang dewasa. Kekerasan seksual pada orang dewasa yang dapat dibuktikan dengan adanya unsur pemaksaan dan ancaman, tetapi kekerasan seksual pada anak tetap dapat diproses secara hukum, meskipun tidak ada unsur ancaman ataupun paksaan.

4. Penelantaran

Penelantaran terjadi ketika ada tindakan atau perbuatan mengabaikan dengan sengaja kewajiban untuk memelihara, merawat, atau mengurus anak sebagaimana mestinya. Ketika penelantaran terjadi, kita tidak memperoleh hal-hal yang membuat kita dapat tumbuh sehat serta merasa aman dan nyaman.

5. Eksploitasi

Eksploitasi pada anak terdiri atas dua bentuk, yaitu eksploitasi ekonomi dan eksploitasi seksual.

  • Eksploitasi ekonomi adalah tindakan dengan atau tanpa persetujuan anak yang menjadi korban, tetapi tidak terbatas pada pelacuran, kerja atau pelayanan paksa, perbudakan atau praktik serupa perbudakan, penindasan, pemerasan, pemanfaatan fisik, seksual, organ reproduksi, atau secara melawan hukum memindahkan atau mentransplantasi organ dan/atau jaringan tubuh atau memanfaatkan tenaga atau kemampuan anak oleh pihak lain untuk mendapatkan keuntungan materil.
  • Eksploitasi seksual adalah segala bentuk pemanfaatan organ tubuh seksual atau organ tubuh lain dari anak untuk mendapatkan keuntungan, tetapi tidak terbatas pada semua kegiatan pelacuran dan pencabulan. Misalnya, tindakan atau perbuatan memperalat, memanfaatkan, atau memeras anak untuk memperoleh keuntungan pribadi, keluarga, atau golongan.

Selengkapnya bisa anda anda baca pada file buku hentikan kekerasan untuk siswa smp pdf di bawah ini.

Daftar Isi Buku Hentikan Kekerasan untuk Siswa SMP PDF

Berikut adalah daftar isi buku hentikan kekerasan untuk siswa smp:

  • KATA PENGANTAR ....... iii
  • DAFTAR ISI ..................... v
  • Kekerasan Fisik ............. 6
  • Kekerasan Psikis ............. 7
  • Kekerasan Seksual ......... 8
  • Penelantaran ..................... 8
  • Eksploitasi ......................... 9
  • Faktor Biologis .............. 24
  • Faktor Situasional .......... 25
  • Dampak Fisik dan Kesehatan ................ 29
  • Dampak Psikologis ......... 31
  • Dampak Sosial ................ 32
  • Dampak dalam Kehidupan Berpikir dan Akademis .... 33
  • Tempat Melapor Tentang Perilaku Kekerasan ........... 59

Download Buku Hentikan Kekerasan untuk Siswa SMP PDF

Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut:
Buku Hentikan Kekerasan untuk Siswa SMP.pdf
atau bisa langsung anda baca file nya berikut ini:


Demikian postingan tomatalikuang.com tentang Download Buku Hentikan Kekerasan untuk Siswa SMP PDF Resmi Kemendikbud. Semoga bermanfaat :)

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Posting Komentar untuk "Download Buku Hentikan Kekerasan untuk Siswa SMP PDF Resmi Kemendikbud"

Dapatkan File Soal dan Pembahasan Gratis di Alamat Email mu !