Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Download Buku Panduan Ibadah di Masa Wabah Covid-19 PDF (Wahdah Islamiyah)

 Dibawah ini adalah download pdf buku panduan ibadah di masa pandemi wabah covid-19 resmi dari Dewan Syariah Wahdah Islamiyah (WI).

Buku Panduan Ibadah di Masa Wabah Covid-19 PDF (Wahdah Islamiyah)

buku panduan ibadah di masa pandemi wabah covid-19 pdf wahdah islamiyah
Buku Panduan Ibadah di Masa Wabah Covid-19 PDF (Wahdah Islamiyah)

KATA PENGANTAR

الحمد لله على كل حال، والصلاة والسلام على رسوله وأصحابه والآل، ومن تبعهم بإحسان إلى يوم المآل،أما بعد:

Sebagai seorang muslim, kita senantiasa memuji Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam segala keadaan. Kita yakin bahwa takdir Allah baik bagi setiap hamba. Kita pun meyakini bahwa dinul Islam memiliki solusi dalam setiap permasalahan di tengah wabah Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Islam yang berdasarkan Al-Qur’an dan sunah memiliki ajaran yang komprehensif dan universal, karena itu Islam selalu tampil di tengah umat sepanjang zaman dan dalam segala keadaan sebagai rahmat. Ajarannya yang universal inilah yang senantiasa memandu umat manusia ini kepada jalan-jalan yang tepat dari persoalan-persoalan yang mereka hadapi.

Banyak ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan bahwa agama ini adalah agama yang paripurna. Allah Ta’ala juga menyebutkan dalam ayat-ayat-Nya bahwa agama Islam adalah agama yang mudah. Selalu menawarkan jalan keluar dan kemudahan yang didapatkan dari kesulitan-kesulitan yang dihadapi umat manusia. Hal yang sama juga ditegaskan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dalam sunah-sunah beliau.

Di antara hikmah pandemi Covid-19 adalah ternyata banyak kemudahan syariat yang perlu untuk diketahui khususnya dalam persoalan ibadah. Kemudahan-kemudahan yang belum dipahami oleh banyak kaum muslimin saat ini. Karenanya, Dewan Syariah Wahdah Islamiyah sejak awal mewabahnya Covid-19 di negeri ini sudah menerbitkan dua edaran. Pertama tentang Panduan Penyikapan terhadap Wabah Covid-19. Edaran kedua tentang bagaimana penyikapan terhadap Ramadan dalam kondisi wabah seperti ini. Dalam edaran kedua tersebut dicantumkan bahwa Dewan Syariah akan menerbitkan panduan ibadah di bulan Ramadan secara rinci.

Buku panduan ini merupakan kumpulan tulisan dari beberapa ustaz sebagai respons terhadap beberapa pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan ini adalah yang dianggap paling penting dan sering berulang terkait pelaksanaan dan tata cara ibadah khususnya di tengah wabah Covid-19. Pembahasan dalam buku panduan ini mencakup ibadah-ibadah yang sifatnya umum yang perlu diketahui. Termasuk syubhat-syubhat terhadap beberapa masalah, seperti mengapa salat Jumat dan jamaah di masjid ditiadakan. Juga pembahasan beberapa masalah secara khusus seperti bagaimana beribadah di bulan Ramadan di tengah wabah seperti ini.

Kami sadar bahwa buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Masih banyak permasalahan yang belum dijelaskan dalam buku ini mengingat keterbatasan waktu. Mudah-mudahan apa yang sederhana ini bisa bermanfaat bagi umat. Semoga di waktu yang lain, edisi yang lebih lengkap bisa diterbitkan.

Penjelasan dari Dewan Syariah yang dirangkum dalam buku ini, seperti yang disampaikan dalam Manhaj Dewan Syariah dalam fatwa dan istidlal atau ijtihad, didasarkan pada Al-Qur’an dan sunah yang sahih. Juga berdasarkan dalil-dalil yang lain, seperti kaidahkaidah yang dikenal dalam syariat. Termasuk persoalan maqashid syariah yang sangat penting. Tidak sedikit umat Islam sekarang ini yang beramal sekadar semangat. Mereka mengabaikanhal-hal yang merupakan maqashid syariah, yaitu hifzh al-din, hifzh al-‘aql, hifzh al-nafs, hifzh al-‘irdh, dan hifzh al-mal.

Terakhir, setelah banyak memuji Allah atas segala kemudahan sehingga bisa menyelesaikan buku ini, tidak lupa kami juga mengucapkan jazakumullah khairan kepada seluruh pihak. Pertama kepada pihak DPP Wahdah Islamiyah yang senantiasa memberikan arahan dan dukungan kepada Dewan Syariah dalam setiap kegiatan dan programnya.

Ucapan yang sama juga kami persembahkan kepada seluruh asatidzah yang telah berkontribusi dalam penerbitan buku panduan ini, baik yang terlibat secara langsung ikut menulis maupun tidak langsung. Sebagian ustaz berpartisipasi dengan mengirimkan beberapa referensi kepada para penulis. Sebagian lagi membantu dengan cara lain.

Apresiasi juga kami berikan kepada semua pihak termasuk seluruh kader Wahdah Islamiyah dan kaum muslimin yang turut mendoakan sehingga buku panduan ini bisa kami rampungkan. Demikian pula kepada semua pihak yang tidak sempat kami sebutkan. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan pahala kepada kita atas segala amal ibadah yang kita lakukan. Termasuk pahala kesabaran dari musibah yang kita hadapi ini, pahala atas prasangka baik kita kepada Allah atas segala musibah yang menimpa kita. Dan kita juga berharap semoga Allah segera mengangkat wabah ini sehingga kita bisa kembali beribadah seperti biasa. Harapan kita dapat melalui musibah ini dengan sebaik-baiknya.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memudahkan kita beribadah di bulan Ramadan dalam kondisi seperti ini. Kita yakin bahwa pahala kita tidak akan berkurang, bahkan boleh jadi pahala kita dilipatgandakan di sisi Allah jika kita terus bersabar dan melakukan apa yang disyariatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين.

Makassar, 29 Syakban 1441 H
23 April 2020 M
Dewan Syariah Wahdah Islamiyah,
ttd.
Dr. Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A.
Ketua


DAFTAR ISI

Berikut adalah daftar isi buku panduan ibadah di masa wabah covid-19:

  • Pembahasan I Peniadaan Salat Jumat Karena Wabah Virus Corona (Covid-19)  ...1
  • Pembahasan II Penggunaan Cairan yang Mengandung Alkohol (Hand Sanitizer) pada Tangan  ...4
  • Pembahasan III Meninggal Karena Wabah Penyakit, Apakah Mati Syahid?  ...6
  • Pembahasan IV Penggunaan Masker atau Penutup Wajah Saat Salat sebagai Langkah Pencegahan Penularan Virus Covid-19  ....9
  • Pembahasan V Teknis Memandikan Jenazah yang Meninggal Karena Virus Corona (Covid-19)  ....15
  • Pembahasan VI Tata Cara Bersuci dan Salat Bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) yang Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD)  .....20
  • Pembahasan VII Salat Berjemaah di Masjid dengan Saf Terpisah Karena Wabah Covid-19  ....29
  • Pembahasan VIII Azan dan Kaifiatnya di Tengah Wabah Covid-19  ....37
  • Pembahasan IX Berpuasa dalam Kondisi Pandemi Covid-19  ...55
  • Pembahasan X Berpuasa Bagi Tenaga Kesehatan yang Menangani Pasien Covid-19  ....59
  • Pembahasan XI Pelaksanaan Salat Tarawih di Rumah  ....63
  • Pembahasan XII Salat di Rumah dengan Niat Ikut Berjemaah di Masjid .....66
  • Pembahasan XIII Membaca Mushaf atau HP Ketika Menjadi Imam Salat Tarawih di Rumah  ....69
  • Pembahasan XIV Makmum Memegang Mushaf untuk Membetulkan Bacaan Imam  ...72
  • Pembahasan XV Makmum Wanita Membetulkan Bacaan Imam  ...73
  • Pembahasan XVI Anak Kecil yang Belum Balig Menjadi Imam Salat  ....76
  • Pembahasan XVII Menyegerakan Penyerahan Zakat Harta Sebelum Haul di Saat Pandemi Covid-19  ....78
  • Pembahasan XVIII Menyegerakan Zakat Fitrah di Masa Pandemi Covid-19  ....81
  • Pembahasan XIX Pelaksanaan Salat Id di Rumah di Masa Pandemi Covid-19  ...87
Selengkapnya bisa anda baca pada file buku panduan ibadah di masa wabah covid-19 pdf di bawah ini.

Download Buku Panduan Ibadah di Masa Wabah Covid-19 PDF (Wahdah Islamiyah)

Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut:
atau bisa langsung anda baca file nya berikut ini:

Sumber: https://wahdah.or.id/buku-panduan-ibadah-di-masa-wabah-covid-19/

Demikian postingan tomatalikuang.com tentang Download Buku Panduan Ibadah di Masa Wabah Covid-19 PDF (Wahdah Islamiyah). Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar