Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Mikroorganisme PDF

 Dibawah ini adalah download pdf peraturan presiden (perpres) nomor 1 tahun 2021 tentang pengelolaan mikroorganisme.

perpres peraturan presiden nomor 1 tahun 2021 tentang pengelolaan mikroorganisme pdf tomatalikuang.com
Perpres / Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2021


Perpres: Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Mikroorganisme PDF

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Mikroorganisme PDF - Menimbang:

  1. bahwa mikroorganisme merupakan aset penting negara berupa material hidup yang dapat dipindahkan, dikembangbiakkan, dan dimanfaatkan untuk kegiatan nonkomersial dan komersial; 
  2. bahwa untuk melindungi, menjaga keberlangsungan hidup, dan memanfaatkan mikroorganisme yang berkelanjutan secara terencana, terkoordinasi, dan terstandar secara nasional diperlukan pengelolaan mikroorganisme;
  3. bahwa pengelolaan mikroorganisme sebagaimana dimaksud dalam huruf b diperlukan untuk menunjang penelitian, pengembangan, industrialisasi berbasis mikroorganisme yang sangat diperlukan untuk meningkatkan daya saing bangsa;
  4. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, dan huruf c, perlu menetapkan Peraturan Presiden tentang Pengelolaan Mikroorganisme;

Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Mikroorganisme PDF - Mengingat:

Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

MEMUTUSKAN:

Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Mikroorganisme PDF - Menetapkan:

PERATURAN PRESIDEN TENTANG PENGELOLAAN MIKROOGRANISME.

BAB I KETENTUAN UMUM

Perpres Nomor 1 Tahun 2021 - Pasal 1

Dalam Peraturan Presiden ini yang dimaksud dengan:

  1. Mikroorganisme atau disebut dengan istilah lainnya adalah makhluk hidup dan entitas biologi yang berukuran mikroskopis yang bisa hidup bebas maupun berasosiasi dengan makhluk hidup lain secara saprofitik, parasitik, patogenik, endofitik, dan simbiotik yang mengandung informasi fenotipe, informasi genotipe, dan senyawa kimia lainnya, yang keseluruhannya secara taksonomi termasuk dalam bakteri, arkea, fungi, protozoa, alga, parasit, dan virus, yang dapat digunakan untuk penelitian, pengembangan, dan/atau keperluan industri.
  2. Mikroorganisme Jenis Baru adalah Mikroorganisme yang baru ditemukan yang mempunyai perbedaan informasi fenotipe dan informasi genotipe dari jenis yang telah dijelaskan sebelumnya atau yang terkait.
  3. Sampel adalah barang atau benda yang diambil dari lingkungan seperti tanah, air, serasah, makhluk hidup, manusia, pangan, papan, batu, pasir, udara dan limbah yang mengandung atau diduga mengandung Mikroorganisme yang bisa dikembangbiakkan atau tidak yang mengandung informasi metagenomik.
  4. Isolasi adalah suatu metode pemisahan dan penumbuhan Mikroorganisme dari Sampel yang selanjutnya dikembangbiakkan pada media buatan dengan kondisi yang disesuaikan dengan lingkungan asalnya.
  5. Biakan Murni adalah koloni Mikroorganisme tunggal dan tidak tercampur Mikroorganisme lain yang didapatkan dari proses Isolasi dan dapat disimpan dengan metode preservasi.
  6. Informasi Fenotipe adalah informasi ciri-ciri lahiriah Mikroorganisme yang dihasilkan karena interaksi antara ciri-ciri keturunan dan lingkungan.
  7. Informasi Genotipe adalah informasi ciri-ciri fisik yang tidak tampak dari luar, khususnya yang berhubungan dengan susunan genetika sebagai akibat evolusi biologis pada Mikroorganisme.
  8. Informasi Metagenomik adalah urutan basa nukleotida deoxyribonucleic acid (DNA) dan ribonucleic acid (RNA) yang diperoleh dari Sampel melalui metode tertentu.
  9. Informasi Kimia adalah seluruh informasi komposisi kimia yang terkandung dalam Sampel.
  10. Mikroorganisme yang Dapat Membahayakan Kesehatan dan Keselamatan Masyarakat adalah Mikroorganisme yang berpotensi menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan dan keselarnatan masyarakat baik secara individu maupun kelompok.
  11. Akses Terhadap Sampel adalah penggunaan hak untuk memasuki suatu kawasan atau wilayah dalam rangka mengambil dan menyimpan Sampel yang mengandung danf atau terkait dengan Mikroorganisme.
  12. Perjanjian Pengalihan Material (Material Transfer Agreement) Mikroorganisme adalah kesepakatan tertulis atas pengalihan Mikroorganisme yang disertai dengan daftar Mikroorganisme.
  13. Kawasan Hutan adalah wilayah tertentu yang ditunjuk dan/atau ditetapkan oleh pemerintah untuk dipertahankan keberadaannya sebagai hutan tetap.
  14. Kawasan Konservasi Perairan adalah kawasan perairan yang dilindungi, dikelola dengan sistem zonasi, untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya ikan dan lingkungannya secara berkelanjutan.
  15. Lokasi Nonkonservasi adalah lokasi perolehan Sampe1 yang mengandung danf atau terkait dengan Mikroorganisme selain di Kawasan Hutan, Kawasan Konservasi Perairan, kawasan konservasi di luar habitat alaminya (ex situ), dan di luar lokasi penelitian, pencegahan, pengendalian, penanggulangan kesehatan masyarakat.
  16. Lembaga adalah institusi dalam pemerintah pusat yang membidangi penelitian ilmu pengetahuan.
  17. Lembaga Penyimpan Lainnya adalah 1embaga pada kementerian atau lembaga pemerintah lainnya yang memenuhi persyaratan pengelolaan kultur koleksi Mikroorganisme.

Selengkapnya bisa anda baca pada file perpres nomor 1 tahun 2021 tentang pengelolaan mikroorganisme pdf di bawah ini.

Download Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Mikroorganisme PDF

Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut:

atau bisa langsung anda baca file nya berikut ini:

Demikian postingan tomatalikuang.com tentang Download Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Mikroorganisme PDF. Semoga bermanfaat :)

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Posting Komentar untuk "Download Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Mikroorganisme PDF"

Dapatkan File Soal dan Pembahasan Gratis di Alamat Email mu !