Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

download permendikbud ri nomor 3 tahun 2021 tentang tata naskah dinas kemendikbud pdf

 Dibawah ini adalah download pdf peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan ri (permendikbud) nomor 3 tahun 2021 tentang tata naskah dinas kemendikbud.

permendikbud ri nomor 3 tahun 2021 tentang tata naskah dinas kemendikbud pdf tomatalikuang.com
Permendikbud RI Nomor 3 Tahun 2021 PDF


Permendikbud Nomor 3 Tahun 2021 tentang Tata Naskah Dinas Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Tata Naskah Dinas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Berikut sebagian isi dari Permendikbud tersebut:

BAB I KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:

  1. Naskah Dinas adalah informasi tertulis sebagai alat komunikasi kedinasan yang dibuat dan/atau dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Tata Naskah Dinas adalah pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengesahan, dan penyampaian Naskah Dinas, serta media yang digunakan dalam kedinasan.
  3. Naskah Dinas Arahan adalah Naskah Dinas yang memuat kebijakan pokok atau kebijakan pelaksanaan yang harus dipedomani dan dilaksanakan dalam penyelenggaraan tugas dan kegiatan setiap lembaga yang berupa produk hukum yang bersifat pengaturan, penetapan, dan penugasan. 
  4. Kewenangan Penandatanganan Naskah Dinas adalah hak dan kewajiban yang ada pada pejabat untuk menandatangani Naskah Dinas sesuai dengan tugas dan tanggung jawab kedinasan pada jabatannya.
  5. Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi, atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi.
  6. Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Lambang Negara adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
  7. Unit Organisasi adalah Unit Utama dan Pusat.
  8. Unit Utama adalah Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Inspektorat Jenderal, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
  9. Pusat adalah Pusat Data dan Teknologi Informasi, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai, Pusat Prestasi Nasional, Pusat Penguatan Karakter, dan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan.
  10. Unit Pelaksana Teknis yang selanjutnya disingkat UPT adalah organisasi yang bersifat mandiri yang melaksanakan tugas teknis operasional tertentu dari Unit Organisasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  11. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi adalah lembaga yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada menteri yang menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan tinggi.
  12. Perguruan Tinggi Negeri yang selanjutnya disingkat PTN adalah Perguruan Tinggi yang didirikan dan/atau diselenggarakan oleh Pemerintah.
  13. Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan dan kebudayaan.
  14. Kementerian adalah kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan dan kebudayaan.
  15. Nomor Identitas Pegawai yang selanjutnya disingkat NIP adalah nomor yang diberikan kepada pegawai negeri sipil sebagai identitas yang memuat tahun, bulan, dan tanggal lahir, tahun, dan bulan pengangkatan pertama sebagai calon pegawai negeri sipil, jenis kelamin pegawai negeri sipil dan nomor urut.

BAB II JENIS DAN FORMAT NASKAH DINAS

Pasal 2

  1. Naskah Dinas terdiri atas:
    1. Naskah Dinas korespondensi;
    2. Naskah Dinas khusus; dan
    3. Naskah Dinas lainnya.
  2. Tata Naskah Dinas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan secara manual dan/atau elektronik.
Selengkapnya bisa anda baca pada file permendikbud ri nomor 3 tahun 2021 tentang tata naskah dinas kemendikbud pdf dibawah ini.

Download Permendikbud Nomor 3 Tahun 2021 tentang Tata Naskah Dinas Kemendikbud PDF

Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut: Permendikbud Nomor 3 Tahun 2021.pdf
atau bisa langsung anda baca filenya berikut ini:

Demikian postingan tomatalikuang.com tentang download permendikbud ri nomor 3 tahun 2021 tentang tata naskah dinas kemendikbud pdf. Semoga bermanfaat :)
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Posting Komentar untuk "download permendikbud ri nomor 3 tahun 2021 tentang tata naskah dinas kemendikbud pdf"

Dapatkan File Soal dan Pembahasan Gratis di Alamat Email mu !