Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Download Panduan Registrasi Peserta KSN-K SMA MA Tahun 2021 PDF (Kabupaten/Kota)

Dibawah ini adalah download pdf panduan registrasi / pendaftaran kompetisi sains nasional tingkat kabupaten/kota (ksn-k) jenjang sma/ma tahun 2021 resmi dari pusat prestasi nasional (puspresnas) kementerian pendidikan dan kebudayaan ri (kemendikbud).

panduan registrasi pendaftaran peserta ksn-k sma ma tahun 2021 pdf kabupaten kota tomatalikuang.com
Panduan Registrasi KSN-K SMA/MA Tahun 2021


Panduan Registrasi Peserta KSN-K SMA MA Tahun 2021 PDF (Kabupaten/Kota)

Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K) tahun 2021 dengan menggunakan mekanisme UNBK.

Adapun pelaksanaan KSN-K akan dilaksanakan di sekolah-sekolah yang telah ditunjuk menjadi tempat pelaksaan KSN-K. Langkah awal yang harus dilakukan satuan Pendidikan yang siswanya mengikuti KSN-K adalah melakukan registrasi peserta. Registrasi tersebut harus dilakukan oleh operator sekolah dengan menggunakan email aktif sekolah.

Jadwal Pendaftaran Peserta KSN-K SMA MA Tahun 2021

Waktu registrasi dilaksanakan tanggal 22 s.d 28 April 2021 melalui laman portal registrasi sebagai berikut: https://mtn-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Portal registrasi berfungsi sebagai sarana untuk melakukan pendaftaran peserta Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota tahun 2021.

Tahapan Proses Registrasi Peserta KSN-K SMA/MA Tahun 2021

Berikut adalah tahapan proses pendaftaran peserta ksn-k tingkat kabupaten/kota jenjang sma ma tahun 2021:

#1 Registrasi Akun Satuan Pendidikan

Mengunjungi Laman portal Registrasi: https://mtn-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Halaman ini berfungsi sebagai akses untuk satuan pendidikan yang belum memiliki akun agar mendaftarkan satuan pendidikannya dengan memasukkan email, jenis satuan pendidikan (Sekolah, Madrasah, Universitas), serta nomor pokok berupa NPSN, NSM, Kode PT. Jika nomor pokok tidak ditemukan di data pokok, maka satuan pendidikan harus mengecek / mengurus masalah tersebut di Pusat Data Pokok masing-masing.

#2 Me-review & Melengkapi Form Registrasi Akun

Apabila nomor pokok satuan pendidikan sesuai dengan data yang tersedia di data pokok (Dapodik, Emis, PD Dikti), maka proses registrasi akan lanjut pada halaman Form Registrasi Akun. Satuan pendidikan diharuskan untuk mengecek data yang ditampilkan dari API dan melengkapi data sebagai syarat untuk registrasi akun.

#3 Notifikasi Registrasi Satuan Pendidikan

Halaman ini akan tampil ketika proses registrasi yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan telah berhasil. Selanjutnya, Satuan Pendidikan diarahkan agar mengecek email untuk keperluan aktivasi akun.

#4 Login Satuan Pendidikan

Halaman ini berfungsi sebagai akses satuan pendidikan untuk melakukan login dengan memasukkan Email dan Kata Sandi.

#5 Dashboard Satuan Pendidikan

Pada halaman ini terdapat file panduan registrasi yang bisa diunduh, profil satuan pendidikan, serta daftar lomba terdekat yang ada pada setiap jenjang pendidikan.

#6 Detail Lomba

Pada halaman ini terdapat detail deskripsi ajang, kriteria peserta lomba dan peraturan lomba. Juga dilengkapi oleh button untuk mendaftarkan peserta didik ke perlombaan.

#7 Halaman List Peserta Didik

Halaman ini digunakan untuk menampilkan data para peserta didik di satuan pendidikannya yang telah terdaftar untuk mengikuti perlombaan. Terdapat button untuk menambahkan peserta baru.

#8 Identitas Peserta Didik

Saat akan menambahkan peserta didik baru, proses pertama yang dilakukan yaitu adalah mengisi identitas peserta berupa email dan NISN/NISM/NIM.

#9 Notifikasi Jika NISN Tidak Ditemukan

Apabila nomor induk peserta mengalami masalah, maka harus ditindaklanjuti terlebih dahulu dengan mengurus di pusat data pokok masing-masing jenjang pendidikan agar bisa melanjutkan ke proses pendaftaran selanjutnya.

#10 Formulir Registrasi Peserta Didik

  • Jika nomor induk peserta telah terverifikasi, maka secara otomatis akan menampilkan formulir pertama yang meliputi foto peserta, data peserta dan data prestasi. Pada halaman inilah, satuan pendidikan melakukan review data yang diambil dari API, dan melengkapi data lainnya yang telah disediakan.
  • Selanjutnya terdapat formulir kedua yang harus di-review dan dilengkapi yaitu berupa data orang tua, Kartu Indonesia Pintar, data pembina/pelatih, dan data pendukung. Setelah semuanya telah terisi dengan benar, satuan pendidikan dapat langsung tekan button “daftar”.

#11 List Peserta Didik Lomba (Individu)

Saat proses registrasi peserta didik telah berhasil, maka peserta tersebut akan tercantum pada daftar data peserta didik yang dilengkapi oleh aksi lihat dan hapus.

#12 Review Data Peserta Lomba

Data peserta lomba yang telah terdaftar dapat di-review ulang dan tersedia fitur untuk memperbaiki data apabila terdapat kesalahan dalam penginputan.

Download Panduan Registrasi Peserta KSN-K SMA MA Tahun 2021 PDF (Kabupaten/Kota)

Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut: 

  • Surat Edaran Registrasi peserta KSN-K jenjang SMA_Disdik dan Kanwil Kemenag PDF (Download)
  • Surat Edaran Registrasi peserta KSNK_Madrasah Ditjen Pendidikan Islam PDF (Download)
  • Panduan Registrasi KSN-K 2021 PDF (Download)


Demikian postingan tomatalikuang.com tentang Download Panduan Registrasi Peserta KSN-K SMA MA Tahun 2021 PDF (Kabupaten/Kota). Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar