Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Berikut link download Juknis KOPSI SMP Tahun 2021 PDF Resmi

 Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikti) terus berupaya mengembangkan dan membina bakat, minat, serta prestasi peserta didik tingkat SMP/MTs/Sederajat lewat bermacam-macam kegiatan pengembangan bagi peserta didik. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional.

 


Informasi Terkait KOPSI SMP/MTs 2021

Pusat Prestasi Nasional telah menyusun perencanaan untuk menggelar berbagai macam Kompetisi, Festival, dan Lomba antar peserta didik SMP/MTS/Sederajat. Salah satu diantaranya adalah Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) bagi peserta didik jenjang SMP/MTs/Sederajat. Demi terselenggaranya acara ini, diperlukan persiapan  kebijakan pelaksanaan, teknis, pemantauan, pelaporan, dan evaluasi dalam bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik.
KOPSI selalu fokus kepada tujuan menumbuhkan karakter ilmiah lewat kegiatan kompetisi dalam rangka mengembangkan kemerdekaan berpikir peserta didik untuk mempelajari proses penelitian. KOPSI juga digelar untuk membangun masyarakat Indonesia yang memiliki karakter inovatif juga kreatif. Ada banyak ide yang bisa ditemukan dari bermacam-macam peristiwa, potensi di lingkungan sekitar peserta didik, serta gejala-gejala lainnya.


Dengan diselenggarakan kegiatan ini, diharapkan nantinya peserta didik memiliki kepedulian kepada lingkungan di sekitarnya, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang berdampak global dan dapat ditumbuhkan terus-menerus. KOPSI berperan sebagai wadah peserta didik tingkat SMP/MTs/sederajat untuk mengaktualisasikan bakat, minat, kemampuan meneliti, dan berinovasi juga menanamkan budaya meneliti. Selain itu, kegiatan ini berfungsi juga sebagai seleksi karya penelitian unggul yang akan diikutsertakan dalam bermacam-macam perlombaan penelitian tingkat nasional dan internasional.

Juknis Pelaksanaan KOPSI SMP 2021

Buku Petunjuk teknis atau disingkat juknis mengenai pelaksanaan KOPSI SMP MTs tahun 2021 ini akan memberikan penjelasan informasi mekanisme, peraturan, dan prosedur kegiatan KOPSI dan berlaku sebagai pedoman untuk penyelenggaraan KOPSI SMP tahun 2021. Lebih lanjut lagi, Juknis Pelaksanaan Kopsi SMP tahun 2021 ini berisi petunjuk teknis pelaksanaan lomba KOPSI dan diharapkan dapat memberikan perspektif mengenai pentingnya penyelenggaraan KOPSI SMP tahun 2021 untuk peserta didik dalam rangka mengembangkan dunia penelitian di Indonesia.
Kemudian yang menjadi sasaran KOPSI SMP tahun 2021 merupakan peserta didik tingkat SMP/Ts/sederajat yang berada di wilayah Indonesia, dan juga Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN). Sementara ruang lingkup dalam KOPSI SMP tahun 2021 ini adalah:
1. Seni, Kemanusiaan, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bidang ini adalah bidang yang memiliki keterkaitan tentang masyarakat, seperti cara orang-orang berperilaku dan mempengaruhi dunia di sekitarnya, kegiatan atau produk manusia yang di dalamnya terlibat imajinasi kreatif untuk mengungkapkan keindahan juga emosi, serta tentang kebijakan dan cinta kasih terhadap sesame manusia.
2. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan. Bidang ini adalah bidang yang berkaitan dengan pemahaman manusia dengan cara sistematis terhadap gejala alam di dalam prinsip, bentuk konsep, dan hokum yang telah teruji kebenarannya lewat metode ilmiah. Kemudian juga dalam gejala alam seperti lingkungan, yaitu sesuatu yang berupa proses atau peristiwa di sekitar peserta didik yang memiliki sifat biotik atau abiotic.
3. Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa. Ini adalah bidang yang membahas mengenai rancangan, seperti pemikiran serta upaya dalam membuat sesuatu yang diperuntukan bagi kepentingan manusia. Perwujudannya adalah produk teknologi. Dalam Juknis KOPSI SMP MTs tahun 2021 ini telah disampaikan bahwa Strategi pelaksanaan KOPSI SMP tahun 2021 adalah:
1) pelaksanaan dilakukan menggunakan sistem online/daring dikarenakan kondisi wilayah Indonesia sebagian besarnya masih berada dalam zona merah/oranye/kuning dalam pandemic Covid-19 dan juga mengingat sedang diberlakukannya PPKM secara luas.
 2) Pelaksanaan kompetisi menggunakan media aplikasi yang disediakan oleh panitia pusat.
3) Pelaksanaan kompetisi diwajibkan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.
 

Informasi selengkapnya dapat dibaca di bawah ini: 

 

Untuk download Juknis Pelaksanaan KOPSI SMP/MTs tahun 2021 di sini.

Untuk download contoh surat keterangan sekolah KOPSI SMP/MTs 2021 di sini.

Untuk download contoh surat pernyataan peserta KOPSI SMP/MTs 2021 di sini.

Jangan lupa dapatkan informasi seputar dunia pendidikan hanya di https://www.tomatalikuang.com.

Posting Komentar

0 Komentar