Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Download PP Nomor 63 Tahun 2021 Tentang Pemberian THR dan Gaji Ke-13

Manfaat pensiun merupakan hak yang harus oleh aparatur negara maupun pensiunan yang termasuk di dalamnya. Hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 63 Tahun 2021 Tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji ke-13 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan Tahun 2021.


 

Peraturan Pemberian THR

Adapun peraturan pemerintah tersebut sudah diterbitkan sejak 28 April 2021. Seperti yang kita ketahui bahwa kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan perlambatan hampir di semua sektor perekonomian. Namun merupakan kabar baik bagi para penerima pensiun dimana Taspen sebagai bank yang ditunjuk sebagai badan yang mengurus mengenai manfaat pensiun akan membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pensiunan.

Taspen sendiri akan mulai mendistribusikan manfaat pensiun tersebut pada tanggal 30 April 2021. Manfaat pensiun tersebut dibagikan melalui kantor pos maupun kantor bayar perbankan yang akan ditunjuk.

Ketentuan besaran pensiun THR diatur dalam PP Nomor 63 Tahun 2021 tentang Pemberian THR dan Gaji ke-13 Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2021.

Adapun ketentuan besaran THR sendiri meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan tambahan penghasilan, tanpa tunjangan beras dan dikenakan potongan pajak. Hal ini mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 63 Tahun 2021 Tentang Pemberian THR dan Gaji ke-13 Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tunjangan Tahun 2021.

Jika ada penerima pensiun yang berstatus janda ataupun duda maka berhak menerima manfaat THR sebagai penerima pensiun sendiri dan juga penerima pensiun janda/duda. Lalu bagi penerima manfaat pensiun yang menerima lebih dari satu penghasilan yang bersumber dari APBN maka yang diberikan hanyalah salah satu yang lebih menguntungkan. 

Pengambilan manfaat pensiun secara tunai disarankan untuk tidak berada dalam kerumunan karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Penerima manfaat THR yang ingin mengambil secara tunai di juru bayar harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan ketika masuk ruangan, menjaga jarak dengan nasabah lainnya dan tentu saja menghindari kerumunan.

Pemberian THR dan gaji ke-13 kepada pensiunan dan aparatur negara ini sebagai bentuk penghargaan dan pengabdian kepada bangsa dan negara dengan tak lupa memperhatikan kondisi keuangan negara. 

Tunjangan Hari Raya

Merujuk pada PP No. 63 Tahun 2021 Tentang Pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada ASN Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan Tahun 2021 bahwa Tunjangan Hari Raya yang diterima tidak termasuk :

  1. Tunjangan kinerja
  2. Tunjangan kinerja daerah atau sebutan lain
  3. Insentif kerja
  4. Insentif kinerja
  5. Tunjangan pengelolaan arsip statis
  6. Tambahan penghasilan pegawai atau istilah lain
  7. Insentif khusus
  8. Tunjangan pengabdian
  9. Insentif pengabdian
  10. Tunjangan resiko, tunjangan kompensasi dan tunjangan lain dengan istilah sejenis
  11. Tunjangan profesi
  12. Tunjangan pengamanan
  13. Tunjangan penghidupan luar negeri
  14. Tambahan penghasilan bagi guru PNS
  15. Tunjangan khusus
  16. Tunjangan selisih penghasilan
  17. Tunjangan dengan sebutan lain yang berada di luar ketentuan
  18. Tunjangan yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan maupun peraturan internal instansi pemerintah

Untuk besaran THR dan Gaji ke-13 yang diberikan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS hanya 80% dari gaji pokok yang diterima, tunjangan pangan, tunjangan keluarga, dan tunjangan umum sesuai dengan jabatannya. 

Kesimpulan

Demikian uraian singkat mengenai informasi terkait Peraturan Pemerintah PP Nomor 63 Tahun 2021 Tentang Pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada PNS dan Pensiunan Tahun 2021. Semoga bisa memberi manfaat bagi Anda para pensiunan dan juga PNS yang masih simpang siur dalam mendapatkan informasi mengenai pencairan THR.

Berikut ini PP Nomor 63 Tahun 2021: 



Atau bisa juga didownload langsung di sini.


Posting Komentar

0 Komentar