Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Ini Jawaban Taqabbalallahu Minna wa Minkum Saat Idul Fitri

Menjelang Hari Raya Idul Fitri seperti sekarang ini, ada berbagai persiapan yang banyak dilakukan oleh muslim dan muslimah. Salah satu yang tidak ketinggal dipersiapkan adalah memberikan ucapan selamat Idul Fitri kepada sesama muslim yang merayakan lebaran. Ada banyak ucapan selamat lebaran atau selama Idul Fitri yang dapat diucapkan, salah satunya adalah Taqabbalallahu Minna wa Minkum. Jika Anda mendapatkan ucapan ini, bagaimana semestinya menjawabnya?
 

Jawaban taqabbalallahu minna wa minkum idul fitri tomatalikuang.com


Di artikel ini akan dibahas bagaimana seharusnya Anda menjawab ucapan selamat lebaran Taqabbalallahu Minna wa Minkun, berikut jawabannya:

Dahulu pada zaman Rasulullah, ada sebuah cerita, yaitu suatu hari seorang Muslim bertemu dengan sesama Muslim saat hari raya Idul Fitri, para sahabat Nabi memberikan contoh untuk mengucapkan selamat hari raya dengan ucapan sekaligus doa:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

(Taqabbalallahu minna wa minkum)

yang memiliki arti: Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.

“Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila bertemu di hari raya, mereka mengucapkan kepada sebagian lainnya: taqabbalallahu minna wa minka,” tulis Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fathul Baari.

Bagaimana Memberikan Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum?

Seperti yang telah diriwayatkan oleh sahabat dan Salafush Shalih hingga sampai kepada kita, jawaban yang harus kamu berikan saat ada yang mengucapkan ‘Taqabbalallahu minna wa minkum’ adalah menjawab doa yang sama yaitu taqabbalallahu minna wa minkum.

Hadits Terkait Jawaban Taqabbalallahu Minna wa Minkum

Dari Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah, “Taqabbalallahu minna wa minkum,” Watsilah menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (HR Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir)

Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, ia juga berkata, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.” (HR Ad-Daruquthni dalam Ad Du’a)

Itulah tadi jawaban dari sahabat dan salafus shalih, ketika mendapatkan ucapan taqabbalallahu minna wa minkum.

Jawaban seperti ini persis seperti yang diperintahkan oleh Allah dalam Alquran,

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apapun maka balas lah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal” (QS An Nisa’ : 86).

Semoga bermanfaat. Dapatkan update informasi pendidikan hanya di www.tomatalikuang.com.

Posting Komentar

0 Komentar