Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Keutamaan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal yang Perlu Anda Ketahui

Setiap umat Muslim di dunia wajib hukumnya berpuasa di bulan Ramadan bagi yang mampu secara fisik dan tidak ada uzur seperti melakukan bepergian dalam jangka waktu lama. Setelah kurang lebih 30 hari lamanya berpuasa di bulan Ramadan, maka pada tanggal 1 Syawal umat Muslim merayakan hari kemenangan dan diharamkan berpuasa.



Namun keesokan harinya setelah tangga 1 Syawal, umat Muslim dapat berpuasa kembali seperti sedia kala. Di bulan Syawal sendiri ada amalan yang dapat dilakukan oleh umat Muslim yaitu puasa 6 hari yang banyak memiliki keutamaan jika dikerjakan.

Seperti yang diriwayatkan dalam Hadist Qudsi akan keutamaan berpuasa, “Setiap amal manusia adalah untuk dirinya, kecuali puasa. Ia (puasa) adalah untuk-Ku dan Aku akan memberikan ganjaran dengan amalan (puasa) itu.”

Puasa 6 Hari di Bulan Syawal : Banyak Keutamaan yang Didapat
Tidak mungkin Rasulullah SAW bersabda memerintahkan umat-Nya untuk melakukan suatu amalan tanpa memiliki keutamaan yang terkandung di dalamnya. Begitu pun dengan puasa 6 hari di bulan Syawal yang ternyata banyak memiliki keutamaan.

Seperti yang diriwayatkan oleh Hadist Riwayat Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh”.

Tentu saja makna hadist di atas bukan berarti kita tidak perlu lagi berpuasa Sunnah selama setahun ke depan, melainkan pahala yang didapat sama seperti berpuasa setahun. Jika sudah berbicara mengenai pahala, tentu semua Muslim akan berlomba-lomba mengumpulkan pahala sebanyaknya untuk bekal di akhirat kelak.

Keutamaan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal


Adapun keutamaan puasa enam hari di bulan Syawal antara lain:

1. Akan menyempurnakan ganjaran layaknya berpuasa selama setahu

2. Puasa 6 hari di bulan Syawal akan menyempurnakan kekurangan dalam ibadah-ibadah kita lainnya

3. Allah SWT akan memberi taufik kepada hamba-Nya yang berpuasa setelah puasa Ramadan.

4. Sebagai bentuk rasa syukur umat Muslim kepada Allah SWT atas diberinya taufik pada diri mereka.

5. Keutamaan lainnya ketika seorang Muslim mengerjakan puasa 6 hari di bulan Syawal adalah tidak akan terputus amalan yang dikerjakannya walau bulan Syawal berlalu sampai dipertemukan dengan Ramadan berikutnya selama Muslim tersebut masih hidup.

Tata Cara Pelaksanaan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

Ketika kita memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk melakukan puasa enam hari di bulan Syawal maka ada beberapa hal yang perlu untuk diketahui sebagai Umat Muslim, yaitu :

1. Mendahulukan membayar utang puasa apabila ada sebelum memulai puasa 6 hari di bulan Syawal.
Jika seorang Muslim selama bulan Ramadan pernah tidak berpuasa, maka wajib hukumnya mengganti puasa tersebut sebelum  melaksanakan puasa 6 hari di bulan Syawal. Karena membayar utang puasa hukumnya wajib sedangkan puasa 6 hari di bulan Syawal hukumnya Sunnah. Walau keutamaan berpuasa 6 hari di bulan Syawal sungguh besar namun kewajiban membayar utang puasa Ramadan tetap harus didahulukan.

2. Membaca niat puasa 6 hari di bulan Syawal
Dalam Islam setiap ibadah yang akan kita lakukan harus disertai niat terlebih dahulu. Termasuk niat berpuasa selama 6 hari di bulan Syawal. Adapun bacaan niat berpuasa selama 6 hari di bulan Syawal adalah : نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى
“Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’I sunnatis Syawwali lillahi ta’ala,”
Yang memiliki arti “Aku berniat puasa Sunnah Syawal esok hari karena Allah Ta’ala.”

Menurut para ulama, berpuasa selama 6 hari di bulan Syawal baiknya dilakukan secara berturut-turut sehari setelah Shalat Idul Fitri. Namun apabila seorang Muslim berpuasa tanpa berturut-turut selama masih di bulan Syawal maka juga akan mendapat keutamaan puasa Syawal. Tentu saja setelah sebelumnya seorang Muslim berpuasa di bulan Ramadan.

Demikian uraian singkat mengenai keutamaan berpuasa selama 6 hari di bulan Syawal. Semoga kita sebagai umat Islam dapat melaksanakan puasa tersebut dan bisa konsisten dari tahun ke tahun.

Posting Komentar

0 Komentar