Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Kreatif, Inilah Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2021 (1442 H)

Tidak terasa lebaran Idul Fitri telah datang. Sebagai sesama muslim yang merayakan hari lebaran, mengucapkan selamat lebaran atau selamat idul fitri dapat dilakukan dengan mengucapkan “Taqobbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).

 


Hadits Ucapatan Idul Fitri

Berikut Hadits yang menyatakan tentang mengucapkan selamat idul fitri


فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن .
Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.
Imam Ahmad rahimahullah berkata,

وَلَا بَأْسَ أَنْ يَقُولَ الرَّجُل لِلرَّجُلِ يَوْمَ الْعِيدِ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك
“Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya ‘ied mengucapkan: Taqobbalallahu minna wa minka”.

وَقَالَ حَرْبٌ : سُئِلَ أَحْمَدُ عَنْ قَوْلِ النَّاسِ فِي الْعِيدَيْنِ تَقَبَّلَ اللَّهُ وَمِنْكُمْ .قَالَ : لَا بَأْسَ بِهِ ، يَرْوِيه أَهْلُ الشَّامِ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قِيلَ : وَوَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ ؟ قَالَ : نَعَمْ .قِيلَ : فَلَا تُكْرَهُ أَنْ يُقَالَ هَذَا يَوْمَ الْعِيدِ .قَالَ : لَا .
Salah seorang ulama, Harb mengatakan, “Imam Ahmad pernah ditanya mengenai apa yang mesti diucapkan di hari raya ‘ied (‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha), apakah dengan ucapan, ‘Taqobbalallahu minna wa minkum’?” Imam Ahmad menjawab, “Tidak mengapa mengucapkan seperti itu.” Kisah tadi diriwayatkan oleh penduduk Syam dari Abu Umamah.

Ada pula yang mengatakan, “Apakah Watsilah bin Al Asqo’ juga berpendapat demikian?” Imam Ahmad berkata, “Betul demikian.” Ada pula yang mengatakan, “Mengucapkan semacam tadi tidaklah dimakruhkan pada hari raya ‘ied.” Imam Ahmad mengatakan, “Iya betul sekali, tidak dimakruhkan.”

وَذَكَرَ ابْنُ عَقِيلٍ فِي تَهْنِئَةِ الْعِيدِ أَحَادِيثَ ، مِنْهَا ، أَنَّ مُحَمَّدَ بْنَ زِيَادٍ ، قَالَ : كُنْت مَعَ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ وَغَيْرِهِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانُوا إذَا رَجَعُوا مِنْ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لَبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك .وَقَالَ أَحْمَدُ : إسْنَادُ حَدِيثِ أَبِي أُمَامَةَ إسْنَادٌ جَيِّدٌ .
Ibnu ‘Aqil menceritakan beberapa hadits mengenai ucapan selamat di hari raya ‘ied. Di antara hadits tersebut adalah dari Muhammad bin Ziyad, ia berkata, “Aku pernah bersama Abu Umamah Al Bahili dan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lainnya. Jika mereka kembali dari ‘ied (yakni shalat ‘ied, pen), satu sama lain di antara mereka mengucapkan, ‘Taqobbalallahu minna wa minka” Imam Ahmad mengatakan bahwa sanad riwayat Abu Umamah ini jayyid.

‘Ali bin Tsabit berkata, “Aku pernah menanyakan pada Malik bin Anas sejak 35 tahun yang lalu.” Ia berkata, “Ucapan selamat semacam ini tidak dikenal di Madinah.”

Diriwayatkan dari Ahmad bahwasanya beliau berkata, “Aku tidak mendahului dalam mengucapkan selamat (hari raya) pada seorang pun. Namun jika ada yang mengucapkan selamat padaku, aku pun akan membalasnya.” Demikian berbagai nukilan riwayat sebagaimana kami kutip dari Al Mughni.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menjelaskan, “Adapun tentang ucapan selamat (tah-niah) ketika hari ‘ied seperti sebagian orang mengatakan pada yang lainnya ketika berjumpa setelah shalat ‘ied, “Taqobbalallahu minna wa minkum wa ahaalallahu ‘alaika” dan semacamnya, maka seperti ini telah diriwayatkan oleh beberapa sahabat Nabi. Mereka biasa mengucapkan semacam itu dan para imam juga memberikan keringanan dalam melakukan hal ini sebagaimana Imam Ahmad dan lainnya. Akan tetapi, Imam Ahmad mengatakan, “Aku tidak mau mendahului mengucapkan selamat hari raya pada seorang pun. Namun kalau ada yang mengucapkan selamat padaku, aku akan membalasnya”. Imam Ahmad melakukan semacam ini karena menjawab ucapan selamat adalah wajib, sedangkan memulai mengucapkannya bukanlah sesuatu yang dianjurkan. Dan sebenarnya bukan hanya beliau yang tidak suka melakukan semacam ini. Intinya, barangsiapa yang ingin mengucapkan selamat, maka ia memiliki qudwah (contoh). Dan barangsiapa yang meninggalkannya, ia pun memiliki qudwah (contoh).”

Sehubungan dengan akan datangnya Idul Fitri, sering kita dengar tersebar ucapan: "MOHON MAAF LAHIR & BATHIN ” Seolah-olah saat Idul Fitri hanya khusus untuk minta maaf. Sungguh sesuatu yang kurang tepat, karena Idul Fitri bukanlah waktu khusus untuk saling maaf memaafkan.

Mengapa demikian ? Memaafkan bisa kapan saja tidak terpaku di hari Idul Fitri... Demikian Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengajarkan kita. Tidak ada satu ayat Qur'an atau pun suatu Hadits yang menunjukkan keharusan mengucapkan “Mohon Maaf Lahir dan Batin” di saat-saat Idul Fitri.

Satu lagi, saat Idul Fitri, yakni mengucapkan : "MINAL 'AIDIN WAL FAIZIN". Arti dari ucapan tersebut adalah : "Kita kembali, dan meraih kemenangan”. Kita mau kembali ke mana? Apa pada ketaatan atau kemaksiatan? Kita meraih kemenangan? Kemenangan apa?  Apakah kita menang melawan bulan Ramadhan sehingga kita bisa kembali berbuat keburukan?

Satu hal lagi yang mesti dipahami, setiap kali ada yang mengucapkan “ Minal ‘Aidin wal Faizin ” Lantas diikuti dengan kalimat, “Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Karena mungkin kita mengira artinya adalah kalimat selanjutnya.

Apakah mengucapkan "MINAL 'AIDIN WAL FAIZIN" atau "MOHON MAAF LAHIR & BATHIN ” sesuatu yang SALAH? Sepertinya TIDAK, namun KURANG TEPAT. Mengapa demikian, Ucapan yang lebih baik dan dicontohkan langsung oleh para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam saat merayakan Idul Fitri adalah :
 

  1. TAQABBALALLAHU MINNA WA MINKUM (Semoga Allah menerima amalku, dan amal Anda/kalian).
  2. Jadi lebih baik, ucapan di SMS /BBM / WA, kita : "Selamat Idul Fitri.Taqabbalallahu minna wa minkum "
  3. Barakallahu Fiikum
  4. Ucapan Selamat idul fitri yang benar adalah dengan mengucapkan "Taqobbalallahu minna wa minkum”. Oleh karena itu dalam Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2021 (1442 H), semestinya juga mencantumkan kalimat Taqobbalallahu minna wa minkum.

Sebagai tambahan berikut beberapa gambar yang dapat Anda gunakan saat mengucapkan selamat hari raya idul fitri:















Ucapan Selamat Idul Fitri Lainnya

Anda juga dapat mengucapkan selamat idul fitri dengan ucapan berikut ini:

  1. Taqobballahuminna wa minkum, taqobbal ya Kariim. Selamat Hari Raya Idulfitri. Minal Aidil Wal Faidzin, mohon maaf lahir batin.
  2. Maaf dan memaafkan itu indah. Di hari kemenangan ini, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin.
  3. Maaf mungkin tak mengubah masa lalu, tapi mampu mengubah masa depan. Maka, hiasi hati dengan penuh kegembiraan di hari kemenangan ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri 2021/1442H
  4. Ramadhan telah usai. Mari sambut hari kemenangan. Selamat lebaran, mohon maaf lahir batin
  5. Selamat hari raya Idul Fitri every one. Maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan.  Mari sambut hari kemenangan dengan penuh kegembiraan
  6. Bulan puasa menghindari kantin, ke masjid pun jadi rajin. Hei kawan, Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir Batin
  7. Semoga Allah SWT menghujanimu banyak keberkahan dan kebahagiaan. Selamat Lebaran, kawan.
  8. Selamat Idul Fitri 2021. Mari lupakan segala kesalahan dengan saling memaafkan. Di hari yang fitri ini, Semoga Allah SWT melimpahkan banyak keberkahan dan kebahagiaan pada kita semua
  9. Mata bisa salah melihat, kuping bisa salah mendengar, mulut bisa salah berbicara, hati dapat salah sangka. Maka, maafkanlah atas segala kesalahan baik yang disengaja maupun yang tak disengaja. Selamat Lebaran.
  10. Jika ada ucapan yang menorehkan lara dan ada tingkah yang membuat duka, mohon maafkanlah diriku yang penuh kekhilafan ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H.
  11. Mawar indah nan harum mewangi, aromanya menyentuh hati nurani, pesan ini terkirim sebagai pengganti diri, untuk ucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri.
  12. Jiwa-jiwa kembali suci. Jutaan syukur mengudara di langit ilahi. Di hari yang fitri ini, semoga ini menjadi kemenangan hakiki. Selamat idul fitri, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.
  13. Selamat idul fitri 1442 H. Mohon maaf lahir dan batin. Kembali Nol ya!
  14. Saya dan seluruh keluarga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Minal Aidzin Walfaizin
  15. Agungkan segala kebesaran-Nya. Syukuri atas segala ampunanannya. Lapangkan hati di hari nan suci ini. Selamat lebaran Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin
  16. Sebening fiber optic, secepat broadband access, setinggi tower antena. Di hari kemenangan ini, mohon kami sekeluarga l dibukakan bandwidth maaf yang selebar-lebarnya.
  17. Selamat lebaran Idul Fitri 2021. Tabbakallahu Minna Wa Minkum. Semoga kita semua masih diberi kesempatan menikmati ramadhan dan Idul Fitri tahun depan
  18. Meski wajah tak dapat bersua, tangan tak dapat saling jabat, semoga pesan ini mampu menjadi jembatan maaf di hari kemenangan ini. Selamat Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir batin.
  19. Biarlah kenangan manis maupun pahit di hari lalu tersimpan dalam relung hati. Kini, mari kita membuka lembaran baru dan basuh  segala kesalahan. Selamat Idul Fitri 2021, mohon maaf lahir batin
  20. Dari dulu tak pernah lelah mencari, meski hati masih tetap sendiri, janganlah pernah bermurah hati, karena hari ini hari raya Idul Fitri.
  21. Selamat Idul Fitri 2021, kawan. Maafkan atas segala khilaf dan kesalahan. Mari sambut hari nan suci ini dengan penuh kegembiraan
  22. Mata terkadang salah memandang, mulut terkadang tak sadar melukai hati orang, hati kerap salah berprasangka. Di hari kemenangan ini, setulus hati ingin menghanturkan maaf. Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin
  23. Di hari kemenangan ini, semoga kita kembali ke fitrah. Selamat Idul Fitri, kawanku. Mohon maaf lahir dan batin ya
  24. Selepas sebulan penuh berpuasa. Menahan makan, minum, dan hawa nafsu. Kini, tiba saatnya kita menyambut hari kemenangan dengan hati bersih. Dengan segala kerendahan hati, saya ucapakan mohon maaf lahir batin, selamat Idul Fitri kawan
  25. Gema takbir saling bersautan mengumandangkan hari kemenangan. Deiring pesan Lebaran nan fitri ini, semoga mempererat silaturrahmi. Selamat hari Lebaran, kawan. Mohon maafkan atas segala kesalahan
  26. Sucikan hati dengan berdzikir, sinari hati dengan fikir, tetaplah bersyukur dan jangan lelah menebar senyum. Mari sambut lebaran dengan hati yang lapang. Mohon maaf lahir batin, teman
  27. Suara beduk dan gema takbir menggema untuk menyemarakkan hari kemenangan. Dari hari yang fitri ini, saya ucapkan selamat Lebaran. Mohon maaf lahir batin, kawan.
  28. Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk umat Muslim seluruh dunia. Semoga berkah Allah SWT selalu menyertaimu, baik hari ini, esok, hingga seterusnya.
  29. Semoga hari yang fitri ini membawa kebahagiaan, kedamaian, dan kesejahteraan untuk kita semua. Selamat lebaran Idul Fitri 1442 H.
  30. Di hari yang fitri ini, tak ada pemberian paling sempurna selain maaf darimu. Selamat hari raya Idul Fitri 2021, mohon maaf lahir batin.
  31. Di hari yang suci ini, saya ingin mengucapkan maaf atas khilaf baik yang disengaja maupun tak disengaja. Minal Aidzin Walfaizin ya.
  32. Selembut sutra, secerah mentari, sebening mata air, dan seindah permata. Seperti itulah gambaran hatiku saat kau memaafkanku. Selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin
  33. Untuk kawan yang kerap terbebani, lawan yang kerap tersakiti, maafkanlah atas segala kesalahanku. Selamat Idul Fitri 1442 H.
  34. Jika Idul Fitri ibarat sebuah lentera. Izinkan aku untuk membuka tabirnya dengan maaf agar sinarnya menerobos jiwa fitrah dari segala salah dan khilaf. Selamat Idul Fitri 2021
  35. Satukan tangan dan satukan hati, begitulah keindahan silaturahmi. Di Hari yang suci ini, mari kita padukan keikhlasan untuk saling memaafkan. Selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin.
  36. Bila semua kesalahan orang kita timbun, maka sampah pergaulan hanya akan bebani diri. Jika di hari kemenangan ini kita saling beri ampun, semoga segelaha kekhilafan kita tak lagi saling membebani. Selamat hari raya Idul Fitri
  37. Di dunia ini, tak ada berkah yang sempurna daripada kehadiran teman sejati. Adamu dalam hidupku, membuatku benar-benar bersyukur. Selamat Idul Fitri untuk kamu  dan keluarga
  38. Selamat Idul Fitri 2021, semuanya. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan berkahnya kepada kita. Mari sambut hari kemenangan dengan penuh suka cita
  39. Dalam doa terselip harapan; dalam cinta terselip keindahan, dalam mempunyai teman sepertimu terselip kedamaian. Selamat Hari Raya Idul Fitri, kawan
  40. Ramadhan telah berlau meninggalkan kita, dan Hari kemenangan telah datang kembali. Semoga kita bisa menikmati Idul Fitri dengan penuh kebahagiaan
  41. Semoga hari kemenangan ini membawa kebahagiaan dan kesejahteraan untuk kita semua. Selamat Hari Idul Fitri 1442H.
  42. Semoga di hari yang suci ini, kamu dilingkupi kebahagiaan dan kedamaian. Semoga Allah SWT menerima segala amal baik kita dan memaafkan segala kesalahan kita. Selamat lebaran untuk umat muslim seluruh dunia
  43. Semoga kemeriahan Idul Fitri ini menghadirkan banyak kebahagiaan dan kesejahteraan  dalam hidup kita. Dan semoga kita semua dapat merayakannya hari kemenangan dengan orang-orang tersayang. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin
  44. Maaf untuk segala kebiasaan-kebiasaan burukku. Selamat lebaran Idul Fitri. Semoga kita memperoleh inspirasi terbaik di Ramadhan ini. Mari sambut kemenangan dengan hati yang suci
  45. Selamat Idul Fitri 2021, semoga kita semua bisa berjumpa kembali di bulan Ramadan tahun depan
  46. Semoga kita semua diberkahi Allah SWT dengan berkah yang luar biasa! Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442H
  47. Biarkan hari yang suci ini membuka pikiranmu dengan pemikiran baru yang lebih segar. Selamat menyambut kemenangan
  48. Berharap malam lekas tiba, berganti pagi yang penuh doa, menyambut Hari Kemenangan bersama keluarga. Izinkanlah kami memohon maaf atas salah dan khilaf, Minal Aidin Walfaizin, mohon maaf lahir batin
  49. Sambut hari kemenangan dengan bahan terbaik. Bahan kesabaran, yang mana benangnya terbuat dari kesucian, dan dihiasi  keikhlasan yang dijahit selama sebulan. Selamat Lebaran, mohon maaf atas khilaf dan kesalahan
  50. Aku memang bukan mentari yang mampu membuatmu membedakan siang maupun malam. Namun, setidaknya cahaya kecilku ini mampu memberi arti di hari yang fitri ini. Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir batin

Posting Komentar

0 Komentar