Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Latihan Ujian dengan Contoh Tes Bakat Skolastik Seleksi PPPK Guru 2021

Seleksi menjadi seorang pegawai memanglah tidak mudah, karena setiap pelamar diharuskan untuk lulus seleksi berkas terlebih dahulu. Apabila telah memenuhi persyaratan, maka akan memasuki tahap ujian yang dilakukan secara online. Rangkaian ujian untuk menjadi seorang pegawai ini salah satunya ialah Tes Bakat Skolastik atau yang dikenal dengan TBS.

soal pppk

 

Begitu juga pada rangkaian seleksi PPPK Guru yang akan berlangsung pada bulan Mei hingga Desember 2021 ini, setiap yang lulus seleksi berkas akan ikut ujian, termasuk TBS. Selama masa seleksi tersebut akan dibagi menjadi 3 tahap untuk memberikan kesempatan kepada guru honorer dan juga lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) se-Indonesia yang memenuhi persyaratan.

Mengenal Tes Bakat Skolastik untuk Guru PPPK 2021

Ibaratkan suatu strategi di dalam perang, ketika tidak mengenali musuh, maka akan sulit untuk mengalahkannya. Oleh karena itu, dalam menghadapi rangkaian seleksi dalam tes, seperti TBS, setiap calon guru PPPK 2021 diharapkan untuk mengenalinya terlebih dahulu.  Tes yang biasa digunakan sebagai pengukur kemampuan seseorang ini, memang cukup unik.

Ada banyak calon siswa atau mahasiswa, CPNS, atau tes pegawai lainnya mengalami kegagalan, akibat tidak memahami maksud dari setiap pertanyaan yang disajikan pada TBS.  Setiap calon guru PPPK 2021 akan ditantang dalam rangkaian soal yang membutuhkan daya analisis dan juga logika yang tinggi pada TBS.

Berlatih memang menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setiap calon peserta seleksi guru PPPK 2021 agar bisa mendapatkan hasil terbaik dan dinyatakan lulus. Banyak berlatih dengan mengerjakan soal-soal contoh Tes Bakat Skolastikeleksi PPPK memang menjadi salah satu solusi terbaik agar siap menghadapi ujian yang dilakukan dengan sistem UNBK.

Sebab, TBS ini mengacu pada tes potensi yang biasa digunakan sebagai alat seleksi perguruan tinggi di Amerika atau yang dikenal dengan istilah Scholastic Aptitude Test (SAT). Contoh Tes Bakat Skolastik seleksi PPPK selalu dibuat dengan melibatkan tenaga ahli yang memiliki subtes yang berbeda, yaitu verbal, kuantitatif, dan penalaran.

Latihan Ujian Contoh Soal TBS untuk Guru PPPK 2021

Para calon guru PPPK 2021 sebelum menghadapi langsung TBS, dianjurkan untuk banyak berlatih mengerjakan soal yang memiliki 3 subtes. Semakin banyak berlatih, maka akan terbiasa menghadapi jenis soal dari TBS yang membutuhkan tingkat penalaran yang tinggi, dan dikerjakan secara relaks, serta hilangkan rasa terbebani saat mengerjakan TBS.

Subtes verbal akan melibatkan kosa kata di dalam soalnya, sehingga para peserta tes PPPK 2021 harus menguasai Antonim, Sinonim, Analogi, dan juga wacana untuk berhasil menjawabnya. Selanjutnya dalam contoh Tes Bakat Skolastik seleksi PPPK yang masuk dalam subtes kuantitatif akan melibatkan angka-angka matematika.

Anda wajib mempelajari Aritmatika dan Aljabar, Deretan Angka, dan juga Geometri agar dapat lulus pada TBS guru PPPK 2021. Subtes terakhir pada TBS ialah penalaran, dan di sinilah para peserta harus serelaks mungkin agar dapat memilih dan mengorganisir setiap informasi yang relevan untuk dapat menjawab soal yang terdiri dari Logis, Diagram, dan Analistis.

Persiapkan seluruh berkas untuk dapat lolos seleksi berkas calon guru PPPK 2021, dan setelahnya perbanyak latihan ujian dengan rutin menjawab soal dari Contoh Tes Bakat skolastik seleksi PPPK. Sekalipun soal-soal selalu mengalami perubahan setiap tahunnya, tapi dengan mempelajari kisi-kisi pasti akan jauh lebih terbiasa dan akhirnya bisa menjawab TBS dengan mudah.

Download contoh soal TBS PPPK 2021 di sini.

 

Demikian informasi mengenai  Latihan Ujian dengan Contoh Tes Bakat Skolastik Seleksi PPPK Guru 2021. Semoga bermanfaat. Baca informasi pendidikan lainnya hanya di www.tomatalikuang.com.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Posting Komentar untuk "Latihan Ujian dengan Contoh Tes Bakat Skolastik Seleksi PPPK Guru 2021"

Dapatkan File Soal dan Pembahasan Gratis di Alamat Email mu !