Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengatasi NIK Bermasalah Saat Mendaftar Seleksi PPPK Guru di Tahun 2021

Mengatasi NIK Bermasalah Saat Mendaftar Seleksi PPPK Guru di Tahun 2021. Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru pada tahun 2021 akan segera dibuka. Pada tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merencanakan akan membuka formasi guru PPPK sejumlah 1 juta tenaga guru. Tujuan dari rencana ini adalah menambah jumlah guru dan pemerataan distribusi guru di daerah.

 

pppk guru

Formasi ini terbuka bagi para lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang tidak mengajar. Tak hanya itu, guru honorer yang bekerja di sekolah swasta dan negeri juga dapat mendaftar dengan syarat telah terdata dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Untuk mendaftar seleksi PPPK Guru 2021, berikut dokumen yang perlu disiapkan:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
  • Kartu Keluarga (KK) 
  • Ijazah/Surat Keterangan Lulus 
  • Dokumen Lain Sesuai Dengan Ketentuan Instansi yang Dilamar

 

Setelah dokumen yang diperlukan telah siap, pelamar harus mendaftarkan diri dengan cara membuat akun SSCASN PPPK di laman https://ssp3k.bkn.go.id/. Setelah akun dibuat, pelamar seleksi PPPK Guru 2021 diminta memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Namun, beberapa pelamar di seleksi CPSN periode sebelumnya mempunyai kendala saat memasukkan NIK dan KK. Beberapa penyebab kendala ini adalah data NIK dan KK yang tidak sesuai, kemudian NIK atau KK yang tidak terdaftar sehingga membuat data pelamar tidak terdeteksi.

Untuk mengatasi NIK yang bermasalah saat Mendaftar Seleksi PPPK Guru di Tahun 2021, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Berikut adalah cara mengatasinya.

1. Ajukan Perbaikan Data

Cara pertama untuk mengatasi NIK yang bermasalah adalah dengan mengajukan perbaikan data ke Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) sesuai dengan domisili pada KTP. Tidak hanya sesuai domisili, pelamar juga mengajukan perbaikan data ke kantor Dukcapil Pusat dengan dokumen yang dimiliki. 

Pelamar harus memastikan bahwa data kependudukan sudah selaras dengan data yang dimiliki oleh Dukcapil Pusat. Untuk menghubungi Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil Pusat, pelamar dapat mengontak via email callcenter@dukcapil.kemndagri.go.id. 

 

2. Helpdesk Ditjen Dukcapil

Cara kedua yang dapat ditempuh untuk mengatasi NIK yang bermasalah adalah dengan cara menghubungi layanan Helpsek Ditjen Dukcapil. Pelamar dapat menjangkau layanan ini dengan cara memanggil di nomor telepon 1500537. Lewat layanan ini, pelamar dapat bertanya terkait kendala yang dihadapi, yaitu terkait NIK dan KK yang bermasalah saat mendaftar PPPK Guru 2021. 

 

3. WhatsApp

Cara terakhir adalah dengan cara menghubungi nomor WhatsApp yang dimiliki oleh Ditjen Dukcapil Pusat. Pelamar yang memiliki NIK bermasalah dapat menghubungi di nomor WhatsApp 08118005373.

 

Demikian postingan tomatalikuang.com tentang Mengatasi NIK Bermasalah Saat Mendaftar Seleksi PPPK Guru di Tahun 2021. Semoga bermanfaat :)


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Posting Komentar untuk "Mengatasi NIK Bermasalah Saat Mendaftar Seleksi PPPK Guru di Tahun 2021"

Dapatkan File Soal dan Pembahasan Gratis di Alamat Email mu !