Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Ingin Lulus Seleksi PPPK Guru? Yuk Penuhi Nilai Tambah Ini

Seleksi PPPK Guru direncanakan akan diumumkan secara resmi pada tanggal 20 Mei 2021 mendatang. Untuk Jadwal Pendaftaran PPPK Guru akan dimulai pada tanggal 31 Mei sampai dengan 21 Juni 2021. Namun jadwal ini dapat berubah sewaktu-waktu jika ada perubahan kebijakan dari pemerintah terkait dengan status Pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan yang dimaksud.




Di dalam seleksi PPPK guru tahun 2021 ada istilah Afirmasi yang penting untuk diketahui oleh Ibu/Bapak calon guru PPPK. Adapun arti dari Afirmasi tersebut adalah Nilai Tambah yang dapat membantu guru honorer lulus seleksi PPPK guru tahun 2021. Nantinya pada saat seleksi PPPK Guru tahun 2021, aka nada tambahan nilai Afirmasi pada aspek penilaian Kompetensi Teknis dengan memperhatikan kriteria-kriteria tertentu.

Jenis Tambahan Nilai Afirmasi

Berikut ini adalah jenis-jenis tambahan nilai Afirmasi tersebut.

1. Calon guru PPPK tahun 2021 akan mendapatkan nilai tambah sebesar maksimal 15% dari faktor usia dan Kompetensi Teknis. Namun hal ini hanya berlaku kepada peserta yang berusia di atas 35 tahun dan memiliki status aktif sebagai guru selama 3 tahun terakhir (sesuai dengan data Dapodik).

2. Selanjutnya, ada Sertifikat Pendidik yang memiliki nilai tambah maksimal sebesar 100% dan Kompetensi Teknis. Tetapi hal ini hanya dapat berlaku kepada semua peserta yang sudah memiliki sertifikat pendidik yang linier dengan formasi yang dilamar.

3. Untuk peserta Guru Honorer THK-II memiliki nilai tambah maksimal sebesar 10% dan Kompetensi Teknis. Peserta dengan kategori tersebut harus sudah terdaftar di database THK-II BKN dan juga memiliki status aktif sebagai guru selama 3 tahun terakhir (berdasarkan Data Dapodik).

4, Terakhir, disabilitas mempunyai nilai tambah maksimal 10% dan Kompetensi Teknis. Terkait kriteria guru disabilitas yang dapat melamar akan disiapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemudian Kemendikbud akan melakukan verifikasi dengan menggunakan metode verifikasi video.

Syarat Mendaftar PPPK Guru

Untuk peserta yang berhak mendaftarkan diri dalam seleksi PPPK Guru Tahun 2021 adalah:

1. Guru honorer yang berstatus aktif mengajar di sekolah negeri yang berada di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan sudah terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud;

2. Honorer THK-II yang sesuai dengan database THK-II di BKN;

3. Lulusan dari Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum pernah menjadi guru dan telah terdaftar di Database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud;

3. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan juga telah terdaftar sebagai Guru di Database Dapodik Kemendikbud.

Berikut ini adalah ringkasan Alur Tahapan Seleksi PPPK Guru Tahun 2021:
Dalam tes pertama, yang diperbolehkan mendaftar hanya guru honorer di sekolah negeri dan guru honorer THK-II dengan ketentuan: 1. Tidak diperbolehkan melamar ke instansi lain, 2. Jika formasi tersedia dan kualikasi atau serdik yang bersangkutan sesuai, diharuskan melamar di formasi tersebut. 3. Apabila formasi tidak tersedia dan/atau kalifikasi atau serdik yang bersangkutan tidak sesuai, maka diperbolehkan melamar di formasi lain di intansi yang sama. Berikut ini adalah gambar lengkap Alur Tahapan Seleksi PPPK Guru tahun 2021.



Terkait seleksi PPPK Guru Tahun 2021, Ibu/Bapak calon guru PPPK harus mempersiapkan materi tes. Untuk Materi Tes Kompetensi Teknis berupa keterampilan, pengetahuan, dan perilaku atau sikap yang dapat diukur, diamati, dan dikembangkan dan spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatannya.  Kompetensi Manajerial berupa keterampilan, pengetahuan, dan perilaku atau sikap dalam berorganisasi yang dapat diukur, diamati, dan dikembangkan terkain dengan kerjasama, orientasi pada hasil, pelayanan public, integritas, komunikasi, pengambilan keputusan, pengembangan diri dan orang lain, dan mengelola perubahan.

Itulah tadi penjelasan mengenai nilai tambah seleksi PPPK Guru. Semoga bermanfaat dan jangan lupa kunjungi https://www.tomatalikuang.com untuk mendapatkan informasi seputar dunia pendidikan.


Posting Komentar

0 Komentar