Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Persyaratan Program Beasiswa S1/D4 Untuk Guru SMK

 Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tahun ini menyelenggarakan beasiswa S1/D4 untuk guru SMK yang didanai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Beasiswa ini akan diberikan kepada mahasiswa yang terdaftar di program studi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang telah ditunjuk dan mempunyai hubungan dengan mata pelajaran muatan produktif atau kejuruan di SMK.


 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Program Beasiswa S1/D4 untuk Guru SMK tahun 2021 ini fokus pada peningkatan kompetensi yang menjadi persyaratan untuk menjadi Guru Profesional SMK, diantaranya: peningkatan kompetensi pedagogik, profesionalisme, kepribadian, dan sosial.

Hasil yang diharapkan dari program ini yaitu mampu menghasilkan mahasiswa kompeten dan sesuai dengan perkembangan kompetensi di industri saat ini, juga menciptakan calon guru SMK yang memiliki kemampuan untuk melihat permasalahan, menganalisis, mampu mencari alternatif solusi, bersaing, serta memecahkan masalah yang ada pada pendidikan vokasi dengan menggunakan kemampuan teknis yang dimilikinya.

Skema pelaksanaan Program Beasiswa S1/D4 Untuk Guru SMK Tahun 2021 ini akan dilaksanakan dalan satu tahun berjalan, namun beasiswa yang diterima oleh peserta adalah beasiswa 4 tahun atau 8 semester. Untuk sasaran program beasiswa ini adalah mahasiswa yang minimal sedang duduk di semester 1 pada tahun 2021/2022 dan telah terdaftar pada program studi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ditunjuk dan memiliki hubungan dengan mata pelajaran muatan produktif/kejuruan di SMK.

Manfaat Program Beasiswa S1/D4 Guru SMK

Adapun manfaat dari Program Beasiswa S1/D4 Untuk Guru SMK Tahun 2021 ini adalah:

1. SMK

Mendapatkan SDM Guru yang berkompeten, menguatkan konsep project based learning melalui pengalaman yang telah didapatkan oleh calon guru selama mengikuti pembelajaran di LPTK, dan menguatkan jaringan kolaborasi dengan DUDI.

2. Pemerintah Daerah (Dinas Pendidikan Provinsi)

Memperoleh Best Practice program link and match melalui peningkatan kompetensi mahasiswa yang menjadi calon Guru SMK, mendapatkan SDM Guru SMK yang berkompeten di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi, dan meningkatkan persentase keberkerjaan untuk siswa lulusan SMK.

3. Pemerintah (Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi)

Membentuk Best Practice program beasiswa S1/D4 untuk Guru SMK yang sedang menempuh pembelajaran di Perguruan Tinggi Lembaga Pendidikan tenaga Kependidikan (LPTK). Memiliki dorongan agar pemerintah mampu menghasilkan SDM (sumber daya manusia) vokasi yang kompeten melalui intervensi beasiswa untuk peningkatan kompetensi mahasiswa.

4. Dunia Usaha dan Dunia Industri

Ikut mewujudkan sinergi antara DUDI dan satuan pendidikan vokasi (SMK) dalam menyelesaikan masalah atau problem solving di DUDI, meningkatkan kompetensi SDM DUDI melalui transfer teknologi dan pengetahuan, serta menciptakan ekosistem riset terapan dan pengembangan di DUDI.

Untuk syarat-syarat pendaftaran Program Beasiswa S1/D4 Untuk Guru SMK tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Berusia maksimal 28 tahun;
  3. Tercatat sebagai mahasiswa minimal semester 1 pada tahun 2021/2022 di perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan;
  4. Tengah menempuh pendidikan di program studi yang sesuai dengan mata pelajaran muatan produktif/kejuaruan di SMK;
  5. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,0 dengan dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah terlegalisir atau nilai rapor SMK setiap mata pelajaran untuk tahun terakhir berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM);
  6. Saat ini tidak sedang berstatus menerima beasiswa dari Kemendikbud termasuk instansi atau perguruan tinggi lainnya.

Persyaratan selengkapnya dapat dibaca pada brosur di bawah ini: 


 atau silakan download brosur persyaratannya di sini.



Posting Komentar

0 Komentar