Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Persyaratan Seleksi Calon Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak

Pendaftaran seleksi calon Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak sudah resmi dibuka oleh kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Melalui rilis di website kemendikbud.go.id, program yang ditunjukan sebagai dukungan bagi sekolah pelaksana program Sekolah Penggerak dan menjadi terobosan Merdeka Belajar Episode Ketujuh.

 


 

Iwan Syahril selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) mengajak praktisi pendidikan, para akademisi, widyaiswara, Kepala Sekolah, Manajemen Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, serta pengawas sekolah di 111 Kabupaten/Kota daerah sasaran program untuk ikut berpartisipasi. Terutama mereka yang mengembangkan kurikulum satuan pendidikan secara mandiri, baik nasional maupun internasional. Selain itu, Dirjen GTK juga mengajak pensiunan kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah yang memiliki keinginan untuk memajukan ekosistem pendidikan.

“Kami mengajak pemangku kepentingan untuk berkontribusi dengan cara belajar dan berbagi bersama guru, kepala sekolah, maupun pengawas di daerah sasaran Program Sekolah Penggerak sebagai bentuk gotong royong dalam rangka transformasi pendidikan Indonesia,” demikian yang disampaikan Iwan di Jakarta pada Selasa (27/04/2021).

Nantinya pelatih ahli yang berperan sebagai pendamping dan pendukung guru/pendidik, pengawas/penilik, dan kepala sekolah untuk menciptakan sekolah yang berpusat pada murid. Minimal selama satu tahun, pelatih ahli akan menjadi pendamping untuk tiga sampai lima sekolah dalam satu kabupaten. Selain itu, Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak juga bertugas untuk mendorong terciptanya kolaborasi semua ekosistem pendidikan sekolah dan pemangku kepentingan di kabupaten.

“Pelatih Ahli mempunyai peran yang nantinya akan mengembangkan komunitas praktisi, kompetensi, dan melakukan mentoring kemajuan pembelajaran pengawas sekolah/penilik, guru/pendidik, dan kepala sekolah di sekolah pelaksana program sekolah penggerak,” lanjut Iwan.

Kehadiran pelatih ahli dapat menjadi tempat konsultasi sekaligus teman belajar untuk menjadikan sekolah yang berpihak kepada murid. “Bagaimanapun kondisi sekolah, guru, kepala sekolah, dan para pemangku kepentingan di sekolah juga di lingkungan sekitarnya harus terus berusaha mewujudkan lingkungan belajar yang nyaman, inklusif, aman, juga menyenangkan bagi anak-anak Indonesia,” tutur Iwan lagi.

Program Merdeka Belajar Episode Ketujuh ini diluncurkan pada 1 Februari 2021 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementrian Dalam Negeri, Muhammad Hudori, dengan Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. Program ini bertujuan untuk mewujudkan visi transformasi pendidikan Indonesia dan mencapai pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia. Program Sekolah Penggerak juga merupakan program yang berfokus pada pengembangan SDM sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, dan juga siswa sehingga dapat mewujudkan lingkungan belajar yang inklusif, aman, nyaman, sekaligus menyenangkan. 

Rekrutmen ini nantinya akan menyaring 700 pelatih ahli terbaik agar bisa memberikan dampak nyata bagi cita-cita pendidikan Indonesia yang besar. Untuk pendaftaran dan rekrutmen tahap pertama mulai dibuka pada 23 April sampai dengan 5 Juni 2021 dan terdiri dari seleksi administrasi, pengisian biodata diri, dan pengisian esai. Selanjutnya, tahap kedua akan dilaksanakan pada 28 juni sampai dengan 2 Juli 2021 yang akan meliputi simulasi wawancara dan melatih. Lalu setelah itu akan ada proses unggah surat kesehatan dan bimbingan teknis kepada pelatih ahli yang lolos seleksi tahap kedua. Terakhir merupakan pengumuman serta penetapan hasil seleksi pelatih ahli angkatan pertama pada bulan Agustus 2021 mendatang.

Untuk informasi mengenai rekrutmen pelatih ahli Program Sekolah Penggerak berupa persyaratan, link pendaftaran seleksi calon pelatih ahli program sekolah, serta jadwal seleksi dapat dilihat di sini.


Posting Komentar

0 Komentar