Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Siapkan NIK untuk Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 dan Syarat Lainnya agar Diterima

Kabar gembira untuk seluruh guru honorer di Indonesia, karena pemerintah telah memutuskan untuk membuka rekrutmen PPPK, dengan jadwal pendaftaran seleksi yang akan dimulai pada bulan Mei sampai dengan Juni tahun 2021 ini. Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ini telah dijadwalkan akan dilakukan sampai tahap III.

 

pppk

Dikutip dari situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), jadwal seleksi tahap I PPPK akan dilaksanakan pada bulan April 2021, dan seleksi tahap II akan dilangsungkan pada Oktober 2021. Sementara untuk seleksi tahap III PPPK 2021 akan berlangsung pada akhir tahun, yaitu Desember.

Sehingga, diharapkan kepada seluruh guru honorer se-Indonesia dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaiknya, agar mendapatkan penghasilan yang layak. Bahkan tidak hanya guru honorer saja yang diberi kesempatan untuk ikut dalam seleksi PPPK ini, tetapi juga para lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG)

 

Syarat yang Harus Dipenuhi Calon Guru PPPK 2021

Terdapat integrasi antara sistem seleksi calon ASN (SSCASN) dengan Direktoral Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil dalam persiapan pendaftaran guru PPPK 2021 guna melakukan integrasi pada Nomor Induk Kependudukan (NIK). Oleh karenaya, para guru honorer wajib siapkan NIK untuk seleksi guru PPPK di tahun ini.

Telah direncanakan dalam proses pendaftaran dan verifikasi akan menggunakan Sistem Seleksi PPPK (SSPPPK), sehingga membutuhkan NIK, KK, dan juga NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kerja). NUPTK akan didapatkan apabila calon guru PPPK telah terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (DAPODIK).

Tidak hanya guru honorer aktif saja yang dapat turut serta mendaftarkan diri sebagai calon guru PPPK, tapi juga mantan tenaga honorer kategori 2 yang belum pernah lulus PNS atau PPPK di tahun sebelumnya, serta para lulusan PPG yang tidak mengajar. Di mana setiap calon pendatar PPPK 2021 harus berusia minimal 20 dan maksimal 59 tahun.

Latar belakang pendidikan menjadi syarat yang paling diutamakan (S1 atau D4), serta didukung dengan sertifikat keahlian dari lembaga yang berwenang terkait pendidik. Calon guru PPPK 2021 tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat, dan juga tidak pernah melakukan tindak pidana. Selain itu, guru yang hendak mendaftar PPPK 2021 bukanlah anggota dari partai politik.

 

pppk guru

Mekanisme Seleksi Guru PPPK 2021

Pemerintah menyediakan kesempatan menjadi guru PPPK dengan jumlah formasi hingga 1 juta guru, mood baik honorer atau lulusan PPG yang memenuhi persyaratan. Semuanya melakukan pendaftaran dan verifikasi melalui laman SSCASN dari BKN. Di mana setiap pendaftar memiliki kesempatan hingga 3 kali untuk ujian.

Apabila didapati calon guru PPPK gagal dalam ujian tahap I, maka masih diberi kesempatan untuk ikut ujian pada tahap II, dan juga III. Siapkan NIK untuk seleksi guru PPPK 2021 memang menjadi yang paling diwajibkan agar lulus berkas untuk menuju ujian yang dilakukan melalui sistem UNBK dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Istimewanya dari PPPK 2021 ini Kemendikbud menyediakan materi untuk pembelajaran seluruh calon guru PPPK secara daring sebagai persiapan menghadapi ujian seleksi. Sehingga diharapkan bagi seluruh guru yang berminat untuk mendaftarkan diri pada PPPK 2021 dapat memanfaatkan media pembelajaran secara baik agar dapat lulus dan diterima.

Terkait pembayaran gaji guru yang lulus seleksi PPPK 2021 ini pun sudah disiapkan oleh pemerintah pusat agar mendapatkan upah yang layak. Siapkan NIK untuk seleksi guru PPPK 2021 dan syarat lainnya, serta manfaatkan pembelajaran untuk ujian agar diterima tanpa harus percaya kepada calo yang mengaku dapat membuat lulus.

 

pppk guru

Itulah tadi penjelasan mengenai sistem seleksi PPPK Guru tahun 2021. Jadi, sudah siapkah Anda mengikuti seleksi Guru PPPK tahun 2021 ini?

Demikian postingan tentang NIK untuk Guru PPPK 2021 dan Persyaratan Lainnya agar Diterima. Semoga bermanfaat dan ikuti update informasi pendidikan lainnya di Tomatalikuang.com.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Posting Komentar untuk "Siapkan NIK untuk Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 dan Syarat Lainnya agar Diterima"

Dapatkan File Soal dan Pembahasan Gratis di Alamat Email mu !