Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tata Tertib Seleksi CPNS, PPPK, dan Sekolah Kedinasan dengan CAT BKN yang Wajib Diketahui

Pegawai Negeri Sipil merupakan profesi yang diidam-idamkan oleh hampir sebagian penduduk Indonesia. Namun sebelum seseorang menjadi Pegawai Negeri Sipil dengan surat pengangkatan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui salah satunya Tes CPNS.

 

pppk guru

Tes CPNS wajib dilakukan oleh semua Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk dapat diterima menjadi pegawai instansi tempat Anda melamar. Tes CPNS sendiri telah diatur dalam Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2021.

Adapun Peraturan BKN Nomor 2 tahun 2021 sendiri mengatur tentang sistem penerimaan CPNS dengan metode CAT atau kepanjangan dari Computer Assisted Test. Metode ini merupakan suatu sistem seleksi dalam menyaring Calon Pegawai Negeri Sipil dengan berbasis komputer untuk mendapatkan peserta dengan kompetensi sesuai standar kompetensi.

Pelaksanaan tes dengan metode CAT sendiri meliputi seleksi pengembangan karir, seleksi selain Aparatur SIpil Negara (ASN), seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja, dan seleksi Calon Pegawai Negeri SIpil.

Berikut merupakan Tata Tertib Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri SIpil berdasarkan Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2021 :

Tata Tertib Peserta Ujian

  1. Sebelum mengikuti ujian, para peserta diwajibkan hadis satu jam sebelum pelaksanaan ujian dimulai. Hal ini dimaksudkan agar peserta dapat melakukan registrasi terlebih dahulu dan melengkapi dokumen kepesertaan untuk mengikuti ujian. 
  2. Adanya PIN registrasi yang diberikan oleh panitia kepada peserta ujian sebagai bukati bahwa seseorang merupakan peserta yang sah.
  3. Pemberian PIN registrasi diberikan kepada peserta akan ditutup selama 5 sampai 10 menit menjelang ujian dimulai.
  4. Jika peserta ujian datang terlambat maka tidak ada toleransi waktu perpanjangan dalam mengikuti ujian
  5. Peserta ujian harus membawa Kartu Tanda Penduduk asli, Kartu Keluarga asli sebagai identitas yang dapat ditunjukkan kepada panitia pelaksana ujian CPNS
  6. Jika tidak dapat menunjukkan KTP asli maka peserta diwajibkan membawa salinan Kartu Tanda Penduduk yang telah dilegalisir basah oleh pejabat setempat yang berwenang.
  7. Jika pelaksanaan tes dilangsungkan di luar negeri maka peserta harus dapat menunjukkan Paspor yang dimiliki serta kartu peserta sebagai bukti seseorang memang mengikuti tes tersebut.
  8. Peserta harus berpakaian sopan dan rapi serta menggunakan sepatu
  9. Peserta yang datang harus sesuai dengan foto yang ada di kartu kepesertaan
  10. Jika telah selesai mengerjakan soal ujian, maka peserta boleh meninggalkan ruang ujian dengan tertib dan tidak berisik
  11. Peserta yang mengikuti tes dilarang membawa dan melakukan hal-hal di bawah ini :
  • Dilarang makan dan minum di ruangan ujian 
  • Dilarang membawa peralatan yang sekiranya dapat membantu dalam pengerjaan soal-soal ujian seperti kalkulator maupun buku catatan.
  • Peserta dilarang merokok di dalam ruangan ujian
  • Peserta dilarang bertanya, memberikan jawaban maupun memberikan barang kepada peserta lain dengan tujuan mempermudah menjawab pertanyaan ujian. 
  • Peserta dilarang meninggalkan ruangan ujian tanpa sepengetahuan panitia.

 

Sanksi yang Diberikan Bagi Peserta yang Melanggar Tata Tertib

  1. Peserta yang tidak membawa berkas kelengkapan seperti Kartu Tanda Penduduk maupun dokumen registrasi maka tidak diperkenankan mengikuti ujian
  2. Peserta yang terlambat datang untuk mengikuti ujian tidak diperkenankan masuk dan dianggap telah gugur.
  3. Jika peserta tetap melakukan tindakan yang dilarang oleh panitia, maka panitia berhak menegur peserta sampai memberikan sanksi untuk membatalkan kepesertaannya dalam Tes CPNS tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat mendownload Peraturan Badan Kepegawaian  Negara Nomor 2 Tahun 2021 yang ada di bawah ini:

 

 


Untuk Mendownload, silahkan klik link yang ada di sini.

Demikian beberapa peraturan dari Tes CPNS yang dapat Anda pahami sekaligus pelajari sehingga bisa mempersiapkannya apabila mengikuti Tes tersebut.

 

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Posting Komentar untuk "Tata Tertib Seleksi CPNS, PPPK, dan Sekolah Kedinasan dengan CAT BKN yang Wajib Diketahui"

Dapatkan File Soal dan Pembahasan Gratis di Alamat Email mu !