Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Buku Panduan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Pauddikdasmen di Masa Pandemi Covid-19 (Lengkap)

Kebiasaan belajar di Indonesia dan seluruh dunia telah berubah karena serangan Pandemi COVID-19. Pembelajan tidak lagi dilakukan di sekolah-sekolah secara langsung melainkan secara daring dan diselenggarakan dari rumah masing-masing peserta didik.. Perubahan ini kemudian menimbulkan tantangan baru bagi guru dan peserta didik. 


 

Contohnya ketersediaan peralatan digital yang tidak merata, jaringan internet yang tidak mendukung, disparitas kompetensi guru, rendahnya keterlibatan orang tua atau wali murid dalam proses pembelajaran, sampai kondisi psikososial guru maupun peserta didik. 

Latar Belakang Buku Panduan Pembelajaran Tata Muka (PTM) Pauddikdasmen

Dapat dikatakan hampir seluruh guru, orang tua, dan peserta didik memiliki pengalaman yang berbeda dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi pada perubahan ini. Resiko paling utama dari perubahan ini adalah penurunan kualitas pembelajaran, namun program dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk mengatasi Pandemi masih belum efektif dapat mengembalikan proses pembelajaran menjadi luring. Padahal, kunci dari keberhasilan belajar murid adalah kualitas pembelajaran itu sendiri. Apabila kualitasnya menurun, maka hasil belajar para peserta didik pun akan menurun (learning loss).


Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama kemudian mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang mengatur tentang Panduan Penyelenggaraan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19.Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN dibuat demi membantu menerjemahkan SKB tersebut sehingga dapat dipahami oleh guru dan tenaga kependidikan. 


Diharapkan nantinya baik guru maupun tenaga kependidikan dapat menyesuaikan dan mengembangkan  Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 ini sesuai dengan kondisi satuan pendidikan dan daerah tempat guru mengajar. Satuan pendidikan juga dapat menyiakan persiapan lain yang dibutuhkan untuk ikut mengoptimalkan dan mengembangkan panduan ini. 

Tujuan Buku Panduan Pembelajaran Tata Muka (PTM) Pauddikdasmen

Adapun tujuan dari disusunnya Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 adalah sebagai berikut:
1.    Untuk memandu tenaga kependidikan dan guru dalam memfasilitasi, melaksanakan, merefleksikan, dan merancang pembelajaran di masa pandemi COVID-19;
2.    Membantu guru dan tenaga kependidikan dalam penyesuaian pembelajaran saat ada perubahan kondisi pada satuan pendidikan dan/atay status daerah terkait pandemic COVID-19;
3.    Untuk memandu warga satuan pendidikan di dalam evaluasi dan pemantauan kepada efektivitas pembelajaran di masa pandemi COVID-19.


Terkait sasaran dari Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) PAUDDIKDASMEN di Maa Pandemi COVID-19 ini adalah sebagai berikut:
1.    Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah dan Kantor Wilayah Kementrian Agama;
2.    Pengawas Sekola atau Madrasah;
3.    Kepala Sekolah, Madrasah, dan Satuan Pendidikan lainnya;
4.    Guru dan Tenaga Kependidikan.


Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 ini dapat dimanfaatkan sebagai: 1). Arahan bagi guru dan tenaga kependidikan untuk menyesuaikan konsep dan rencana pembelajaran di masa Pandemi COVID-19; 2). Acuan bagi peserta didik dan warga satuan pendidikan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas dan satuan pendidikan; 3). Rujuan dalam melakukan penyesuaian pembelajaran campuran di masa Pandemi COVID-19 bagi guru dan peserta didik.


Selain itu Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) PAUDDIKDASMEN di masa Pandemi COVID-19 ini memiliki ruang lingkup sebagai berikut:
a.    Panduan bagi seluruh warga satuan pendidikan untuk mengatur jadwal pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan;
b.    Panduan bagi tenaga kependidikan dan guru dalam pengelolaan pembelajaran di masa Pandemi COVID-19;
c.    Panduan untuk menyusun RPP mata pelajaran atau kelas di masa pandemi COVID-19 dan sebagai acuan bagi guru;
d.    Panduan untuk mengatur jadwal mata pelajaran atau pembelajaran kelas di masa Pandemi COVID-19 dan dapat dijadikan sebagai acuan bagi guru, peserta didik, serta orang tua/wali peserta didik.

Untuk mendownload Buku Panduan Pembelajaran Tata Muka (Ptm) Pauddikdasmen Di Masa Pandemi Covid-19 Anda dapat klik link DI SINI.

Ikuti terus informasi seputar dunia pendidikan hanya di https://www.tomatalikuang.com

Posting Komentar

0 Komentar