Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Contoh Artikel 300 Kata

 Berikut adalah contoh artikel 300 kata tentang topik teknologi.


contoh artikel 300 kata tomatalikuang.com

Perbedaan SSD dan HDD Laptop maupun Komputer

Bagi orang awam, perbedaan SSD dan HDD mungkin jarang diketahui karena komponen komputer ini secara fungsi terlihat sama. Namun, tahukah Anda jika kedua tipe memori komputer atau laptop ini sebenarnya memiliki kualitas yang berbeda.

SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive dan HDD merupakan singkatan dari Hard Disk Driver. Dari kepanjangannya saja, kedua tipe memori ini sudah sangat berbeda. HDD merupakan tipe memori yang digunakan pertama kali oleh komputer.

Saat ini HDD bisa dijumpai dengan kapasitas 2 Terabit dan bahkan ada yang lebih besar lagi. Secara keseluruhan HDD menggunakan kaset atau piringan yang diletakkan di dalamnya. Sedangkan SSD ini menggunakan sirkuit elektromagnet sebagai media penyimpanannya.

Dari segi komponennya saja, kedua memori ini sangat berbeda. SSD memanfaatkan sirkulasi sirkuit yang ada untuk melakukan penyimpanan secara terus menerus. Cara kerjanya sama seperti RAM pada laptop, namun lebih diperkuat lagi dengan kumpulan sirkuit di dalamnya.

Perbedaan SSD dan HDD dari Segi Kualitas

Teknologi saat ini pada dasarnya sudah berkembang pesat, khususnya untuk SSD dan HDD. Komponen laptop yang merupakan versi kecil dari komputer, saat ini sudah mengimbangi kualitas dari komputer itu sendiri. 

SSD bisa dikatakan sebagai memori unggulan yang dibutuhkan oleh laptop. Alasannya sederhana, yaitu karena SSD mampu lebih cepat dalam memproses data. Dengan adanya pemrosesan yang cepat, Anda tentunya dapat mengolah data menjadi lebih mudah. 

Namun dari segi harga, SSD dinilai lebih mahal dari pada HDD. Memori HDD sendiri memiliki harga yang jauh di bawah SSD karena pemrosesan datanya lebih lambat. Meskipun begitu, kelebihan HDD adalah kapasitasnya jauh lebih besar dari pada SSD. 

Setiap orang lebih sering menggunakan SSD sebagai memori sistem dan HDD sebagai memori penyimpanan. Keduanya bisa digabungkan dalam satu komponen laptop atau komputer. Karena SSD lebih cepat dalam memproses data. 

Maka akan lebih cocok digunakan untuk pemrograman sistem komputer. Sedangkan HDD, lebih cocok digunakan untuk menyimpan data sebagai memori sekunder. Anda bisa menggunakan kombinasi ini dikomputer ataupun laptop. 

Dengan kecepatannya SSD akan sangat mempercepat performa sistem dan HDD dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam file. Perbedaan SSD dan HDD dari segi kualitasnya bisa dilihat dengan kecepatan performa dan seberapa besar kapasitasnya.


Demikian contoh artikel 300 kata dengan judul Perbedaan SSD dan HDD Laptop Maupun Komputer.

Posting Komentar

0 Komentar