Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Daftar Beasiswa SMA/SMK dari Pemerintah Terbaru (2021)

 Mencari daftar beasiswa SMA/SMK dari Pemerintah menjadi sebuah keharusan jika Anda ingin meringankan beban orang tua. Terlebih lagi mendapatkan beasiswa seharusnya menjadi kebanggaan malah bukan sebaliknya.

Karena seseorang yang mendapat beasiswa biasanya merupakan siswa berprestasi. Karena berbagai macam lembaga kebanyakan memberikan beasiswanya untuk siswa aktif dan berprestasi begitu juga pemerintah.

Tetapi untuk bantuan dari Negara tentunya tidak akan serumit bantuan dari lembaga swasta lainnya. karena memang tugas dari negara menginginkan tercetaknya generasi pintar dan unggul.

daftar beasiswa sma smk dari pemerintah tomatalikuang.com
Beasiswa SMA/SMK dari Pemerintah 


Jarang didengar beasiswa untuk SMA ataupun SMK tetapi sebenarnya pemerintah sudah menyiapkannya. Namun terkadang masyarakat jarang mencari informasi mengenai ini, karena persepsi masyakat bantuan hanya untuk perguruan tinggi.


Daftar Beasiswa SMA/SMK dari Pemerintah dengan Mudah

Daftar beasiswa untuk SMA/SMK dari Pemerintah perlu dicari dan dipelajari lebih lanjut. Karena memang banyak keuntungan didalamnya. Sudah tentu masalah biaya akan ditanggung, selain itu menjadi penerima beasiswa tentu akan menambah catatan pendidikan kamu sebagai siswa berprestasi.

Program Indonesia Pintar 2021

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan yang diperuntukkan bagi siswa SD, SMP, hingga SMA tentang usia 6-21 tahun yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Penerima merupakan pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah. PIP merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Seperti dikutip dari laman indonesiapintar.kemdikbud.go.id, Program Indonesia Pintar ini merupakan program kerja sama dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), serta Kementerian Agama (Kemenag).

Tujuan dari program ini adalah untuk membantu anak-anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu. Mereka yang berstatus sebagai penerima PIP, akan memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diberikan sebagai penanda atau identitas penerima bantuan pendidikan PIP.

Fungsi dari KIP tersebut adalah sebagai jaminan dan kepastian kepada anak-anak usia sekolah yang terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan. Baik anak didik di sekolah umum, ataupun di sekolah keagamaan. Termasuk juga di antaranya adalah pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, serta korban bencana alam atau musibah.

Besaran nilai bantuan PIP yang diterima setiap jenjang nilainya berbeda-beda. Berikut rinciannya:

1. Peserta didik SD/MI/Paket A akan mendapatkan Rp450 ribu per tahun.

2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B akan mendapatkan Rp750 ribu per tahun.

3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C akan mendapatkan Rp1 juta per tahun.

Masyarakat dapat mengecek apakah namanya termasuk dalam daftar penerima bantuan PIP lewat laman pip.kemdikbud.go.id. kemudian akan diminta memasukkan beberapa informasi dasar seperti Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), nama ibu kandung, dan tanggal lahir.

Proses pencairan atau pengambilan dana PIP dapat dilakukan jika pemegang KIP membawa bukti pendukung yang sah ke bank penyalur terdekat yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Selain itu, cara pencairan PIP juga dapat dilakukan perorangan secara langsung maupun secara kolektif.


Beasiswa DataPrint 2021

Bantuan terbaru yang populer yakni program beasiswa DataPrint 2021. Bantuan tersebut sudah mulai dibuka kembali. Menariknya program kali ini dibuka untuk SMP, SMA, SMK dan sederajat. Selain Mahasiswa S1 atau D1 bisa mengikutinya.

Dilansir dari beasiswadataprint.com, tahun ini pendaftaran akan diadakan sebanyak tiga kali. Setelah dibagi menjadi 3 periode ini memungkinkan menampung lebih banyak peserta. Maka ini merupakan kesempatan bagi setiap orang bagi yang tertarik.

Keuntungan mengikuti program ini yaitu mendapatkan bantuan berupa dana. Dana yang didapatkan peserta ketika lolos yakni sebesar Rp 400 ribu, Rp 700 ribu, Rp 1 Juta. Dana didapatkan ketika peserta lolos penilaian.

Penilaian tidak hanya dari sati aspek, memang penilaian besar berada dalam pengerjaan essay. Namun aspek lain dinilai berdasarkan prestasi dan aktifan. Selain itu akan mendapatkan merchandise exclusice dataprint bagi peserta beruntung.

Tema pengerjaan essay untuk siswa SMP, SMA, SMK dan sederajat lebih mengarah kepada tema “meningkatkan pengetahuan dan pengalaman selama sekolah online”. “sistem kuliah secara online, solusi atau masalah?” itu hanya untuk Mahasiswa

Beasiswa SMA/SMK ini bisa didapatkan jika syarat pembuatan essay bisa dilaksanakan dan diselesaikan dengan nilai baik. Karena itu mencerminkan ide, argument serta daya analisis peserta.

Tata Cara Penulisan Essay Program Beasiswa DataPrint

Sebenarnya untuk menulis essay tidaklah sulit. Karena essay hanyakan cara menuangkan ide serta opini pribadi. Tulisankan semua ide serta opini semenarik mungkin sesuai dengan tema yang sudah ditentukan.

Penulisan serta tata bahasa tentunya menjadi penilaian pokok. Karena ini merupakan sebuah teknik tidak semua bisa sehingga perlu mempelajarinya. Penulisan harus tetap sesuai dengan kaidah EYD.

Panjang dari tulisan essay hanya sekitar 100 sampai 500 kata saja. Cukup banyak memberikan ruang untuk peserta menuliskan lebih banyak ide semenarik mungkin. Jika ranah siswa SMP lebih ke story telling tidak menjadi masalah.

Seperti etika menulis pada umumnya copy paste merupakan tindakan paling dilarang. Karena itu bukan cerminan dari tulisan pribadi. Selain itu akan mendapatkan sanksi jika memang ketauan meniru tulisan orang lain.

Cara daftar beasiswa SMA/SMK salah satunya dengan essay maka gunakan kesempatan itu sebaik mungkin. trik agar tidak kena plagiasi yakni selalu mencantumkan sumber atau link ketika mengutip tulisan milik orang lain.

Tentunya semua informasi lebih lanjut bisa mengakses http://beasiswadataprint.com untuk pendaftaran juga tetap menggunakan laman tersebut. lebih disarankan untuk membaca lebih jauh mengenai program tersebut.

Nah, itulah beberapa pembahasan singkat dari www.tomatalikuang.com mengenai program beasiswa terbaru. Terlebih lagi, ini terbuka untuk para pelajar Indonesia. Tips tersebut pastinya akan berguna jika Anda tertarik daftar beasiswa SMA/SMK baik dari Pemerintah maupun dari Yayasan/Lembaga Swasta.

Posting Komentar

0 Komentar